Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Masuk dalam Hubungan Cinta yang Gak Sehat

Kenali sejak dini agar masih bisa diperbaiki

Beberapa orang kerap kali tak menyadari bahwa dirinya mulai masuk dalam hubungan asmara yang toxic. Memang tak mudah mengenali perangkap ini, tapi sebenarnya bisa dirasakan karena ada hal-hal yang membuatmu tak bahagia saat menjalaninya.

Mengetahui sejak dini tentang tanda-tanda hubungan cinta yang tak sehat ini, membantumu agar tak semakin larut dalam jalinan asmara yang penuh kesakitan. Berikut lima tanda yang perlu kamu amati.

1. Mulai sering membohongi diri dan pasangan 

5 Tanda Kamu Masuk dalam Hubungan Cinta yang Gak Sehatilustrasi bersikap saling membohongi (pexels.com/RODNAE Productions)

Menjalin hubungan percintaan, perlu didasari dengan kejujuran, baik kepada diri sendiri maupun pasangan. Sebab, kejujuran mampu membawa rasa bahagia. Sedangkan, kebohongan menjadi sesuatu yang akan terus berlanjut dan membuat hubungan semakin tak sehat.

Ketika kamu mulai tak jujur kepada diri dan pasangan, inilah tanda awal dari jalinan asmara yang toxic. Segera perbaiki sebelum terlambat, karena satu kebohongan biasanya akan dilanjutkan dengan kebohongan berikutnya. Hubungan cinta yang berisikan ketidak jujuran, bisa menjadi awal kehancuran.

2. Saat terjadi konflik, tak pernah ada yang berupaya menyelesaikannya 

5 Tanda Kamu Masuk dalam Hubungan Cinta yang Gak Sehatilustrasi pertengkaran dalam hubungan (pexels.com/Keira Burton)

Konflik dan pertengkaran merupakan hal yang biasa terjadi di dalam hubungan, termasuk percintaan. Apabila ini terjadi, lalu kamu dan pasangan tak pernah ada yang bersedia melakukan upaya untuk menyelesaikannya. Maka, ini adalah tanda terbangunnya hubungan cinta yang tak sehat.

Cobalah perhatikan lagi, jika kalian berkonflik dan saling membiarkan, sikap ini menunjukkan adanya hubungan toxic yang mulai berjalan. Ketika semakin hari, hubungan yang kalian bina tak ada lagi kebahagiaan yang saling dirasakan. Tentu saja keamanan dan kenyamanan pun sulit diwujudkan. Sebab, konflik yang tak diselesaikan akan menambah permasalahan di antara kamu dan pasangan.

Baca Juga: Sudah Berbahaya, 5 Tanda Hubungan Toxic Ini Jangan Pernah Diabaikan

3. Ego yang terus meningkat 

5 Tanda Kamu Masuk dalam Hubungan Cinta yang Gak Sehatilustrasi bersikap egois (pexels.com/Keira Burton)

Tak hanya pada pasangan, bahkan ketika kamu pun mulai keras dalam mempertahankan ego diri, dan tidak peduli pada pendapat pasangan, ini menunjukkan hubungan yang berjalan mulai mengarah ke percintaan toxic.

Saat tak ada lagi rasa toleransi dan saling mengerti terhadap pandangan masing-masing. Hubungan cinta pasti tak lagi menyenangkan untuk dijalani. Apabila masih ingin dipertahankan, maka turunkan ego untuk menemukan jalan tengah yang tak merugikan kedua pihak.

4. Masalah kecil selalu menjadi besar 

5 Tanda Kamu Masuk dalam Hubungan Cinta yang Gak Sehatilustrasi menyikapi permasalahan secara berlebihan (pexels.com/RODNAE Productions)

Masalah menjadi bumbu tersendiri dalam jalinan asmara. Namun, ketika ada masalah kecil yang selalu berujung menjadi besar, ini sebagai tanda bahwa kamu dan pasangan mulai masuk dalam kisah cinta yang tidak sehat.

Apa pun permasalahannya, jika terus saja menjadi topik pembahasan saat bersama, tanpa berupaya mencari solusinya, jelas saja akan semakin memperburuk keadaan. Tanda ini sebaiknya tak diabaikan, carilah waktu yang tepat untuk membicarakan cara menjalin asmara yang lebih sehat bersama pasangan.

5. Bersikap saling menyudutkan 

5 Tanda Kamu Masuk dalam Hubungan Cinta yang Gak Sehatilustrasi bersikap saling menyudutkan (pexels.com/RODNAE Productions)

Setiap orang tak senang, jika dirinya selalu disudutkan. Apalagi ini terjadi di hubungan percintaan, karena menunjukkan betapa tidak sehatnya jalinan asmara kalian. Saling menyalahkan pun tak bisa lagi dihindari, ketika seseorang emosi akibat terus-menerus disudutkan.

Membina hubungan asmara, sebaiknya jangan berpikir tentang siapa yang benar dan salah. Namun, berpikirlah untuk saling berusaha menyelesaikan apa yang sedang dipermasalahkan, tanpa bersikap menyudutkan. Saat satu sama lain mau bersikap bijaksana, segala jenis masalah pasti ada solusi penyelesaiannya dengan cara yang sehat.

Hubungan percintaan yang dipenuhi racun tak mampu memberikan kebahagiaan. Maka, mengenali kelima tanda di atas sejak dini, bisa membuat hubungan cinta menjadi lebih sehat. Apabila dirasa tak ada kemajuan, dan semakin hari malah semakin menyiksa diri, sebaiknya mulai kamu pertimbangkan lagi, apakah akan berlanjut atau diakhiri?

Jika kedua pihak masih punya kesadaran untuk memperbaiki sikap, ini bisa menjadi obat untuk mengatasi hubungan yang tidak sehat. Namun, jika sebaliknya melepaskan ikatan menjadi lebih bijak, daripada memaksakan bertahan dan semakin terjebak dalam toxic relationship.

Baca Juga: Mengenal Trauma Bonding, Keterikatan Emosional Akibat Hubungan Toxic

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya