Comscore Tracker

5 Kesalahan Pakai Deodoran yang Mungkin Pernah Kamu Lakukan

#IDNTimesLife sudah tahu cara memakai deodoran yang tepat?

Deodoran adalah salah satu produk yang penting untuk menjaga kebersihan kulit ketiak. Namun, penggunaan deodoran yang salah juga bisa membuat area ketiak jadi beraroma tidak sedap atau iritasi.

Untuk menghindari hal yang kurang menyenangkan tersebut, kamu perlu perhatikan 5 kesalahan pakai deodoran berikut ini!

1. Kamu tidak bisa membedakan deodoran dan antiperspiran, sehingga memakai produk yang tak tepat

5 Kesalahan Pakai Deodoran yang Mungkin Pernah Kamu Lakukanpexels.com/@olly

Cari tahu apa jenis produk yang kamu butuhkan. Sebab, deodoran dan antiperspiran adalah dua produk yang berbeda.

Kalau kamu lebih fokus untuk menetralkan aroma ketiak saja, kamu bisa menggunakan deodoran. Sedangkan, antiperspiran punya fungsi tambahan yaitu untuk menahan keringat.

Dilansir dari thehealthy.com, Dermatologis bernama Fayne Frey mengatakan, "Kebanyakan antiperspiran mengandung aluminum salts yang kadang dicampur dengan zirconium salt. Keduanya mengikat protein pada saluran kelenjar keringat."

Sedangkan, deodoran fungsinya adalah untuk membunuh bakteri yang bisa menimbulkan bau badan yang kurang sedap. Lebih lanjut, dikutip dari thehealthy.com, Tsippora Shainhouse, MD, FAAD, dokter kulit bersertifikat di Los Angeles menyatakan, "Deodoran tak mengurangi jumlah keringat yang keluar dan tak akan membuat ketiakmu tetap kering."

2. Kamu mengaplikasikannya dengan cara yang salah

5 Kesalahan Pakai Deodoran yang Mungkin Pernah Kamu Lakukanpexels.com/@elly-fairytale

Kebanyakan orang menggunakan produk deodoran atau antiperspiran pada pagi hari, namun beberapa ahli berpendapat sebaliknya. Salah satu pendapatnya disampaikan oleh Mark Malek M.D., seorang Ahli Bedah Kosmetik dari Arizona.

"Deodoran bisa digunakan kapan saja, tapi antiperspiran lebih cocok dipakai pada malam hari di mana kamu gak terlalu berkeringat," tutur Malek dikutip dari womenshealthmag.com.

Pengaplikasian deodoran dan antiperspiran akan lebih efeketif ketika kondisi kulit ketiak dalam keadaan yang kering dan bersih.

"Sebaiknya, sehabis mandi di malam hari, tepuk-tepuk area kulit ketiak sampai kering dengan handuk. Kemudian, gunakan deodoran," pungkas Joel Schlessinger, MD, Dokter Kulit Bersertifikat dalam wawancaranya dengan thehealthy.com.

3. Kamu gak memakainya dengan takaran yang pas

5 Kesalahan Pakai Deodoran yang Mungkin Pernah Kamu Lakukanpexels.com/@shvetsa

Supaya penggunaannya tetap optimal, kamu juga perlu memerhatikan takaran deodoran yang kamu gunakan. "Kamu harus menutupi seluruh area kelenjar keringat secara menyeluruh," ujar Malek pada womenshealthmag.com.

Kamu juga tak perlu menggunakan produknya secara berlebihan. Jadi, kamu sebaiknya gak menumpuk atau melapisi penggunaan deodoran. Bahan-bahan yang terkandung di dalam deodoran jadi bekerja kurang efektif pada area yang sudah tertimpa produk sebelumnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Deodoran yang Bisa Bikin Penampilanmu Lebih Percaya Diri

4. Kamu menggunakan deodoran dengan kandungan yang mengiritasi

5 Kesalahan Pakai Deodoran yang Mungkin Pernah Kamu Lakukanpexels.com/@olly

Seperti produk kosmetik dan skincare, kamu juga perlu memperhatikan kandungan deodoran yang kamu gunakan. Apabila kulitmu cenderung sensitif, berhati-hatilah dengan produk deodoran yang memiliki tambahan parfum atau alkohol!

Sebelum memakai produknya di ketiak, kamu bisa patch test terlebih dahulu dengan mengoles produknya di pergelangan tangan. Jika tidak ada reaksi buruk, kamu bisa melanjutkan penggunaannya.

5. Kamu memakai deodoran setelah mencukur bulu ketiak

5 Kesalahan Pakai Deodoran yang Mungkin Pernah Kamu Lakukanpexels.com/@enginakyurt

Kesalahan yang kelima adalah menggunakan deodoran tepat setelah mencukur bulu ketiak. Kebiasaan buruk ini bisa membuat kulit ketiakmu jadi iritasi.

Terutama, apabila produk deodoranmu memiliki banyak kandungan alkohol. Apakah kamu pernah melakukan kesalahan ini?

Itulah 5 kesalahan menggunakan deodoran yang mungkin pernah kamu lakukan. Sebaiknya hindari mulai saat ini, ya!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Deodoran Murah Ini Bikin Ketiak Lebih Cerah

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya