Comscore Tracker

5 Hal Kecil & Sepele yang Justru Ampuh Mengecilkan Pori-pori di Wajah

Nomor 3 mudah dan harus banget dicoba nih

Wajah berjerawat dan kusam merupakan salah satu akibat dari pori-pori wajah yang besar. Namun itu semua tidak serta-merta terjadi begitu saja lho, pori-pori besar bisa menyebabkan jerawat atau masalah lain akibat terdapat kotoran yang tersumbat di dalamnya. Kalau sudah seperti itu, kita bisa melakukan berbagai cara yang tersedia demi menghilangkan kotoran atau berusaha mengecilkan pori-pori diwajah. 

Untuk kalian yang memiliki masalah seperti diatas, berikut 5 hal kecil yang bisa dilakukan guna mengecilkan pori-pori di wajah.

1. Hentikan kebiasaan memencet jerawat atau komedo

5 Hal Kecil & Sepele yang Justru Ampuh Mengecilkan Pori-pori di Wajahunsplash.com/ Zulmaury Saavedra

Yang namanya jerawat dan komedo biasanya sering membuat kita gemas dan kesal, sebab dua masalah ini terlihat sangat menganggu penampilan. Alhasil kita jadi sering mencoba untuk menghilangkan mereka dengan cara memencet satu per satu jerawat/komedo yang berada di wajah. Padahal kebiasaan ini sangat tidak baik lho untuk dilakukan, terlebih buat kamu yang memiliki tipe kulit dengan pori-pori besar. 

Jerawat atau komedo yang kamu pencet dengan paksa akan membuat pori-pori semakin membesar dan sulit untuk kembali mengecil. Supaya lebih aman dan tidak menimbulkan masalah baru, kamu bisa menghilangkan jerawat/komedo dengan treatment atau produk khusus yang banyak dijual di pasaran. 

2. Rutin mengeksfoliasi kulit wajah

5 Hal Kecil & Sepele yang Justru Ampuh Mengecilkan Pori-pori di Wajahnewbeauty.com

Salah satu penyebab pori-pori wajahmu membesar adalah penumpukkan sel kulit mati dan kotoran pada permukaan kulit wajah. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa melakukan rutinitas baru nih, yaitu dengan rajin mengeksfoliasi kulit dengan produk yang mengandung AHA, BHA atau scrub. Produk eksfoliator dengan kandungan AHA biasanya berupa glycolic acidlactic acidmalic acidmandelic acid, hingga citric acid. Sedangkan BHA biasnya berupa salicylic acid

Untuk scrub, kamu bisa menggunakan berbagai produk scrub kemasan yang banyak dijual di pasaran atau membuat sendiri dirumah.

3. Menggunakan masker putih telur

5 Hal Kecil & Sepele yang Justru Ampuh Mengecilkan Pori-pori di Wajahdiyhealthremedy.com

Selain berguna untuk mengencangkan kulit wajah, putih telur juga ternyata bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori lho girls. Bahkan banyak product perawatan kulit yang hanya berbahan dasar putih telur. Kamu bisa menggunakan masker alami secara langsung atau masker instan putih telur secara rutin dan merasakan perubahannya dalam waktu kurang dari sebulan.

4. Mencoba alternatif masker lain, yaitu dengan clay mask

5 Hal Kecil & Sepele yang Justru Ampuh Mengecilkan Pori-pori di Wajahwishbird.com

Saat ini clay mask menjadi salah satu primadona perawatan kulit yang banyak dicari orang. Masker dengan bahan dasar lumpur ini dipercaya mempunyai kemampuan pengangkatan sel kulit mati dan kotoran pada wajah hingga ke lapisan kulit dalam.

Dengan begini, kulit kamu akan dibersihkan secara menyeluruh dan sempurna,jadi tidak ada lagi pori-pori yang tersumbat sehingga otomatis pori-pori besar pun akan mengecil.

5. Hindari paparan sinar matahari secara langsung

5 Hal Kecil & Sepele yang Justru Ampuh Mengecilkan Pori-pori di Wajahunsplash.com/Seth Doyle

Sinar matahari ternyata bisa membuat pori-pori kita membesar. Wajah yang terus-menerus terpapar sinar matahari secara langsung akan terkikis dan membuat keelastisan kulit berkurang. Karena kulit terkikis, maka pori-pori akan semakin terlihat dan membesar. Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu bisa menghindari paparan sinar matahari dengan menggunakan sunscreen saat ingin berkegiatan di luar ruangan.

Nah, itu tadi 5 hal kecil yang bisa kalian mulai terapkan untuk mengecilkan pori-pori di wajah. Semoga bermanfaat!

alys Photo Community Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You