Peran Jokowi di Mata Ganjar: Sama Kayak Megawati

Jokowi dan Ganjar diskusi rancangan pembangunan selanjutnya

Jakarta, IDN Times - Bakal Calon Presiden dari PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo, menyebut Presiden "Jokowi" Joko Widodo sebagai mentor dan sosok yang membuka banyak akses kepadanya. Ganjar kerap berdiskusi dengan Jokowi bagaimana pembangunan Indonesia yang sudah dilakukan dalam 10 tahun terakhir dan harus dilanjutkan di pemerintahan berikutnya.

Bagi Ganjar, posisi Jokowi sebagai mentor itu sama seperti Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Selama ini, Ganjar mengaku sering berkonsultasi dengan Megawati terkait ideologi partai. Tapi, dengan Jokowi, Ganjar kerap membahas masalah pemerintahan dan tata kelola negara.

"Sama lah ketika saya menghadap Ibu Mega, bertanya begitu, dari sisi partai seperti apa. Jadi, ini klop sebenarnya. Misi yang dibawa, mesti dieksekusi sampai kemudian pada hasil akhir yang menyejahterakan rakyat," ujarnya dalam siaran tertulis, Minggu (28/5/2023).

1. Ganjar sampaikan visinya dalam pengembangan pembangunan

Peran Jokowi di Mata Ganjar: Sama Kayak MegawatiGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Lewat beberapa kunjungan ke berbagai wilayah di Sulawesi, Sumatra, termasuk Banten, sejak kemarin hingga hari ini (28/5/2023), Ganjar memang sering menyampaikan soal visinya dalam mengembangkan pembangunan yang sudah dimulai Jokowi. Ganjar mengaku banyak berdiskusi dengan Jokowi soal itu.

Menurut Ganjar, Jokowi memberikan semacam desain besar pembangunan yang sudah ada, dan peta jalan menuju tujuan. Dalam diskusi itu, keduanya menyadari ada beberapa yang pencapaiannya sulit tercapai.

"Maka, tugas saya tentu harus membereskannya. Pak Jokowi memberikan sederet petunjuk. Dalam banyak hal, saya selalu berkonsultasi dengan Pak Jokowi, selalu," ujar Ganjar.

Baca Juga: Relawan Jokowi di Jateng dan Jatim Siap Dukung Capres Pilihan Jokowi

2. Ganjar sering tanya ke Jokowi

Peran Jokowi di Mata Ganjar: Sama Kayak MegawatiPresiden Jokowi bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (dok. Sekretariat Presiden)

Ganjar banyak melontarkan pertanyaan ke Jokowi saat bertemu langsung, atau disampaikan lewat putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Sebab, ada beberapa isu yang masih dipertanyakan Ganjar selama masa pemerintahan Jokowi.

"Saya juga sempat ngobrol berdua dengan beliau. Banyak hal yang disampaikan, tentang pembangunan, kenapa beliau keukeuh, keras sekali soal hilirisasi. Maka, tugas saya adalah menuntaskan sampai pada konsep industrialisasi, sehingga hilirisasi tidak akan berhenti di tengah jalan, tapi dituntaskan," kata Ganjar.

Baca Juga: PPP soal Cawapres Ganjar: Bukan yang Masih Belajar dan Coba-coba

3. Infrastruktur tidak berhenti pada hasil

Peran Jokowi di Mata Ganjar: Sama Kayak MegawatiGubernur Jateng, Ganjar Pranowo (tengah). (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Ganjar juga memaparkan kalau Jokowi sering membicarakan infrastruktur yang dibangun selama masa pemerintahannya. Ganjar paham apa yang dimaksud Jokowi, yakni tugasnya untuk menambah atau memanfaatkan secara fungsional.

"Kami menghitung infrastruktur itu, tidak hanya berhenti pada hasil yang kemudian jadi jalan, jembatan, pelabuhan, tidak. Tapi, nilai yang ada di dalamnya apa saja dan berapa? Kemudian, apakah itu masuk dalam satu sistem jaringan sampai pada pusat-pusat industri, pertumbuhan ekonomi di level provinsi, kabupaten/kota, dan banyak sektor. Itu beliau ceritakan," ujar Ganjar.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya