Comscore Tracker

5 Cara Mengendalikan Emosimu Saat Bertengkar dengan Pasangan

Jangan sampai pertengkaran membuat kalian berpisah

Dalam menjalin hubungan tidak semua hal dapat berjalan mulus tanpa adanya hambatan, terkadang pertengkaran antar sepasang kekasih tidak dapat dihindari. Pertengkaran yang tidak terselesaikan dengan baik akan memicu keretakan hubungan percintaan.

Oleh karena itu, saat bertengkar kita harus bisa mengendalikan emosi. Jangan sampai emosi menguasai diri kita, mengendalikan emosi saat bertengkar dengan pasangan dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Inilah 5 cara mengendalikan emosimu saat bertengkar dengan pasangan.

1. Saat terlibat pertengkaran, cobalah untuk diam dan menenangkan diri

5 Cara Mengendalikan Emosimu Saat Bertengkar dengan Pasanganpixabay/Takmeomeo

Saat terlibat pertengkaran, cobalah untuk diam dan menenangkan diri. Karena ketika sulit untuk mengontrol emosi apalagi saat dalam keadaan marah, maka hal yang dapat dilakukan untuk meredamnya adalah dengan diam.

Kamu tidak perlu meluapkan rasa marah dengan mengucapkan kalimat yang tidak pantas atau mencaci maki dirinya. Hal tersebut hanya akan membuatmu semakin emosi hingga memperburuk keadaan. Jangan terbawa emosi hingga akhirnya membuatmu mengeluarkan kalimat yang menyakiti pasangan sendiri.

Cobalah tenangkan dirimu, karena saat kita dapat bersikap tenang maka pikiran menjadi lebih jernih sehingga kita dapat menyaring kembali ucapan yang akan keluar dari mulut kita.

2. Cobalah untuk mengalah dengan berpikir dampak yang akan terjadi kedepannya jika terus bertengkar tanpa ada salah satu yang mengalah

5 Cara Mengendalikan Emosimu Saat Bertengkar dengan Pasanganpixabay/rawpixel

Cobalah mengalah dengan berpikir dampak yang akan terjadi kedepannya jika terus bertengkar tanpa ada salah satu yang mengalah. Jangan sampai emosi kalian berdua malah memperkeruh keadaan sehingga membuat hubungan menjadi renggang.

Bisa-bisa saat emosi memuncak dan tidak ada yang mengalah, salah satu dari kalian akan mengeluarkan kalimat putus. Oleh karena itu, berpikirlah sebelum kamu bertindak terlalu jauh, jangan karena mengikuti emosi membuatmu mengambil keputusan yang salah.

3. Cobalah untuk introspeksi diri

5 Cara Mengendalikan Emosimu Saat Bertengkar dengan Pasanganpixabay/useche70

Saat sedang emosi terkadang kita merasa selalu benar. Jadi cobalah instropeksi diri, tanyakan kepada dirimu sendiri apakah emosi yang kamu pertahankan saat ini sudah benar dan itu solusi yang terbaik?

Jika tidak, maka jangan saling mempertahankan pendapat masing-masing. Cobalah dimulai dari kamu untuk melakukan introspeksi diri jika pasanganmu masih saja emosi.

Baca Juga: 6 Pasang Zodiak Ini Sangat Cocok Jika Bersama, Jarang Bertengkar!

4. Jangan ragu untuk meminta maaf atau saat pasangan meminta maaf maka maafkanlah tanpa memperpanjang masalah

5 Cara Mengendalikan Emosimu Saat Bertengkar dengan Pasanganpixabay/panajiotis

Jangan ragu untuk meminta maaf duluan kepada pasangan atau saat pasangan meminta maaf maka maafkanlah tanpa memperpanjang masalah itu kembali. Jangan sampai emosimu menguasai hati, saat kamu mencoba memaafkan maka hatimu akan lebih tenteram.

Setelah berbaikan, jangan mengungkit kembali permasalahan itu dan jangan mengingatnya. Belajarlah melupakan masalah yang sudah lalu dan berpikir positif, karena masih banyak hal penting lainnya yang bisa kamu lakukan dibandingkan hanya memikirkan masa lalu.

5. Bahas kembali sumber masalahnya dan cobalah untuk menyelesaikannya dengan kepala dingin demi hubungan kalian kedepannya

5 Cara Mengendalikan Emosimu Saat Bertengkar dengan Pasanganpixabay/mirceaianc

Bahas kembali sumber masalahnya dan cobalah untuk menyelesaikannya dengan kepala dingin demi hubungan kalian kedepannya. Karena kemarahan yang muncul pasti ada penyebabnya.

Daripada mengikuti emosi, alangkah lebih baik jika menyelesaikan masalahnya dengan sama-sama membahas sumber masalahnya secara langsung. Jika pasanganmu masih emosi, maka mulailah dari dirimu untuk membuka pembicaraan serta membahas yang terjadi dan bagaimana menyelesaikannya bersama.

Jadi, 5 cara itu dapat kamu lakukan untuk mengendalikan emosimu saat bertengkar dengan pasangan. Jangan sampai pertengkaran membuat kalian berpisah ya.

Baca Juga: 5 Bumerang pada Hubungan Jika Hobi Blokir Pasangan Saat Bertengkar

Shella Rafika Sari Photo Community Writer Shella Rafika Sari

Keajaiban hanya terjadi pada orang yang pantang menyerah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You