Comscore Tracker

10 Langkah Korean Skincare yang Harus Kamu Pahami Sebelum Menjajalnya

#IDNTimesLife Gak semua harus dipakai setiap hari

Wajah berseri layaknya wanita Korea jadi idaman bagi beberapa kaum hawa. Wanita Korea juga dikenal punya kulit yang sehat dan halus. Dalam hal tersebut, mereka menggunakan produk yang sesuai hingga melakukan tahapan yang panjang, yaitu 10 step skincare.

Tapi, apakah kamu tahu jika ada beberapa langkah Korean skincare yang gak boleh dipakai setiap hari karena bisa menyebabkan iritasi? Yuk, simak penjelasan berikut agar kamu tidak keliru!

1. Cleansing oil/wipes/cleansing cream bisa digunakan setiap hari

10 Langkah Korean Skincare yang Harus Kamu Pahami Sebelum Menjajalnyaunsplash.com/heftiba

Setelah melakukan aktivitas seharian, tentu ada debu dan kotoran yang menempel pada wajah. Teknik double cleansing menjadi pilihan para wanita Korea untuk membantunya menghilangkan debu dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori.

Untuk melakukan teknik ini, awali dengan membersihkan wajah menggunakan cleansing oil/wipes/cleansing cream untuk mengangkat debu dan kotoran pada wajah. Jika kamu tidak memakai cleansing wipes, pakailah kapas untuk menghapus pembersih tadi setelahnya.

2. Gunakan facial wash setiap hari

10 Langkah Korean Skincare yang Harus Kamu Pahami Sebelum MenjajalnyaPexels.com/Shiny Diamond

Setelah membersihkan wajah dengan cleansing oil/wipes/cleansing cream, kamu bisa membersihkan wajah dengan facial wash. Kalau wanita Korea lebih menyukai facial wash yang berbahan dasar air.

Pembersih berbahan air dinilai memiliki tekstur yang ringan dan mampu membuat kulit menjadi semakin lembap. Selain itu, kandungan air juga lebih ramah untuk kebaikan kulit.

3. Melakukan eksfoliasi 2-3 kali dalam seminggu

10 Langkah Korean Skincare yang Harus Kamu Pahami Sebelum Menjajalnyainstagram.com/cosrx_indonesia

Selanjutnya adalah tahapan eksfoliasi. Tahap ini bertujuan untuk membersihkan sel-sel kulit mati yang ada pada wajah agar kulit tetap halus dan bersih. Untuk tahapan ini, kamu tidak boleh memakainya setiap saat.

Kamu hanya bisa melakukan tahapan eksfoliasi sebanyak 2-3 kali dalam seminggu agar tidak menyebabkan kerusakan pada skin barrier (lapisan kulit terluar yang menjaga kulit dari berbagai macam faktor). Jika lapisan ini rusak, maka kulit akan mudah terkena iritasi atau berjerawat.

4. Memakai hydrating toner setiap hari

10 Langkah Korean Skincare yang Harus Kamu Pahami Sebelum MenjajalnyaPexels.com/Anna Shvets

Berbeda dengan eksfoliasi, menggunakan hydrating toner adalah hal yang wajib digunakan setiap hari, tepatnya setelah menggunakan pembersih wajah. Hydrating toner mampu menyeimbangkan pH kulit sehingga produk yang akan digunakan selanjutnya, terserap dengan baik.

Baca Juga: 5 Referensi Hydrating Toner yang Aman buat Kulit Sensitif, Udah Coba?

5. Menggunakan essence itu sebenarnya tidak wajib. Namun, kamu bisa menggunakannya setiap hari atau sesuaikan dengan kebutuhan

10 Langkah Korean Skincare yang Harus Kamu Pahami Sebelum Menjajalnyainstagram.com/imfrom_global

Penggunaan essence umumnya tidak wajib dalam rangkaian skincare, namun peran essence cukup membantu melembapkan kulit. Jadi, essence dapat digunakan setiap hari atau juga kamu bisa menyesuaikan penggunaannya dengan kebutuhan kulitmu.

Essence sendiri memiliki tekstur yang lebih ringan dibanding serum. Teksturnya pun sedikit kental, namun tidak sekental moisturizer. Namun balik lagi, setiap brand memiliki kebijakan dalam membuat tekstur. Jadi, kamu perlu perhatikan ini lebih jeli lagi ya! 

6. Memakai serum setiap hari

10 Langkah Korean Skincare yang Harus Kamu Pahami Sebelum MenjajalnyaPexels.com/Alina Blumberg

Serum, pada umumnya, memiliki kandungan berbahan aktif yang merawat kulit. Serum memiliki tekstur yang ringan sehingga mudah terserap ke dalam kulit. Kamu bisa memilih serum sesuai dengan permasalahan kulit yang sedang kamu butuhkan.

Baca Juga: 5 Produk Serum untuk Lawan Kulit Kusam, Aman untuk Remaja

7. Memakai sheet mask 2-3 kali seminggu

10 Langkah Korean Skincare yang Harus Kamu Pahami Sebelum MenjajalnyaPexels.com/Sam Lion

Sheet mask dianggap sebagai skincare yang praktis karena di dalamnya mengandung essence yang mampu memberi kelembapan ekstra pada kulit. Gak jarang, di Korea, baik wanita maupun pria, rela meluangkan pagi atau malamnya untuk memakai sheet mask.

Sheet mask bisa digunakan setiap hari. Namun kembali lagi, kamu harus memastikan apakah kulit wajahmu kuat. Jika tak kuat, maka pori-pori menjadi tersumbat dan timbul jerawat. Untuk berjaga-jaga, kamu bisa gunakan sheet mask 2-3 kali dalam seminggu.

8. Meski tak wajib, kamu bisa menggunakan eye cream setiap hari atau sesuaikan dengan kebutuhanmu

10 Langkah Korean Skincare yang Harus Kamu Pahami Sebelum MenjajalnyaPexels.com/Anna Shvets

Eye cream berfungsi untuk merangsang regenerasi kulit, menjaga kelembapan, dan membantu mengencangkan area sekitar mata. Jika kamu memiliki permasalahan dark circle pada area bawah mata, kamu bisa menggunakan eye cream secara rutin untuk mengurangi kehitaman di bawah mata.

9. Memakai moisturizer atau pelembap setiap hari

10 Langkah Korean Skincare yang Harus Kamu Pahami Sebelum Menjajalnyaaxis-y.com

Moisturizer memiliki fungsi utama sebagai pelembap kulit. Namun, kesalahan memilih pelembap bisa mengakibatkan wajah menjadi beruntusan atau menimbulkan jerawat.

Pastikan kamu yang memiliki tipe kulit yang cenderung berminyak, tidak memilih pelembap yang kandungannya rich. Gunakanlah pelembap dengan tekstur gel yang ringan. Dengan begitu, pelembap mudah meresap ke dalam kulit.

Begitupun sebaliknya, jika tipe kulitmu cenderung kering, alangkah baiknya menggunakan pelembap yang bertekstur creamy. Kulit pun akan terbantu terlembapkan dengan baik.

10. Memakai sunscreen setiap hari

10 Langkah Korean Skincare yang Harus Kamu Pahami Sebelum MenjajalnyaPexels.com/cottonbro

Tanpa mengunakan sunscreen saat berada di luar rumah, kulit akan terkena paparan sinar matahari. Ini justru akan membahayakan kulit karena sinar matahari mengandung UVA dan UVB.

Supaya hasilnya maksimal, kamu juga harus mengaplikasikannya setiap 2-3 jam sekali jika sedang berada di luar ruangan. Jangan lupa gunakan takaran yang sesuai, yaitu setara dengan 2 jari dalam sekali pakai dan gunakan sunscreen yang minimal memiliki SPF 30!

Nah, itu tadi penggunaan 10 step korean skincare yang harus kamu ketahui sebelum kamu mencobanya. Jangan sampai salah dan selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sunscreen Murah di Bawah Rp50 Ribu, Ada yang SPF 50!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya