Comscore Tracker

5 Sisi Positif Jatuh Cinta, Memotivasimu Jadi Lebih Baik!

Hidupmu jadi lebih bersemangat ketika jatuh cinta

Meskipun jatuh cinta bisa menyakitkan, akan tetapi kita semua pasti setuju kalau jatuh cinta tidaklah semenakutkan itu. Gak selalu menyedihkan dan menyulitkan, ada banyak sisi positif yang sebenarnya bisa kita dapatkan ketika mencintai seseorang.

Mulai dari hidup yang jadi lebih bersemangat dengan adanya cinta, termotivasi untuk berubah jadi lebih baik, hingga tanpa sadar membuat kepercayaan diri meningkat. Ada banyak sisi positif dari jatuh cinta yang baik untuk hidup, dan berikut ini adalah beberapa pembahasan di antaranya.

1. Lebih bersemangat menjalani hari

5 Sisi Positif Jatuh Cinta, Memotivasimu Jadi Lebih Baik!ilustrasi pasangan (pexels.com/Katerina Holmes)

Sisi positifnya yang pertama dari jatuh cinta ialah dirimu jadi lebih bersemangat dalam menjalani hari. Yang tadinya mungkin hari-harimu terasa monoton seketika berubah menjadi lebih bermakna berkat perasaan baru yang kamu rasakan. 

Sederhana namun sangat berdampak pada kebahagiaan dirimu dalam menjalani hari juga. Karena ketika cinta membuatmu bersemangat, mau secapek dan semembosankan apa pun kegiatan yang kamu lakukan pasti gak bakal terasa jenuh. 

2. Termotivasi dengan sendirinya untuk jadi lebih baik

5 Sisi Positif Jatuh Cinta, Memotivasimu Jadi Lebih Baik!ilustrasi pasangan kerja (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Sisi positif lainnya saat jatuh cinta ialah dirimu jadi termotivasi dengan sendirinya untuk berubah menjadi lebih baik. Seperti itulah kekuatan positif dari cinta, mampu membuat seseorang bertekad untuk memperbaiki dirinya tanpa diperintah.

Karena ketika mencintai seseorang, kamu akan memiliki keinginan untuk menjadi pasangan yang terbaik untuk dia. Bisa dibilang merupakan keinginan yang lumrah dimiliki pada siapa saja ketika jatuh cinta, sehingga membuatnya berusaha untuk jadi versi terbaik dirinya demi orang yang dicinta. 

3. Peduli pada value diri agar sepadan dengan orang yang dicintai

5 Sisi Positif Jatuh Cinta, Memotivasimu Jadi Lebih Baik!ilustrasi kerja (pexels.com/Gustavo Fring)

Selain kedua hal tadi, sisi positif lainnya dari jatuh cinta ialah hal itu membuatmu jadi peduli pada value diri. Yang tadinya mungkin santai-santai saja dan gak pernah memikirkan tentang value apa yang kamu miliki, dengan sendirinya pikiran tentang itu akan datang ketika mencintai seseorang.

Kenapa? Karena ketika mencintai seseorang kadang mungkin berpikir apakah kita pantas dan setara untuk dirinya. Sehingga jadi peduli pada kualitas dirimu dan pelan-pelan jadi ingin meningkatkan value dirimu sendiri agar bisa menjadi sosok yang pantas untuk dirinya.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Kerap Jatuh Cinta dengan Orang yang Salah

4. Jadi lebih menarik karena cinta bisa meningkatkan kepercayaan diri

5 Sisi Positif Jatuh Cinta, Memotivasimu Jadi Lebih Baik!ilustrasi bahagia (pexels.com/Pixabay)

Percaya atau tidak, jatuh cinta itu bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang, lho. Dan ini adalah manfaat yang sangat positif dalam hidup seseorang karena membuatnya jadi lebih menarik dengan aura positif yang terpancar dari kepercayaan dirinya.

Kamu mungkin tidak sadar, tapi mungkin ketika jatuh cinta dirimu jadi lebih sering tersenyum, berani mengambil tantangan, dan cenderung mudah bergaul karena ada cinta yang membuatmu percaya diri. Bahkan dari segi penampilan pun juga bakalan berubah lebih menarik ketika sedang kasmaran, lho.

5. Belajar dewasa dari segi menata perasaan dan emosional

5 Sisi Positif Jatuh Cinta, Memotivasimu Jadi Lebih Baik!ilustrasi pria sendirian (pexels.com/Katerina Holmes)

Terakhir, kita semua mungkin menyadari hal ini bahwa cinta dapat membuat seseorang menjadi lebih dewasa. Terutama dalam menata perasaan dan emosionalnya sendiri, karena ada banyak pengalaman di dalam cinta yang mendewasakan.

Yang tadinya mudah marah pelan-pelan belajar sabar karena mencintai seseorang, mengelola perasaan dengan lebih bijak supaya tidak dikendalikan oleh perasaan begitu saja. Pokoknya kedewasaanmu sedikit banyaknya akan bertambah ketika jatuh cinta.

Kesimpulannya, cinta itu sejatinya positif untuk hidup kita selama tidak diracuni dengan hal-hal negatif. Sebab cinta memberi kita kekuatan dan kepercayaan diri jika kita merasakannya dengan tulus, seperti sisi positif jatuh cinta yang telah dibahas di atas.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Jatuh Cinta dengan Sahabat Sendiri

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya