Hi-Tech Mall Surabaya Akan Digabung dengan Gedung Kesenian

Belanja hape sekaligus nonton teater

Surabaya, IDN Times - Perhatian pemerintah Kota Surabaya terhadap kesenian patut diapresiasi. Mereka berencana menyulap pusat jual beli barang elektronik, Hi-Tech Mall menjadi gedung kesenian taraf nasional. Rencananya, gedung baru akan dibangun ketika kontrak Hi-Tech Mall sudah habis.

1. Pembangunan di mulai tahun 2019

Hi-Tech Mall Surabaya Akan Digabung dengan Gedung KesenianIlustrasi/IST/Teaterkoma

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya, Agus Imam Sonhaji mengatakan renovasi gedung Hi-Tech Mall baru bisa dilakukan saat kontraknya sudah habis. Sebab, Hi-Tech Mall sekarang masih dalam masa kontrak dengan pihak ketiga. 

"Itu baru habis tahun 2019, nah itu setelah kontrak habis penanganan kembali ke pemkot kami mulai mengerjakan proyeknya," ujarnya, Jumat (2/3) kepada IDN Times.

2. Akan dibuat sistem zonasi

Hi-Tech Mall Surabaya Akan Digabung dengan Gedung KesenianIDN Times/Ardiansyah Fajar

Agus menambahkan, nantinya meski Hi-Tech Mall diproyeksikan menjadi gedung kesenian, pihak pemkot tidak ingin identitas pusat elektroniknya hilang. Solusinya, pemkot akan menerapkan sistem zonasi. "Sekarang itu kan makin sepi, jadi ada stan yang masih kosong di atas bisa dibuat pedagang lalu bagian bawah dan tengah bisa dipakai kesenian. Nanti bisa di zonasi kalau seperti itu, jadi pedagang tidak perlu resah. Sayang kalau dihilangkan pusat elektroniknya," terang Agus.

3. Diproyeksikan juga jadi pusat elektronik terbesar

Hi-Tech Mall Surabaya Akan Digabung dengan Gedung Kesenianlifewire.com

Lebih lanjut, Agus juga menginginkan agar Hi-Tech Mall dan gedung kesenian bisa saling mengisi. Setelah dikombinasi, ia berharap mall tersebut juga menjadi pusat elektronik terbesar. "Hi-Tech Mall dulu pernah jadi terbesar se-Asia. Bisa diwujudkan lagi karena yang Glodok Jakarta itu mulai tutup. Kalau diberi gedung kesenian pengunjung bisa belanja sekaligus menikmati hiburan."

 

Baca juga: Eksistensi Teater Koma di Kisah Sie Jin Kwie

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya