Comscore Tracker

5 Efek Buruk yang Akan Didapat Saat Bersihkan Wajah dengan Tisu Basah!

Jangan sekali-kali lagi deh!

Saat malas membersihkan wajah, beberapa perempuan sering menggunakan tisu basah karena ingin hasil yang instan. Padahal seperti yang kita tahu, tisu basah sebenarnya tak cocok digunakan pada wajah karena sensitivitas wajah dan bagian kulit lainnya berbeda. 

Jika kamu menganggap tisu basah bisa membersihkan wajahmu dari kotoran, itu salah besar karena justru 5 hal ini yang akan kamu dapatkan!

1. Kulit mudah kering

5 Efek Buruk yang Akan Didapat Saat Bersihkan Wajah dengan Tisu Basah!glamngloss.net

Saat kamu menggunakan tisu basah dalam waktu yang lama untuk membersihkan wajahmu, sebenarnya hanya akan membuat wajahmu kering karena kandungan alkohol yang tinggi. 

Tisu basah diformulasikan untuk membersihkan sesuatu sehingga memerlukan alkohol didalamnya sebagai antiseptik yang berfungsi membunuh kuman. Kandungan alkohol yang tinggi ini dapat membuat kelembapan kulit menurun drastis dan kulit menjadi cenderung sensitif dan mudah iritasi.

2. Kulit mudah berkeriput

5 Efek Buruk yang Akan Didapat Saat Bersihkan Wajah dengan Tisu Basah!independent.co.uk

Hampir sama dengan poin sebelumnya, saat kulit menjadi kering sebenarnya hanya akan membuat kulit lama kelamaan keriput karena kelembabannya terkikis habis saat menggunakan tisu basah terus menerus. 

Sebaiknya mulailah untuk menghentikan kebiasaan ini karena wajahmu itu sensitif dan tentunya kamu harus menggunakan produk yang cocok untuk wajahmu. Bersihkan wajah dengan sabun pencuci wajah yang cocok bukan dengan menggunakan tisu basah.

Baca Juga: Foundation 101: 5 Cara Aplikasi ke Wajah Sesuai Kebutuhan

3. Lebih mudah muncul jerawat yang tidak diinginkan

5 Efek Buruk yang Akan Didapat Saat Bersihkan Wajah dengan Tisu Basah!femalevenue.com

Faktanya tisu basah takkan mampu membersihkan wajah secara optimal dan akan meninggalkan sisa-sisa makeup yang apabila dibiarkan akan menumpuk yang hasilnya akan mengundang jerawat. 

Jika kamu terus membiarkannya, kulitmu akan break out. Bahkan akan menyisakan bekas jerawat yang tentunya mengganggu penampilan. Tentunya selain jerawat, sisa-sisa makeup ini akan membuat pori-pori kulitmu membesar.

4. Kantung mata cepat mengendur

5 Efek Buruk yang Akan Didapat Saat Bersihkan Wajah dengan Tisu Basah!newbeauty.com

Area mata termasuk kantung mata merupakan daerah yang amat sensitif. Saat kamu menghapus makeup dengan tisu basah, lama kelamaan kantung matamu akan mengendur karena biasanya tisu basah tak mampu mengangkat makeup mata dalam sekali usap sehingga perlu penggosokan berulang kali. 

Saat perlakuan itu terus dilakukan, tentunya lama kelamaan kantung matamu akan mengendur karena perlakuan yang kurang baik di area sekitar matamu. 

Oleh karena itu lebih baik kamu gunakan eye makeup remover yang mampu membersihkan mata dengan sekali usap secara lembut agar kantung matamu tak cepat mengendur.

5. Kulitmu akan alergi

5 Efek Buruk yang Akan Didapat Saat Bersihkan Wajah dengan Tisu Basah!stylecaster.com

Terakhir, dampak yang akan kamu terima saat membersihkan wajah dengan tisu basah adalah kulitmu bisa saja terkena alergi karena wewangian yang terkandung dalam tisu basah tak semuanya aman dan ramah bagi kulit. 

Apalagi untuk pemilik kulit sensitif, lebih baik gunakan makeup remover yang memang mampu untuk mengangkat sisa-sisa makeup dan kotoran yang menempel di wajah bukan menggunakan tisu basah yang formulanya tak cocok untuk kulit pada bagian wajah.

Yuk mulai tinggalkan kebiasaan ini!

Baca Juga: 6 Tips Sederhana Biar Wajah Glowing dan Bebas Jerawat, Gak Mahal Kok!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya