Comscore Tracker

7 Cara Mengatasi Rambut Mengembang Seperti Singa, Bikin Gak Pede!

Jangan keseringan keramas, deh

Pernah mengalami bad hair day? Ketombe, lepek, kusam, hingga kerontokan adalah sederet masalah yang mengancam keindahan rambut. Selain itu, rambut mengembang seperti singa juga bikin beberapa wanita merasa kurang percaya diri.

Wanita dengan tipe rambut ikal, bergelombang, dan keriting lebih rentan mengalami masalah ini. Rambut jadi sulit diatur, tekstur kering dan hilang kelembapannya.

Tenang, kamu gak usah khawatir. Berikut ini ada ulasan mengenai tips atau cara mengatasi rambut berkembang yang mudah untuk kamu terapkan dan juga ampuh. Ingin tahu? Simak selengkapnya di bawah ini ya!

1. Terlalu sering mencuci rambut ternyata gak baik, lho

7 Cara Mengatasi Rambut Mengembang Seperti Singa, Bikin Gak Pede!freepik/jcomp

Banyak di antara kita berpikir bahwa sering mencuci rambut baik untuk menjaga kesehatan dan kebersihannya. Kenyataannya justru bertolak belakang, terlalu sering keramas justru membuat rambut rentan kering.

Paparan zat kimia dari sampo yang terlalu sering berisiko menurunkan kelembapan rambut. Minyak alami rambut ikut tersapu pada saat proses pencucian. Untuk itu hindari mencuci rambut setiap hari.

Selain itu, sebaiknya cuci rambut menggunakan air dingin. Apalagi untuk kamu yang memiliki rambut tipe kering dan ikal, penggunaan air hangat bikin minyak alami rambutmu makin banyak luruh saat proses pencucian.

2. Perhatikan reaksi rambut dan kulit kepala saat berganti sampo

7 Cara Mengatasi Rambut Mengembang Seperti Singa, Bikin Gak Pede!Pexels/Element5 Digital

Untuk kamu yang suka gonta-ganti sampo dan produk perawatan rambut, coba perhatikan lebih jeli reaksi yang ditunjukkan rambut. Jika muncul rasa gatal, panas di kulit kepala, hingga tekstur rambut jadi kering, coba ambil jarak dulu dengan produk yang sedang digunakan.

3. Tambah nutrisi dengan kondisioner

7 Cara Mengatasi Rambut Mengembang Seperti Singa, Bikin Gak Pede!freepik/torwalphoto

Jika selama ini kamu hanya pakai sampo saat mencuci rambut, coba mulai rutin menggunakan kondisioner untuk menambah nutrisi. Sampo berfungsi sebagai pembersih, sementara kondisioner mengandung nutrisi tambahan untuk melembapkan rambut.

Baca Juga: 9 Hal yang Harus Kamu Perhatikan saat Menggunakan Masker Rambut

4. Gak cuma wajah, rambut juga perlu masker

7 Cara Mengatasi Rambut Mengembang Seperti Singa, Bikin Gak Pede!freepik/katemangostar

Ternyata masker gak cuma dibutuhkan oleh kulit wajah. Untuk mendapatkan rambut yang lembut dan mudah diatur, sesekali gunakan masker rambut. Kini banyak produk masker rambut siap pakai di pasaran yang bisa disesuaikan dengan karakter rambut.

Bagi kamu yang memiliki rambut atau kulit kepala sensitif, ada beberapa pilihan bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker. Gel lidah buaya, madu, minyak zaitun, dan virgin coconut oil (VCO) bagus untuk menutrisi rambut, lho.

5. Kenali karakter rambut untuk menentukan perawatan yang tepat

7 Cara Mengatasi Rambut Mengembang Seperti Singa, Bikin Gak Pede!freepik/kittima05

Apakah kamu sudah mengenali karakter rambut dengan baik? Tiap jenis rambut memerlukan perawatan yang berbeda-beda, jangan asal menjajal produk atau treatment jika gak ingin rambutmu rusak.

Misal, kamu memiliki keluhan rambut kering dan bercabang, maka sesuaikan produk perawatan dengan kebutuhanmu. Pilih sampo, kondisioner, hingga hair tonic yang diperuntukkan untuk rambut kering dan bercabang.

6. Jika kondisi rambut memburuk, hindari penggunaan cat rambut dan peralatan yang bersifat panas

7 Cara Mengatasi Rambut Mengembang Seperti Singa, Bikin Gak Pede!Pexels/Gratisography

Jika kondisi rambutmu memburuk, makin kering dan sulit diatur, coba hentikan sementara penggunaan peralatan yang bersifat panas seperti catok atau pengering rambut. Hindari juga melakukan pewarnaan rambut atau penggunaan produk perawatan secara berlebih.

7. Lindungi rambut saat berada di luar ruangan

7 Cara Mengatasi Rambut Mengembang Seperti Singa, Bikin Gak Pede!Pexels/Tirachard Kumtanon

Debu dan udara panas juga menjadi penyebab kerusakan rambut. Jika kamu aktif beraktivitas di luar ruangan, gunakan penutup kepala atau payung untuk menghindari paparan debu dan panas langsung.

Itu dia beberapa metode cara mengatasi rambut mengembang yang bisa kamu coba terapkan sendiri. Gak sulit, kan ternyata merawat rambut agar lebih sehat dan mudah diatur. Lakukan secara rutin, yuk biar terbebas dari bad hair day!

Baca Juga: 10 Gaya Rambut Seleb Paling Keren dengan Warna Tak Biasa 

Topic:

  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto

Just For You