Comscore Tracker

8 Kursus Ini Cocok Diikuti Para Wanita untuk Menambah Penghasilan

Kamu bisa menjadi ahli di bidang tertentu 

"Ala bisa karena biasa." Demikian kalimat yang sering kita dengar sehari-hari. Seseorang bisa menjadi ahli di bidang tertentu lantaran terus berlatih dan fokus di bidang tersebut selama waktu tertentu. Jadi, gak ada keahlian yang datang sendirinya tanpa adanya usaha berlatih dan keseriusan.

Untuk kamu para wanita, ada banyak keahlian yang bisa kamu miliki lewat jalur kursus.

Saat ini banyak program kursus yang bisa diikuti para wanita, kursus-kursus ini apabila diikuti serius maka akan membuatmu menjadi ahli di bidang tertentu, dan ujungnya bisa membuatmu mendapatkan penghasilan baru.

So, apa aja sih kursus yang bisa kaum wanita ikuti? Berikut ini 8 kursus yang cocok diikuti para wanita yang bisa menghasilkan pendapatan buatmu.

1. Kursus menjahit

8 Kursus Ini Cocok Diikuti Para Wanita untuk Menambah PenghasilanUnsplash.com /Kris Atomic

Gak bisa dipungkiri, menjahit menjadi keahlian yang selalu dibutuhkan zaman. Setiap tahun berganti, tukang jahit selalu diperlukan untuk menjahit rapi segala jenis model pakaian. Untuk itu, kamu mungkin bisa mencoba untuk mendaftar kursus menjahit.

Carilah guru jahit yang sudah kompeten dan mampu untuk mengajarkan banyak ilmu menjahit padamu. Sekarang ini tidak sulit untuk mencari orang yang ahli menjahit.

Dengan memiliki keahlian ini, kamu bisa menjahit baju keluargamu, bahkan bisa mendesain baju anak-anakmu kelak. Apalagi bagi ibu rumah tangga, keahlian menjahit ini bisa membantu menambah penghasilan dengan cara menerima pesanan pembuatan pakaian dari orang lain.

2. Kursus memasak

8 Kursus Ini Cocok Diikuti Para Wanita untuk Menambah PenghasilanUnsplash.com /Alyson McPhee

Kalau yang satu ini mungkin sudah banyak wanita yang ikut terjun mengikuti kursus masak. Memasak tentu menjadi perkara yang mau gak mau harus bisa dilakukan para wanita, apalagi kalau sudah menikah.

Ada banyak hal positif yang bisa kamu peroleh jika ahli di bidang memasak, di antaranya bisa membuat menu makanan sehari-hari di rumah, hingga membuat makanan yang bisa diijual ke orang lain seperti kue atau olahan lainnya.

Jangan takut dan memvonis diri gak bisa memasak ya, karena semua bisa dilakukan asal mau mencoba dan bersungguh-sungguh.

3. Kursus bahasa

8 Kursus Ini Cocok Diikuti Para Wanita untuk Menambah PenghasilanUnsplash.com /Mikael Kristenson

Kursus yang satu ini juga oke untuk diikuti para wanita. Ada banyak kursus bahasa yang bisa kamu ikuti, seperti bahasa Inggris, bahasa Arab, Cina, hingga Bahasa Korea yang kini juga makin diminati anak muda. Jika kamu tekun mengikuti kursus, kamu bisa memperoleh banyak ilmu tentang bahasa yang kamu ikuti saat kursus.

Nantinya kamu bisa mengaplikasikan ilmu yang kamu peroleh pada kursus tersebut dengan membuka les privat bahasa sendiri di rumah. Ini cocok untuk dilakukan wanita yang sudah menjadi ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan.

Selain itu, ilmu yang kamu peroleh dari kursus bahasa juga bisa kamu pakai sebagai modal menjadi pekerja lepas atau freelancer penerjemah bahasa.

4. Kursus desain grafis

8 Kursus Ini Cocok Diikuti Para Wanita untuk Menambah PenghasilanUnsplash.com /William Iven

Perkembangan teknologi yang kian pesat seolah menuntut seseorang untuk bisa berbaur dan beradaptasi dengan dunia digital seperti hari ini. Gak heran kalau segala konten informasi yang hari ini disajikan media massa selalu lekat dengan grafis yang memanjakan mata.

Kita mungkin pernah melihat konten-konten media online misalnya, yang menyajikan data-data statistik melalui tampilan visual berupa infografis, alhasil data-data yang tadinya membuat pusing kepala jadi malah asyik untuk disimak. Di sinilah keahlian desain grafis sangat diperlukan.

Para wanita bisa ikut andil untuk menjadi seorang yang ahli di bidang desain grafis ini. Nantinya akan banyak produk yang bisa kamu desain dan dapat memberikan penghasilan baru buatmu, misalnya kamu bisa membuat konten video dengan sentuhan motion graphics yang memukau mata. Orang yang ahli di bidang desain grafis saat ini juga menjadi incaran banyak perusahaan. Kamu ingin mencobanya?

Baca Juga: Jangan Asal Daftar, Ini 5 Tips Memilih Kursus Memasak yang Baik

5. Kursus menulis

8 Kursus Ini Cocok Diikuti Para Wanita untuk Menambah PenghasilanUnsplash.com/Kaitlyn Baker

Kursus yang satu ini juga cocok untuk diikuti para wanita. Menulis bisa membuatmu punya keahlian baru dan dapat mendatangkan penghasilan buatmu. Kamu bisa mengikuti kelas penulisan kreatif yang diadakan beberapa instansi atau lembaga tertentu.

Biar keahlian menulismu makin oke, kamu juga bisa ikut seminar tentang kepenulisan. Jadikan kegiatan menulis untuk memacumu melatih diri untuk berbagi informasi yang bermanfaat untuk orang lain.

Kamu bisa menjadi penulis lepas atau menjadi penulis cerita fiksi seperti cerpen atau novel lewat kegiatan menulis. So, jangan ragu untuk menuangkan ide ide cemerlangmu.

6. Kursus tata rias pengantin

8 Kursus Ini Cocok Diikuti Para Wanita untuk Menambah PenghasilanUnsplash.com /Raphael Lovaski

Kalau yang satu ini juga oke untuk diikuti para wanita. Bahkan beberapa orang yang sudah ahli merias pengantin gak ragu lagi menjadikan keahlian tersebut sebagai modal mencari nafkah. Kamu bisa mengikuti kursus tata rias jika bertekad untuk menjadi penata rias andal.

Jangan ciutkan langkahmu, yakinlah bahwa kamu bisa total menggeluti bidang ini jika bersungguh-sungguh mengikutinya.

Saat ini hajatan pernikahan juga tak pernah sepi, hal ini bisa jadi kesempatan emasmu untuk berkiprah menjadi penata rias pengantin yang profesional.

7. Kursus mengemudi

8 Kursus Ini Cocok Diikuti Para Wanita untuk Menambah PenghasilanUnsplash.com /chuttersnap

Bersyukurlah bagi wanita yang bisa mengemudi kendaraan seperti mobil, sebab tidak semua wanita mahir menyetir kendaraan yang satu ini. Jika kamu belum ahli menyetir,  kamu bisa ikut kursus mengemudi agar ahli mengemudikan mobil.

Nantinya kamu bisa memakai mobilmu untuk mendatangkan penghasilan seperti menjadi pengemudi kendaraan online atau menerima jasa antar jemput anak-anak sekolah. 

8. Kursus fotografi

8 Kursus Ini Cocok Diikuti Para Wanita untuk Menambah PenghasilanUnsplash.com /Tom Pumford

Yang satu ini juga keren dan oke untuk kamu ikuti. Dengan punya keahlian fotografi, kamu mampu mengaplikasikan teknik mengambil gambar untuk mendulang pundi-pundi rupiah.

Kamu bahkan bisa menjadi juru foto profesional dengan memiliki keahlian apik dalam membidik gambar seperti di momen acara pernikahan, atau membuka jasa pengambilan foto untuk Industri periklanan. Apalagi di zaman sekarang, kemampuan fotografi sangat diperlukan dalam setiap lini usaha. Bagaimana, tertarik jadi fotografer?

Demikianlah 8 kursus yang cocok diikuti para wanita. Ingat, jangan langsung membatasi diri tidak memiliki keahlian apapun. Jika kamu berlatih terus, tidak ada yang tidak mungkin untuk dikerjakan. Tetap semangat dan jadilah berarti lewat keahlian yang kamu miliki.

Baca Juga: 5 Kursus Keren yang Bisa Diambil Selagi Ngabuburit, Bakal Tambah Ilmu!

Anggita RA Photo Community Writer Anggita RA

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You