Ada Projo Ganjar, Budi Arie: Kasihan Capresnya Didukung Projo KW 4

Budi Arie klaim Projo hanya satu

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Pro Jokowi (Projo), Budi Arie Setiadi menanggapi Projo Ganjar pimpinan Haposan Situmorang. Ia menegaskan, Projo asli adalah organisasi yang dipimpin dirinya.

Menurut dia, Projo pimpinannya telah berbadan hukum karena sudah terdaftar secara resmi di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Karena itu, Budi mengaku kasihan terhadap Ganjar Pranowo karena didukung oleh Projo KW 4.

"Projo enggak ada yang lain, ya Projo ya di sini. Yang namanya Projo ini. Kasihan capresnya, karena pakai barang KW 4, paham enggak," kata Budi Arie, saat ditemui seusai penutupan Rakernas 6 Projo di Hotel Sahid, Jakarta, Minggu (15/10/2023).

"Kita terdaftar di Kumham. Kalau ada sekelompok kecil masyarakat ingin memakai (atribut) projo dan mengarahkan ke capres tertentu. Yang kasihan capresnya. Karena pakai barang KW 4,” kata dia lagi.

1. Sebut Projo Ganjar sebagai Projo siluman dan musiman

Ada Projo Ganjar, Budi Arie: Kasihan Capresnya Didukung Projo KW 4Ketua Umum Prabowo Mania 08, Immanuel Ebenezer bersama Ketua Bappilpres Projo Panel Barus (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, Ketua Bapilpres Projo, Panel Barus menambahkan, Projo Ganjar merupakan Projo siluman dan musiman yang hanya ada menjelang pemilu.

"Kami tegaskan sekelompok kecil masyarakat yang menggunakan nama Projo Ganjar ini adalah Projo siluman. Projo musiman yang mungkin setelah pemilu juga barangnya hilang,” kata dia.

Kendati demikian, Panel mengatakan, pihaknya tetap menghargai segala bentuk partisipasi masyarakat untuk mendukung seseorang. Namun, bentuk partisipasi tersebut kata dia alangkah baiknya tidak mencatut sebuah organisasi lain.

"Jadi kami juga menghargai menghormati segala bentuk partisipasi warga dan masyarakat untuk mendukung seseorang kami hargai,” katanya.

“Tapi yang menjadi masalah ketika bentuk partisipasi dukungan tersebut kemudian mencatut nama organisasi kami. Itu jelas jadi masalah," kata dia lagi.

Baca Juga: Ganjar Center: Yenny Wahid Skor Tertinggi Bacawapres Ideal Ganjar

2. Projo pimpinan Budi Arie resmi dukung Prabowo sebagai capres

Ada Projo Ganjar, Budi Arie: Kasihan Capresnya Didukung Projo KW 4Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (kiri) ketika menerima Ketum relawan Jokowi, ProJo, Budi Arie Setiadi. (Dokumentasi tim media Prabowo)

Sebelumnya, Projo resmi mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi bakal calon presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Deklarasi dukungan itu dilakukan di Rumah Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (14/10/2023).

Deklarasi dilakukan setelah Relawan Projo menggelar Rakernas VI di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta. Rakernas itu dihadiri Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

“Kami Projo sepakat mendukung Bapak Prabowo Subianto sebagai calon Presiden RI pada pilpres 2024 mendatang,” ujar Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi.

3. Budi Arie sebut dukungan Projo berdasarkan komando Jokowi

Ada Projo Ganjar, Budi Arie: Kasihan Capresnya Didukung Projo KW 4Ketua Umum (Ketum) Pro Jokowi (Projo), Budi Arie (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, Budi Arie sempat membocorkan arah dukungan Projo sebelum menggelar rakernas.

Projo, kata Budi, akan mendukung capres berinisial “P”. Budi mengeklaim, dukungan tersebut berdasarkan arahan Presiden Jokowi.

"Projo itu tegak lurus pada perintah pak Joko Widodo, begitu kita tunggu saja arahan Pak Jokowi," ujar dia.

Baca Juga: Gibran Kandidat Kuat Cawapres Prabowo, Projo: Tunggu Besok Putusan MK

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya