Comscore Tracker

Micellar Water hingga Cleansing Balm, Apa Beda 8 Pembersih Wajah Ini? 

Mana yang biasa kamu pakai?

Saat ini, beredar berbagai jenis pembersih wajah. Kita mengenal facial wash, lalu ada micellar water, cleansing oil, hingga muncul lagi banyak istilah baru pembersih wajah dalam dunia perawatan kulit. Meskipun sama-sama pembersih, masing-masing pembersih wajah ini punya karakteristik dan fungsi tertentu. Supaya kamu gak bingung, yuk simak perbedaan macam pembersih wajah berikut!

1. Facial wash

Micellar Water hingga Cleansing Balm, Apa Beda 8 Pembersih Wajah Ini? unsplash/Curology

Facial wash adalah sabun wajah yang membersihkan sekaligus menjaga kelembapan kulit. Jenis sabun ini cenderung memiliki dua bentuk, yaitu krim dan gel. Teksturnya lembut sehingga sangat cocok untuk pemilik kulit sensitif dan kering. Wajah akan terasa bersih, lembap, dan segar setelah menggunakan facial wash.

2. Facial foam

Micellar Water hingga Cleansing Balm, Apa Beda 8 Pembersih Wajah Ini? allure.com

Hampir mirip dengan facial wash, facial foam juga merupakan sabun pembersih wajah. Namun, sabun ini tidak berbentuk krim atau gel. Facial foam sudah berbentuk busa yang cocok untuk mengangkat kotoran di wajah dengan lembut. Pembersih wajah ini lebih cocok untuk mereka yang memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat.

3. Micellar water

Micellar Water hingga Cleansing Balm, Apa Beda 8 Pembersih Wajah Ini? neutrogena.com

Micellar water akhir-akhir ini cukup populer dalam dunia perawatan wajah. Pembersih ini memiliki komponen molekul-molekul mikro minyak pembersih, yang tersuspensi di dalam air lunak.

Banyak yang senang menggunakan micellar water karena pembersih ini dapat menjadi penghapus makeup dan toner secara bersamaan. Micellar water juga cocok untuk semua jenis kulit wajah.

4. Milk Cleanser

Micellar Water hingga Cleansing Balm, Apa Beda 8 Pembersih Wajah Ini? vivacosmetic.com

Milk cleanser adalah pembersih yang mengandung susu. Pembersih ini gak hanya membersihkan, namun juga mampu melembapkan wajah. Banyak yang senang menggunakannya untuk menghapus makeup.

Namun, milk cleanser cenderung lebih cocok untuk menghapus makeup ringan. Selain itu, pembersih ini juga lebih cocok untuk pemilik jenis kulit kering.

Baca Juga: Maksimal Rp 50 ribu, Ini 9 Facial Wash Terbaik untuk Pria!

5. Cleansing oil

Micellar Water hingga Cleansing Balm, Apa Beda 8 Pembersih Wajah Ini? allure.com

Cleansing oil adalah pembersih wajah favorit untuk deep cleansing. Formula oil dalam pembersih ini, mampu mengangkat makeup sehingga proses penghapusan tata rias menjadi lebih mudah. Cleansing oil ini sangat cocok untuk pemakai makeup tebal dan lebih cocok untuk pemilik kulit normal atau berminyak.

6. Cleansing balm

Micellar Water hingga Cleansing Balm, Apa Beda 8 Pembersih Wajah Ini? allure.com

Mirip dengan cleansing oil, cleansing balm adalah pembersih wajah untuk deep cleansing. Bedanya, cleansing balm memiliki formula seperti balsam yang mampu melelehkan makeup dengan mudah. Namun, kamu gak cukup hanya menggunakan cleansing balm untuk menghapus makeup.

Kamu perlu membilasnya lagi dengan air agar kulit bersih sempurna. Pembersih wajah ini juga cocok untuk semua jenis kulit wajah. Namun, pemilik kulit kering akan lebih cocok dengan cleansing balm ini. Hal ini karena cleansing balm memiliki tekstur yang lembut seperti krim.

7. Cleansing wipes

Micellar Water hingga Cleansing Balm, Apa Beda 8 Pembersih Wajah Ini? sephora.com

Cleansing wipes mirip dengan tisu basah, yang dilengkapi dengan formula pembersih. Tipe ini cocok untuk membersihkan wajah dari debu hingga menghapus makeup. Namun dalam menghapus makeup, cleansing wipes mungkin tidak sehebat cleansing balm dan cleansing oil. Sayangnya, pembersih wajah ini juga kurang cocok untuk pemilik kulit kering karena terkadang mengandung alkohol.

8. Micellar gel

Micellar Water hingga Cleansing Balm, Apa Beda 8 Pembersih Wajah Ini? beautyexpert.com

Kamu mungkin familiar dengan micellar water, tapi apakah kamu pernah mendengar micellar gel? Produk pembersih wajah satu ini merupakan terobosan baru dari micellar water.

Produk ini memiliki efek penyegar seperti micellar water namun lebih ampuh dalam mengangkat makeup. Micellar gel juga cocok untuk semua jenis kulit. Namun, belum banyak brand yang mengeluarkan micellar gel ini.

9. Untuk merangkum perbedaan 8 pembersih wajah ini, cek infografis berikut, ya!

Micellar Water hingga Cleansing Balm, Apa Beda 8 Pembersih Wajah Ini? IDN Times/Arief Rahmat

Jadi sekarang kamu sudah mengerti perbedaan setiap jenis pembersih wajah bukan? Mana yang paling cocok buat kamu?

Cek pembersih wajah favoritemu di Shopee dan gunakan kupon Shopee untuk extra potongan harga!

Baca Juga: Yuk Coba 4 Pembersih Wajah Alami Ini, Dijamin Anti Ribet!

Topic:

  • Klara Livia
  • Pinka Wima
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya