Comscore Tracker

Bukan Perselingkuhan, Ini 5 Sebab yang Bisa Bikin Hubunganmu Kandas

Jangan anggap sepele!

Orang ketiga sering kali dianggap sebagai pembawa bencana dalam sebuah hubungan karena hubungan yang tadinya baik-baik saja, harmonis dan langgeng bisa jadi hancur. Namun, mengkategorikan hubungan bisa hancur dan kandas hanya karena orang ketiga sangat sempit sekali.

Nyatanya, banyak sekali hubungan bisa tiba-tiba kandas karena penyebab dan faktor lainnya. Misalnya saja beberapa sebab di bawah ini yang jika gak segera diperbaiki dan ditemukan solusinya bisa membuatmu kecewa. Berikut ulasannya! 

1. Masalah komunikasi yang gak pernah diperbaiki

Bukan Perselingkuhan, Ini 5 Sebab yang Bisa Bikin Hubunganmu KandasIlustrasi hubungan (unsplash.com/Alice Donovan Rouse)

Hal yang wajar jika dalam hubungan komunikasi itu memegang peran penting. Harus ada saling jujur dan terbuka untuk bisa mendapatkan hubungan yang bahagia untuk jangka waktu yang lama.

Namun, jika di awal hubungan komunikasi sudah terjalin buruk dengan banyaknya kebohongan dan saling menutupi satu sama lain tanpa berniat memperbaiki, maka harapan memiliki hubungan langgeng dan bahagia hanya percuma saja. Sangat cepat hubungan ini bisa berakhir bila komunikasi yang baik saja gak bisa kamu dan pasangan ciptakan. 

2. Sikap yang masih kekanak-kanakan untuk menjalin hubungan jangka panjang

Bukan Perselingkuhan, Ini 5 Sebab yang Bisa Bikin Hubunganmu KandasIlustrasi hubungan (unsplash.com/Eric Lucatero)

Menjalin hubungan itu perlu sikap dewasa yang bisa mengontrol emosi saat amarah sedang memuncak. Jika sikap kekanak-kanakan masih dimiliki, seperti egois, ngambek saat pasangan gak menurutmu, atau saat dia sibuk dan gak bisa memberikanmu kabar.

Semua itu akan jadi bumerang untuk dirimu sendiri. Perlu sikap dewasa untuk saling memberi pengertian agar ke depannya kualitas hubungan yang baik bisa dimiliki. 

Baca Juga: 5 Kesalahan Fatal yang Bikin Hubungan Kandas Meski Baru Pacaran

3. Perbedaan prinsip saat menjalani hubungan

Bukan Perselingkuhan, Ini 5 Sebab yang Bisa Bikin Hubunganmu KandasIlustrasi hubungan asmara (pexels.com/cottonbro)

Kalau prinsip sudah berbeda, maka saat hubungan dipaksa untuk bertahan, hal itu hanya menimbulkan masalah dan masalah lagi yang kemudian menjadi pertengkaran. Apa lagi jika perbedaan tersebut adalah perbedaan agama.

Akan sulit bagimu untuk bisa bersama dengannya, ditambah dengan gak ada kejelasan dari hubungan kalian siapa yang akan mengalah demi keberlangsungan hubungan ini. 

4. Terlalu banyak mengikut sertakan teman dalam hubungan kalian

Bukan Perselingkuhan, Ini 5 Sebab yang Bisa Bikin Hubunganmu KandasIlustrasi berbicara (unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions)

Ada masalah sedikit, langsung cerita ke teman. Hubungan lagi gak baik-baik saja, curhat ke teman. Rasanya semua masalah selalu kamu ceritakan pada teman. Hal itu justru gak baik untuk ke depannya.

Ada ikut campur orang lain di hubungan yang kamu bina dengan pasangan. Pasangan yang ikut merasakan kalau kamu sudah terlalu banyak mengikutsertakan teman dengan selalu cerita masalah apa pun padanya, akhirnya membuat dia merasa gak dihargai dan timbul bosan dengan sikapmu ini. 

5. Orangtua gak menyukai hubungan ini untuk ke depannya

Bukan Perselingkuhan, Ini 5 Sebab yang Bisa Bikin Hubunganmu KandasIlustrasi orangtua (Gustavo Fring)

Orangtua yang gak suka pada hubungan yang kalian bangun ini akan membuat meraka gak memberikan restu. Jika restu gak didapat, maka kenyamanan untuk hubungan kalian pun gak akan dimiliki. Makanya, banyak sekali hubungan yang akhirnya memilih putus karena gak bisa mendapatkan restu dari orangtua. 

 

Semua sebab di atas gak melulu tentang orang ketiga. Jika semua itu atau salahnya terjadi pada hubunganmu saat ini, maka carilah solusi jika gak ingin hubungan kandas. Namun, jika gak bisa lagi diperbaiki, maka ikhlaskanlah semuanya. 

Baca Juga: Hati-Hati, 5 Harapan Ini Bikin Hubungan Asmara Pertamamu Cepat Kandas

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya