Comscore Tracker

5 Faktor yang Membuat Hubunganmu Semakin Retak dan Tanpa Tujuan

#IDNTimesLife Perbaiki sebelum terlambat

Banyak sekali hal rumit yang sering dialami oleh generasi muda terutama dalam hubungan asmara. Mulai dari pertikaian hingga adu argumen yang dirasa kurang tepat untuk dibahas kerap kali menjadi bumbu dari perjalanan asmara.

Ada saatnya dirimu tak bisa menahan emosi kepada pasanganmu sehingga hubungan kalian semakin retak. Berikut ini beberapa faktor yang membuat hubunganmu semakin retak dan tanpa tujuan.

1. Kamu terus beradu argumen tanpa henti

5 Faktor yang Membuat Hubunganmu Semakin Retak dan Tanpa Tujuanilustrasi pasangan berdebat (unsplash.com/@javaistan)

Pada saat kalian bertengkar pasti ada argumen yang memicu emosi semakin tidak terkontrol. Kamu tak tahu harus berbuat apa agar terhindar dari perdebatan yang panjang.

Semua cara terbaik sudah dilakukan, namun masih perasaan yang mengganjal. Jika seperti itu, kalian tentu harus berdiskusi dan saling merenungkan kesalahan masing-masing.

2. Selalu berada di kondisi masalah yang serupa

5 Faktor yang Membuat Hubunganmu Semakin Retak dan Tanpa Tujuanilustrasi wanita sedih (unsplash.com/@thoughtcatalog)

Adanya sikap yang bertentangan di antara kalian berdua membuat masalah terus datang tanpa solusi yang jelas. Semua masalah yang sama tetap menghampiri kalian berdua baik itu kecil maupun besar.

Kamu merasa kurang mampu menjadi pribadi yang tepat untuknya, sehingga muncul perselisihan kecil yang sebenarnya mudah untuk diselesaikan. Sifat kurang cocok tersebut membuat hubungan kalian semakin renggang. 

3. Punya aturan yang ketat dan tak masuk akal

5 Faktor yang Membuat Hubunganmu Semakin Retak dan Tanpa Tujuanilustrasi pasangan berbicara (pexels.com/@keira-burton)

Kalian mungkin sudah menerapkan hubungan yang kurang sehat selama berpasangan. Pada saat dirimu memberikan atau menerima aturan yang ketat justru ada sedikit perdebatan yang terjadi.

Peraturan yang kurang masuk akal terus datang kepada pasangan yang membuat kalian berdua tidak nyaman untuk menjalankan hubungan sehat. Semua aturan yang ada memberikan batasan buruk bagi masa depan kalian berdua.

Baca Juga: 5 Tips Berdamai Setelah Bertengkar, Jangan Terlalu Lama!

4. Ada kebiasan buruk yang tak bisa dihentikan

5 Faktor yang Membuat Hubunganmu Semakin Retak dan Tanpa Tujuanilustrasi pasangan marah (pexels.com/@julia-larson)

Kebiasaan buruk yang dimiliki pasanganmu atau dirimu sendiri justru membuat hubungan semakin retak dan tanpa tujuan. Sebaiknya, kebiasaan buruk yang ada bisa dihilangkan sehingga tak ada konflik di antara kalian berdua.

Semua pengalaman di masa lalu bisa menjadi kenangan yang tak boleh diulang dan kalian bisa membuka lembaran baru yang bermakna. Jadikan pengalaman tersebut sebagai pelajaran.

Alih-alih mengulangi kebiasaan buruk, perbanyak aktivitas bermanfaat yang menunjang kesehatan hingga kelangsungan hubungan kalian berdua.

5. Saling rahasia dan tak mau terbuka

5 Faktor yang Membuat Hubunganmu Semakin Retak dan Tanpa Tujuanilustrasi pasangan marah (pexels.com/@rodnae-prod)

Ada banyak rahasia yang tak ingin kamu bongkar kepada pasanganmu. Padahal, sikap saling terbuka sangat dibutuhkan untuk membentuk solidaritas tinggi antara dirimu dan pasangan.

Saat kamu mengalami banyak masalah, maka pasanganmu akan siap untuk memberikan solusi tepat agar masalah cepat selesai. Kamu tak mungkin bisa menyelesaikannya sendirian tanpa bantuan orang terdekat.

Hubungan yang retak sering menjadi masalah serius bagi banyak pasangan. Mereka tak bisa mengambil keputusan tepat yang baik bagi keberlangsungan hidup secara individu sehingga dibutuhkan sikap saling terbuka untuk menyelesaikan segalanya.

Untuk kamu yang sekarang sedang dilanda ketidakpastian dalam hubungan, semoga bisa mengambil keputusan bijak, ya. 

Baca Juga: 6 Sebab Gak Perlu Iri pada Pasangan Lain, Bikin Retak Hubungan

Reinhart Ignasius Photo Verified Writer Reinhart Ignasius

Biasalah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya