Eks Ketua KPK Agus Rahardjo Jadi Bacaleg DPD dari Jawa Timur

Agus Rahardjo adalah Ketua KPK 2015-2019

Jakarta, IDN Times - Mantan Wakil Ketua KPK Agus Rahardjo akan maju sebagai bakal calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Provinsi Jawa Timur dalam Pemilu 2024. Ia mengaku ingin berkontribusi memajukan bangsa.

"Betul saya nyalon DPD-RI dari Jawa Timur di Pemilu 2024," ujarnya kepada wartawan, Jumat (19/5/2023).

1. Agus ingin berkontribusi lewat DPD RI

Eks Ketua KPK Agus Rahardjo Jadi Bacaleg DPD dari Jawa TimurANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Agus mengatakan bahwa Indonesia saat ini masih memiliki banyak kelemahan, khususnya pada bidang antikorupsi dan pemerintahan. Oleh karena itu, ia ingin memajukan bangsa lewat DPD.

"Siapapun orang Indonesia, wajib berkontribusi untuk mewujudkan  memajukan dan menyejahterakan RI. Saya memilih berkontribusi lewat DPD RI," ujarnya.

Baca Juga: Rawan Pelanggaran, Bawaslu Lakukan Pengawasan Melekat Verifikasi Bacaleg

2. Agus Rahardjo ditawari gabung sejumlah Parpol

Eks Ketua KPK Agus Rahardjo Jadi Bacaleg DPD dari Jawa TimurANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Agus bercerita sebetulnya ada sejumlah partai yang menawarinya untuk bergabung menjadi kader. Namun, ia menolakmya karena enggan menjilat ludah sendiri.

"Aku dulu ceramah di partai. Pesan saya salah satunya, selalu, pengkaderan partai harus dijaga dan dibina dengan baik. Kader partai yg potensial (dedikasi, performance, dan integritas bagus), jangan disalip oleh orang kaya, artis atau mantan pejabat," ujarnya.

"Lah kalau saya maju kan seperti jilat ludah saya sendiri," ujarnya.

3. Agus Rahardjo adalah Ketua KPK 2015-2019

Eks Ketua KPK Agus Rahardjo Jadi Bacaleg DPD dari Jawa Timur(Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo) ANTARA FOTO/Putra Haryo Kurniawan

Agus Rahardjo adalah ketua KPK terpilih yang diangkat oleh Komisi III DPR RI pada 2015 lalu. Ia jadi suksesor Abraham Samad, yang sebelumnya menjabat posisi serupa pada 2011-2015. Pengangkatan Agus didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 133/P/2015 tentang Pengangkatan Pimpinan KPK masa bakti 2015-2019.

Ia mengawali karier sebagai PNS Bappenas pada usia 28 tahun. Lalu, ia pernah duduk di berbagai posisi mulai dari direktur pendidikan, direktur sistem dan prosedur pendanaan, hingga ke Lembaga Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Setelah tidak menjabat di KPK, Agus sempat menjadi Penasihat Kapolri pada 2020.

Baca Juga: Pileg 2024 Bertabur Bintang, Ini Deretan Artis yang Maju Jadi Caleg

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya