Comscore Tracker

5 Kesalahan Scrubbing yang Cewek Harus Hindari, Bisa Breakout!

Setiap step-nya harus dilakuin dengan benar, girls!

Step merawat kulit yang gak boleh dilewatkan begitu saja adalah scrubbing. Berbeda dengan mencuci muka pada umumnya, scrubbing dipercaya dapat membersihkan secara mendalam. Sehingga, kotoran dan sel-sel kulit mati di wajah dapat diangkat secara menyeluruh.

Meskipun scrubbing sudah dilakukan sejak dulu, nyatanya masih banyak cewek yang salah melakukan tahapannya. Akibatnya, kulit menjadi iritasi, kemerahan, atau bahkan breakout. Berikut beberapa kesalahan saat scrubbing wajah yang sering cewek lakukan. Apakah kamu juga sering melakukannya?

1. Tidak membasahi wajah terlebih dahulu

5 Kesalahan Scrubbing yang Cewek Harus Hindari, Bisa Breakout!unsplash.com/Curology

Memakai scrub itu berbeda dengan memakai micellar water. Sebelum scrubbing, kamu mesti membasahi wajah terlebih dahulu agar butiran scrub-nya mudah berbaur ke kulit wajah.

Bila kamu lupa membasahi wajah, yang ada akan menimbulkan rasa sakit. Dan bila diteruskan, kulit wajahmu pun akan kemerahan.

2. Memilih butiran scrub yang terlalu kasar

5 Kesalahan Scrubbing yang Cewek Harus Hindari, Bisa Breakout!greenstoryblog.com

Banyak yang mengatakan kalau butiran scrub yang terlalu halus kurang bagus. Dengan kata lain kurang ampuh mengangkat sel kulit mati yang ada di wajah. Padahal nyatanya tidak demikian ya, girls!

Butiran scrub yang terlalu kasar justru dapat merusak struktur kulitmu. Di mana kulit akan menjadi kering dan kusam. Bayangkan bila kamu memiliki kulit kering, kulitmu pasti jadi kering kerontang deh!

Baca Juga: Tiff Body Scrub, Produk Lokal Terbaru Haluskan Kulit dengan Kopi

3. Intensitas scrubbing yang terlalu sering

5 Kesalahan Scrubbing yang Cewek Harus Hindari, Bisa Breakout!skincare.com

Semakin sering scrubbing, maka semakin bersihlah kulit wajah. Kira-kira inilah yang terlintas dan tertanam dalam benakmu. Padahal, terlalu sering scrubbing justru akan membuat kulitmu semakin tipis.

Scrubbing yang baik itu dilakukan 1-2 kali dalam seminggu. Jangan lebih dari itu kalau kamu masih sayang dengan kulit wajahmu.

4. Mengaplikasikan scrub pada kulit yang jerawatan

5 Kesalahan Scrubbing yang Cewek Harus Hindari, Bisa Breakout!flo.health

Bagi yang sedang mengalami masalah kulit, seperti breakout atau jerawat, ada baiknya untuk melewatkan scrubbing. Bila scrubbing dilakukan, yang ada kondisi kulit wajahmu akan semakin parah. Di mana jerawat akan semakin menjamur ke area wajah yang lain.

Ini disebabkan karena bakteri ikut berpindah ke sisi lain ketika scrubbing dilakukan. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih step perawatan wajah lainnya agar kulit tetap terjaga dengan baik.

5. Penggunaan teknik yang kurang tepat

5 Kesalahan Scrubbing yang Cewek Harus Hindari, Bisa Breakout!healthline.com

Sejatinya, scrubbing harus dilakukan dengan teknik yang tepat. Oleskan scrub ke seluruh permukaan wajah dan baurkan hingga ke leher. Setelah itu, pijat dengan gerakan memutar.

Pijat wajah dengan cara yang lembut. Apabila terlalu kasar dan kuat, butiran scrub nantinya dapat melukai kulitmu.

Bagi kamu yang scrubbing-nya sering salah, mudah-mudahan ke depannya gak salah lagi ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Scrub Wajah yang Mampu Haluskan Kulit tanpa Iritasi

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya