Comscore Tracker

Penting, 6 Cara Mengatasi Hubungan yang Mulai Renggang

No. 4 paling ampuh nih

Setiap hubungan yang dijalani memang tidak akan selalu mulus, pasti adanya terjadi masalah yang menimpa. Dari masalah tersebut, kita bisa belajar satu sama lain untuk menyelesaikannya bersama-sama dan menjadi salah satu cara untuk dapat mengenal satu sama lain.

Kerenggangan yang ada pada hubungan yang sedang dijalani itu merupakan hal yang biasa terjadi. Dan itu biasanya karena hal-hal sepele seperti bosan terhadap pasangan, kurangnya waktu berdua, dll. Berikut cara mengatasi hubungan yang mulai renggang :

1. Bicarakan secara baik-baik

Penting, 6 Cara Mengatasi Hubungan yang Mulai Renggangpexels.com/ Lina Kivaka

Yang pertama ini paling wajib dilakukan oleh pasangan yang jika merasa hubungannya mulai retak. Bicarakan apa yang sedang terjadi dengan hubungan yang sedang dijalani dan jangan ditutupi apa yang sedang dirasakan seperti merasa bosan, pengen marah atau lainnya. Dan bicara lah baik-baik tentang masalah-masalah yang terjadi hubungan kalian. Ini juga bisa menjadi salah satu cara kalian untuk saling mengenal satu sama lain.

2. Mengatasi masalah yang terjadi

Penting, 6 Cara Mengatasi Hubungan yang Mulai RenggangPexels/Luis Quintero

Nah, setelah langkah pertama dilakukan. Mengatasi masalah yang kalian punya agar masalah tersebut selesai dengan baik dan hubungan kalian tetap berjalan tanpa ada masalah apa pun. Mengatasi masalah sendiri biasanya cukup kalian mengubah salah satu yang menjadi pokok masalah yang ada diri kalian atau memberi pengertian kepada pasangan masing-masing. Setiap masalah pasti mempunyai solusinya sendiri. Jadi jangan menyerah..

3. Jangan saling menyalahkan

Penting, 6 Cara Mengatasi Hubungan yang Mulai RenggangPexels/Vera Arsic

Jika punya masalah terhadap pasangan, kalian jangan sampai menyalahkan satu sama lain karena itu tidak akan berakhir baik untuk hubungan yang kalian jalani. Lebih baik introspeksi diri satu sama lain dibandingkan kalian menyalahkan satu sama lain agar berdampak lebih baik terhadap hubungan. Karena melakukan hal-hal secara emosi itu tidak akan berdampak baik.

Baca Juga: 5 Godaan Berat dalam Hubungan Asmara yang Timbul Saat Ada Masalah

4. Mempunyai waktu berdua

Penting, 6 Cara Mengatasi Hubungan yang Mulai RenggangPexels/Renato Abadi

Ini yang sangat disepelekan oleh pasangan. Padahal mempunyai waktu berdua itu sangat penting agar lebih mengetahui satu sama lain terhadap pasangan. Tak perlu dengan melakukan hal-hal yang menghabiskan uang banyak kok. Kalian bisa seperti duduk-duduk di taman, dirumah, nonton bioskop, pergi makan atau lainnya. Dan tidak perlu setiap hari, kalian mungkin bisa bertemu seminggu sekali atau dua minggu sekali.

5. Jangan kedepankan ego masing-masing

Penting, 6 Cara Mengatasi Hubungan yang Mulai Renggangpixabay.com/loilamtan

Di saat hubungan mulai retak, ego itu yang harus dikendalikan dengan baik. Jika tidak, itu akan memperkeruh masalah yang sedang kalian hadapi. Jadi usahakan mengendalikan ego kalian ya. Dan di sini harus ada salah satu yang mengalah dan mengerti. Biasanya pasangan marah bukan tanpa alasan, kalian cuma harus mencari pokok masalah tersebut. Ingat, egomu bisa menghancurkan segalanya.

6. Jangan gengsi meminta maaf terlebih dahulu 

Penting, 6 Cara Mengatasi Hubungan yang Mulai Renggangpexels.com/Lucas Frizzi

Nah ini kebanyakan yang dilakukan perempuan. Kalian tidak perlu gengsi minta maaf terlebih dahulu walaupun kalau kalian tidak salah, begitu juga dengan laki-laki. Dengan kalian meminta maaf, biasanya pasangan pun akan senang dan tentu saja masalah yang kalian hadapi pun selesai. Jadi hilangkan gengsi kalian terhadap pasangan ya. Selalu ingat, dengan meminta maaf pasti semuanya akan cepat selesai dan akan berakhir menjadi baik.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Bagi Pasangan untuk Memecahkan Masalah dalam Hubungan

Putu Aisyah Saraswati Photo Verified Writer Putu Aisyah Saraswati

Lakukan lah apa yang kamu sukai ...:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya