Comscore Tracker

Arti Surat Al-Falaq dan An-Nas, Berikut Keistimewaannya

Al-Falaq dan An-Nas membebaskan manusia dari kemunafikan

Jakarta, IDN Times - Pada hakikatnya, manusia adalah makhluk yang tidak luput dari dosa, walaupun dari segi penciptaan Allah SWT manusia adalah makhluk yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk lain.

Melalui ayat-ayat dalam Al-Qur'an, Allah SWT memberikan manfaat dan pedoman hidup untuk umat manusia. Seperti melalui surat Al-Falaq dan An-Nas. Kedua surat ini juga disebut al muqasyqisyatain, yaitu dua surat yang membebaskan manusia dari kemunafikan.

Surat Al-Falaq dan An-Nas merupakan dua surat terakhir dalam Al-Qur'an. Namun dalam urutan turunnya kepada Rasulullah, dua surat ini menempati urutan ke-20 dan ke-21.

Melansir dari beberapa sumber, surat Al-Falaq dan An-Nas merupakan surat yang  istimewa dan memiliki keutamaan yang dahsyat. 

1. Surat Al-Falaq dalam bentuk tulisan bahasa Arab, latin, beserta artinya

Arti Surat Al-Falaq dan An-Nas, Berikut KeistimewaannyaIlustrasi (ANTARA FOTO/Akbar Tado)

Berikut bacaan surat Al-Falaq dalam bentuk tulisan bahasa Arab, latin, beserta artinya.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ

qul a'ụżu birabbil-falaq

مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ

min syarri mā khalaq

وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ

wa min syarri gāsiqin iżā waqab

وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ

wa min syarrin-naffāṡāti fil-'uqad

وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

wa min syarri ḥāsidin iżā ḥasad

Artinya: Katakanlah, "Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki."

 

Baca Juga: Ayat-Ayat Al-Quran tentang Cinta yang Bisa Menenangkan Hati Kamu

2. Surat An-Nas dalam bentuk tulisan bahasa Arab, latin, beserta artinya

Arti Surat Al-Falaq dan An-Nas, Berikut KeistimewaannyaIlustrasi Al Quran (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Berikut bacaan surat An-Nas dalam tulisan arab, latin, beserta artinya:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ

qul a'ụżu birabbin-nās

مَلِكِ النَّاسِۙ malikin-nās اِلٰهِ النَّاسِۙ

ilāhin-nās

مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ

min syarril-waswāsil-khannās

الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ

allażī yuwaswisu fī ṣudụrin-nās

مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

minal-jinnati wan-nās

Artinya: Katakanlah, "Aku berlindung kepada Tuhannya manusia, Raja manusia, sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia."

3. Sebagai pelindung diri

Arti Surat Al-Falaq dan An-Nas, Berikut KeistimewaannyaIlustrasi berdoa (IDN Times/Fikriyah Nurshafa)

Rasulullah menyebutkan surah Al-Falaq dan surah An-Nas sebagai surah terbaik untuk perlindungan. Barang siapa yang membacanya akan dilindungi Allah SWT dari segala kejahatan makhluk.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah, “ Wahai Ibnu Abbas, maukah kamu aku beritahu sesuatu yang paling baik digunakan untuk berlindung?” Ibnu Abbas menjawab, “ Iya wahai Rasulullah.” Beliapun bersabda: “ Qul a’udzu birabbil falaq dan Qul a’udzu birabbin nas, dua surat ini.” (HR. An-Nasa’i)

“Tidakkah kamu melihat ayat-ayat yang diturunkan di waktu malam dan tidak ada bandingannya sama sekali; Surat Al-Falaq dan Surat An-Nas.” (HR. Muslim)

Para ulama menjelaskan maksudnya adalah tidak ada bandingannya dalam perlindungan Allah SWT. Baik untuk melindungi dari 'ain (kejahatan melalui pandangan mata,kejahatan di malam hari, sihir, hasad maupun hal buruk yang dihembuskan oleh setan.

Baca Juga: Doa-doa Terbaik bagi Pasangan Baru Menikah, Termasuk di Malam Pertama

4. Pelindung dari sihir

Arti Surat Al-Falaq dan An-Nas, Berikut KeistimewaannyaIlustrasi Berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Turunnya kedua surat tersebut disebabkan karena pada suatu ketika Rasulullah pernah terkena sihir oleh orang kafir Yahudi. Sihir tersebut berupa bundelan rontokan rambut yang ditaruh pada mayang kurma jantan yang diikat oleh sebelas tali (buhul) di dasar sumur Dzarwan.

Rasulullah mengutus Ammar Ibnu Yasir dan beberapa orang lain untuk mengambil bundelan tersebut, namun, bundelan tersebut tidak bisa dibuka.

Akhirnya, melalui malaikat jibril, Allah mewahyukan surah Al-Falaq dan Surah An-Nas kepada Rasulullah. Lalu Rasulullah membacakan kedua surah tersebut yang berjumlah 11 ayat. Setiap satu ayat dibacakan, terlepaslah satu ikatan bundelan tersebut. Ketika seluruh ayat telah dibacakan, terlepaslah seluruh ikatan tersebut dengan ringan.

5. Penjaga saat tidur

Arti Surat Al-Falaq dan An-Nas, Berikut Keistimewaannyailustrasi fase tidur deep sleep atau tidur nyenyak (pexels.com/cottonbro)

Seperti yang dikatakan Rasulullah dalam sebuah hadis.

Disebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila menghampiri tempat tidurnya, beliau menyatukan kedua telapak tangannya kemudian meniupnya, lalu membacakan pada keduanya, “ Qul huwallahu ahad, Qul a’udzu birobbil falaq, Qul a’udzu birobbin naas.” Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangannya ke seluruh tubuhnya yang dapat ia jangkau. Beliau mulai dari kepala, wajah, dan bagian depan tubuhnya. Beliau melakukan itu tiga kali. [HR. Bukhari dan Muslim)

Membaca surat Al-Iklas, Al-Falaq dan An-nas sebelum tidur memberikan manfaat yang sangat luar biasa, selain untuk menjaga tidur manfaat lainnya yaitu dapat mencukupi hajat kita, mendapatkan penggilan khusus di hari kiamat, dan ketika meninggal akan disalatkan oleh para malaikat.

Itulah keistimewaan dan keutamaan Surat Al-Falaq dan Surah An-Nas yang luar biasa. Semoga kita dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari agar mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Baca Juga: Doa untuk Ibu Hamil, Termasuk Doa Syukuran Tujuh Bulan

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya