Comscore Tracker

5 Cara Tepat Menegur Sikap Keliru Pasangan tanpa Salah Paham

Caranya mudah diterapkan, lho!

Saling mengingatkan untuk tujuan kebaikan memang hal yang positif dilakukan. Misalnya saja menegur sikap pasangan yang dirasa keliru dan kamu gak bisa membiarkannya begitu saja.

Namun, entah kamu sadari atau tidak caramu menegurnya bisa saja disalahartikan pasangan. Bukannya nasihat dan saranmu diterima baik, justru bisa berujung pertengkaran akibat salah paham.

Nah, supaya gak terjadi yuk simak lima cara tepat menegur sikap keliru pasangan tanpa berakhir salah paham berikut ini.

1. Jangan menegurnya di depan orang banyak namun tergurlah secara pribadi

5 Cara Tepat Menegur Sikap Keliru Pasangan tanpa Salah Pahampexels.com/Kampus Production

Kalau kamu menegur pasangan di depan orang banyak maka, pasangan akan merasa kamu sengaja memperlakukannya. Jika hal itu masih bisa dibicarakan secara pribadi maka cobalah tegur pasangan di saat kalian sedang berdua saja. 

Agar apa yang kamu sampaikan akan ditanggapi dan diterima baik oleh pasangan, sehingga gak akan ada masalah yang timbul akibat pasangan merasa malu dan marah akan sikapmu.

2. Jangan fokus pada kesalahannya saja, melainkan beri dia saran yang membangun

5 Cara Tepat Menegur Sikap Keliru Pasangan tanpa Salah Pahampexels.com/Samson Katt

Menegur pasangan yang tepat dan meminimalisir terjadinya salah paham paham, bisa kamu lakukan dengan gak hanya fokus membeberkan apa saja kesalahannya. Namun, juga saran baik yang bisa kamu berikan padanya agar dia juga bisa memperbaiki dirinya.

Dengan begitu, pasangan gak akan merasa tersudutkan karena ucapan atau kata-katamu. Melainkan dia juga bisa belajar introspeksi diri supaya menjadi lebih baik lagi 

3. Carilah tempat dan waktu yang pas, lalu berbicaralah dari hati ke hati

5 Cara Tepat Menegur Sikap Keliru Pasangan tanpa Salah Pahamunsplash.com/Blake Carpenter

Jika keadaan belum memungkinkan atau pasangan sedang sibuk maka, kamu bisa mengatur jadwal yang pas untuk kamu membicarakan hal yang ingin disampaikan.

Karena jika satu sama lain dalam kondisi yang siap dan baik maka, akan lebih mudah untuk pasangan menerima serta memahami ketika kamu menegur sikapnya yang keliru. Karena kamu berusaha menyampaikannya dari hati ke hati, tanpa terkesan meninggikan diri dan merasa yang paling benar.

Baca Juga: 5 Cara Sopan Menegur Kesalahan Rekan Kerja Tanpa Bikin Dia Tersinggung

4. Sampaikan juga kalau kamu memiliki kesalahan maka, dia juga boleh menegurmu baik-baik

5 Cara Tepat Menegur Sikap Keliru Pasangan tanpa Salah Pahamunsplash.com/Blake Carpenter

Seperti yang dikatakan sebelumnya, saling mengingatkan untuk kebaikan adalah hal yang positif. Jadi, jika kamu gak masalah dan keberatan ditegur baik-baik oleh pasangan maka sampaikan juga kalau dia boleh melakukan hal tersebut. Sehingga pasangan akan merasa kalau kamu bersedia dikoreksi dan menjadi lebih baik lagi bersamanya di dalam hubungan.

5. Ketika dia dengan baik mendengarkan teguranmu, berikanlah dia sebuah apresiasi

5 Cara Tepat Menegur Sikap Keliru Pasangan tanpa Salah Pahamunsplash.com/Felipe Bustillo

Kalau pasangan dengan senang hati menerima teguranmu tanpa menjadi marah atau bahkan menyangkal maka, berikanlah dia sebuah apresiasi dalam wujud apa pun. Selain ucapan terima kasih atau pujian, kamu juga bisa memberikannya sesuatu yang dia sukai, atau dengan cara mentraktirnya ketika kalian nanti pergi kencan bersama.

Sesekali saja kamu lakukan itu bukanlah masalah, selama kamu tulus saat memberikannya pada pasangan. Dengan begitu pasangan akan merasa dirinya diperhatikan dan disayang secara penuh olehmu.

Teguran yang tujuannya baik maka harus disampaikan dengan cara yang tepat, agar nanti pasangan bisa memahami dan yang terpenting gak ada salah paham yang terjadi akibat beberapa cara salah yang kamu lakukan.

Baca Juga: Konflik, 5 Pasangan Ini Gak Main Lagi Sebagai Pasangan Dalam Film

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya