Viral Video Dramatis Petugas Damkar Selamatkan Bayi dari Ibu ODGJ

Sang ibu sempat lempar piring dan gelas

Jakarta, IDN Times - Viral video yang memperlihatkan detik-detik petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Sektor Kemayoran mengevakuasi seorang bayi berusia delapan bulan, di Jalan Sukamulya VII No.127, RT 005, RW 01, Kelurahan Harapan Mulya, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Bayi yang berusia delapan bulan tersebut diduga terancam, karena tinggal bersama ibunya yang diduga Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ).

"Ibu bayi tersebut diduga mengamuk dan melempar barang yang ada di rumah. Ibu tadi mengamuk lantaran tak mau minum obat," tulis caption dalam akun resmi @damkarkemayoran, Selasa (13/5/2023).

1. Warga khawatir dengan keselamatan bayi

Viral Video Dramatis Petugas Damkar Selamatkan Bayi dari Ibu ODGJPetugas Penyelamat Sektor Kemayoran mengevakuasi seorang bayi berusia delapan bulan di Kemayoran dari ibunya yang diduga ODGJ. (instagram.com/humasjakfire)

Peristiwa tersebut terjadi pada Rabu, 7 Juni 2023. Saat itu, warga bersama petugas Satpol PP dan PPSU sempat berusaha menyelamatkan sang bayi, namun tidak berhasil karena dilempari gelas dan piring oleh perempuan itu. 

"Warga yang khawatir dengan keselamatan bayi tersebut, menghubungi petugas penyelamat Sektor Kemayoran untuk melakukan evakuasi," tulis narasi video tersebut.

Baca Juga: Aksi Damkar Jaktim Evakuasi Anjing yang Terjepit di Kap Mobil

2. Damkar kerahkan tujuh personel

Viral Video Dramatis Petugas Damkar Selamatkan Bayi dari Ibu ODGJPetugas Penyelamat Sektor Kemayoran mengevakuasi seorang bayi berusia delapan bulan di Kemayoran dari ibunya yang diduga ODGJ. (instagram.com/humasjakfire)

Damkar mengerahkan tujuh personel menuju lokasi untuk menyelamatkan sang bayi pada pukul 23.40 WIB. Ketika mengevakuasi, akses menuju kamar ibu dan bayi tersebut sempat mengalami hambatan. Berbagai barang berserakan dan menghalangi jalan masuk petugas.

"Setelah berhasil masuk ke rumah tersebut, pukul 00.15 WIB, petugas berhasil mengevakuasi bayi dan ibunya," imbuh narasi video tersebut.

Kemudian, petugas penyelamat Sektor Kemayoran berkolaborasi dengan petugas lainnya dari instansi terkait, mengevakuasi sang bayi dibawa ke Suku Dinas Sosial Kota Adm. Jakarta Pusat, untuk diberikan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: Viral! Petugas Persulit Mobil Damkar Kota Bekasi Masuk Tol Jatiwarna

3. Tuai beragam komentar positif netizen

Viral Video Dramatis Petugas Damkar Selamatkan Bayi dari Ibu ODGJIlustrasi media sosial. IDN Times/Paulus Risang

Video tersebut pun menuai beragam komentar dari warganet, yang umumnya memuji aksi petugas Damkar bak pahlawan.

"Seragam Lapangan Damkar yang baru mirip Power Ranger. Sehat terus untuk keluarga semua yang terlibat," ujar seorang warganet.

"Emang paling bener kalau ada apa-apa panggil Damkar," timpal warganet lainnya.

"Alhamdulillah bayi masih bisa terselamatkan, lama-lama masyarakat jadi respect ke Damkar daripada polisi kerjanya pemadam sat set," imbuh warganet lain.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya