Comscore Tracker

6 Cara Mencukur Bulu Kemaluan Wanita yang Ampuh dan Gak Bikin Lecet

Salah satu cara menjaga kesehatan organ intim nih

Tumbuhnya rambut di area kemaluan menjadi salah satu tanda seseorang mengalami pubertas. Seiring bertambahnya usia, rambut di area organ intim tumbuh makin lebat dan panjang.

Beberapa orang ada yang nyaman dengan kondisi ini. Tapi sebagian besar cewek biasanya merasa risih dengan keberadaan rambut vagina yang dibiarkan tumbuh memanjang. Selain itu, kondisi rambut vagina yang lebat bisa memicu munculnya kutu dan bakteri lho.

Mencukur rambut vagina memang gampang-gampang susah. Dilakukan sendiri takut lecet, tapi malu juga untuk minta bantuan orang lain. Jangan khawatir, berikut IDN Times kasih 6 cara mencukur bulu kemaluan wanita yang ampuh dan tentunya aman gak bikin lecet. Simak yuk dibawah ini!

1. Siapkan sisir dan gunting kecil untuk merapikan rambut terluar

6 Cara Mencukur Bulu Kemaluan Wanita yang Ampuh dan Gak Bikin Lecettreasurebox.co.nz

Langkah pertama, siapkan sisir dan gunting kecil atau beli di toko perlengkapan khusus untuk grooming. Rapikan dulu rambut vaginamu yang mencuat ke luar, apalagi yang berbentuk keriting.

Dengan bantuan sisir, cukur bagian rambut terluar dengan gunting kecil. Pastikan guntingnya dalam keadaan bersih ya. Kamu bisa membasuhnya terlebih dahulu dengan cairan alkohol lalu mengelapnya sampai kering.

Cukur bagian rambut yang masih bisa terlihat dengan mata telanjang. Sisakan sekitar 0,5 sentimeter dari permukaan kulit untuk dilanjutkan dengan alat cukur.

2. Basuh vagina dan area sekitarnya dengan air hangat

6 Cara Mencukur Bulu Kemaluan Wanita yang Ampuh dan Gak Bikin Lecetmedicalnewstoday.com

Setelah mencukur sebagian rambut terluar, basuh vagina dan area sekitarnya dengan air hangat. Lakukan beberapa kali agar sisa rambut melunak. Air hangat juga berfungsi melembutkan kulit sehingga lebih rileks.

3. Oleskan krim atau minyak khusus cukur

6 Cara Mencukur Bulu Kemaluan Wanita yang Ampuh dan Gak Bikin Lecetbarbasol.com

Untuk menghindari lecet saat pisau cukur menyentuh kulit luar vagina, oleskan krim atau minyak khusus cukur secara merata. Pilih yang tanpa kandungan alkohol dan tambahan pengharum.

Baca Juga: Berdampak Buruk, 6 Tanda Vagina Kendur Ini Jarang Disadari

4. Pilih alat cukur dengan bentuk kepala berlekuk

6 Cara Mencukur Bulu Kemaluan Wanita yang Ampuh dan Gak Bikin LecetUnsplash/melipoole

Jangan asal pakai alat cukur ya. Pilih yang bagian kepalanya melengkung atau berlekuk, biasanya dikenal dengan nama pivoting razor.

Lekukan ini akan memudahkanmu menjangkau bagian vagina yang agak menjorok ke dalam. Tanganmu juga jadi lebih nyaman saat menggenggam alat cukur ini.

5. Pastikan pisau cukur dalam keadaan tajam dan bersih

6 Cara Mencukur Bulu Kemaluan Wanita yang Ampuh dan Gak Bikin Lecetmiignon.com

Setelah memilih alat cukur, jangan lupa pastikan pisaunya dalam keadaan tajam dan bersih. Tes dulu untuk mencukur bulu ketiak atau sedikit rambutmu. Setelah itu bersihkan dengan cairan alkohol lalu keringkan.

Siapkan juga kaca kecil untuk membantumu melihat area yang sulit terjangkau mata telanjang. Duduklah di tempat yang terang atau baik pencahayaannya, lalu posisikan kakimu mengangkang lebar. Letakkan kaca di bagian tengah atau tepat di depan vagina.

6. Oleskan pelembab setelah bercukur

6 Cara Mencukur Bulu Kemaluan Wanita yang Ampuh dan Gak Bikin Lecetunsplash/rawpixel

Setelah selesai bercukur, oleskan krim pelembab tanpa kandungan alkohol dan pewangi ke permukaan kulit. Atau bisa juga menggunakan baby oil untuk menjaga kelembaban kulit dan mencegah iritasi.

Itulah beberapa tips atau cara mencukur bulu kemaluan wanita yang ampuh dan aman. Sekarang kamu gak perlu ragu lagi mencukur rambut vagina sendiri. Cobain enam tips di atas yuk, biar organ intimmu terjaga bersih dan sehat.

Baca Juga: Waspada, 8 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Mengganggu Kesehatan Vaginamu

Topic:

  • Dian Septi Arthasalina
  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto

Just For You