Comscore Tracker

Ikuti 5 Tips Ini untuk Menciptakan Hubungan Percintaan yang Bahagia

Biar gak terjebak dalam hubungan yang toksik

Beberapa orang terjebak dalam hubungan asmara jangka panjang yang gak membuat mereka benar-benar bahagia. Ia mencintai pasangannya dan gak ingin pergi meninggalkannya. Namun, karena berbagai alasan, hubungan selalu diwarnai dengan pertengkaran. 

Ada pula yang merasa gak bahagia, padahal ia tahu kalau pasangannya sangat mencintainya. Kondisi seperti ini rentan membuat keduanya merasa bingung, kesal, dan lebih parahnya lagi kehilangan gairah dalam hubungan. Jika kamu ingin menciptakan hubungan asmara jangan panjang yang bukan hanya langgeng, tetapi juga penuh kebahagiaan, coba ikuti lima tips ini! 

1. Gak berhenti berbagi cerita dengan pasangan 

Ikuti 5 Tips Ini untuk Menciptakan Hubungan Percintaan yang Bahagiailustrasi pasangan yang bahagia (pexels.com/Katerina Holmes)

Salah satu masalah besar dalam hubungan asmara jangka panjang adalah saat keduanya berhenti saling berbicara. Mereka gak lagi melakukan percakapan yang menggugah pikiran atau berbagi cerita seperti saat awal hubungan. 

Padahal, pasangan yang bahagia adalah rekan untuk membicarakan banyak hal, mulai dari hobi, rutinitas, hingga berbagi pandangannya mengenai isu terkini. Kurangnya intensitas bicara dapat membuat dua orang merasa menjadi jauh. Selain itu, berbicara juga memberikan kesempatan untuk terkoneksi satu sama lain. 

2. Menyampaikan perasaan dengan jelas dan terbuka

Ikuti 5 Tips Ini untuk Menciptakan Hubungan Percintaan yang Bahagiailustrasi pasangan yang bahagia (pexels.com/Pham Hoang Kha)

Sebagian orang berharap pasangannya dapat menebak pikiran, emosi, dan keinginannya. Mereka terus tenggelam pada harapannya meski ini gak masuk akal.

Saat pasangannya gak dapat mengerti apa yang ia inginkan, ia mulai kecewa dan merasa sakit hati. Tindakan ini tentunya gak adil bagi pasangan. Jika kamu menginginkan hubungan jangka panjang yang harmonis, kamu harus menyuarakan perasaan dan keinginanmu secara jelas. 

Baca Juga: 5 Faktor Penting untuk Menciptakan Hubungan Asmara Langgeng

3. Berpikir sebelum berbicara dan bertindak

Ikuti 5 Tips Ini untuk Menciptakan Hubungan Percintaan yang Bahagiailustrasi pasangan yang bahagia (pexels.com/Andy Taveras)

Saat hati sedang kesal, mungkin akan sangat mudah untuk marah dan menyerang pasangan dengan kata-kata negatif. Namun, mereka yang hubungannya langgeng memilih untuk menenangkan diri terlebih dahulu. 

Tindakan ini memberi kesempatan bagi dirimu untuk memahami perasaanmu dan menemukan akar masalah. Nantinya, saat kamu dan dia membicarakan masalah ini, kamu juga telah merasa lebih tenang. Dengan begitu, kamu dan dia akan fokus untuk mencari solusi terbaik. 

4. Gak menceritakan kejelekan pasangan pada orang lain 

Ikuti 5 Tips Ini untuk Menciptakan Hubungan Percintaan yang Bahagiailustrasi pasangan yang bahagia (pexels.com/Josh Willink)

Sebagian orang akan segera menceritakan keluh kesahnya terhadap pasangan kepada teman-temannya. Ini dilakukan karena ia yakin akan mendapat dukungan. Sebenarnya, berbicara buruk tentang pasangan dapat membelokkan persepsimu sendiri dan mereka terhadap pasanganmu. 

Jika kamu menginginkan hubungan jangka panjang yang baik, kamu harus ingat bahwa komunikasi adalah bagian penting yang membuat hubungan berhasil. Jadi, sebelum curhat ke teman-temanmu, sebaiknya berbicara dari hati ke hati bersama pasangan. 

5. Gak membesar-besarkan masalah

Ikuti 5 Tips Ini untuk Menciptakan Hubungan Percintaan yang Bahagiailustrasi pasangan yang bahagia (pexels.com/Katerina Holmes)

Salah satu sifat paling beracun dalam hubungan asmara adalah membesar-besarkan persoalan kecil, begitu pun sebaliknya. Dia telat membalas pesanmu atau gak menjawab teleponmu karena sedang tidur, misalnya, kamu menjadi marah besar dan memberikannya silent treatment. 

Tindakan seperti ini sebenarnya menunjukkan bahwa ada masalah serius dalam hubungan. Namun, keduanya gak mencoba menyelesaikan, tetapi justru fokus pada persoalan sepele. 

Pasangan yang hubungannya indah selalu mencoba untuk lebih santai dan positif. Mereka menyadari bahwa kebahagiaan dibangun di atas kesabaran, cinta, dan pengertian. Terapkan lima tips di atas untuk menciptakan hubungan asmara yang bahagia dan langgeng, ya! 

Baca Juga: 5 Perubahan yang Harus Siap Kamu Hadapi saat Menjalin Hubungan Asmara

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Find me on Instagram @ratumasovvy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya