Mahasiswa Duel Lawan Begal di Bekasi Dapat Penghargaan dari Polisi

Gilang dapat sertifikat dan uang saku

Bekasi, IDN Times - Polsek Bantargebang memberikan penghargaan kepada mahasiswa bernama M Gilang Ramadhan, yang duel dengan komplotan begal di Jalan Mandor Demong, Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, Jumat, 10 November 2023.

Kapolsek Bantargebang AKP Ririn Sri Damayanti mengatakan, penyerahan penghargaan kepada remaja 19 tahun itu diberikan saat apel di Polsek Bantargebang, Kamis (16/11/2023). 

"Saya memanggil Gilang sebagai masyarakat saya yang luar biasa, saya memberikan penghargaan kepada Gilang, makanya saya panggil ke Polsek, kita acarakan di pas apel pagi," kata Ririn kepada wartawan. 

Baca Juga: Mahasiswa di Bekasi Dibegal, Korban Sempat Duel dengan Pelaku

1. Gilang diminta menceritakan ke seluruh anggota Polsek

Mahasiswa Duel Lawan Begal di Bekasi Dapat Penghargaan dari PolisiKapolsek Bantargebang AKP Ririn Sri Damayanti. (IDN Times/Imam Faishal)

Saat apel berlangsung, kata Ririn, Gilang diminta menceritakan aksi heroiknya melawan komplotan begal di hadapan seluruh anggota Polsek Bantargebang. 

"Di situ dihadiri seluruh perwira dan bintara. Di situ saya suruh Gilang untuk menceritakan bagaimana dia bisa seperti itu," jelasnya. 

Ririn menjelaskan, tujuan memberikan penghargaan yakni untuk mengapresiasi kepada Gilang yang membantu polisi menangkap begal. 

2. Gilang mendapat sertifikat dan uang saku

Mahasiswa Duel Lawan Begal di Bekasi Dapat Penghargaan dari PolisiKorban begal di Bekasi, Gilang Ramadhan. (IDN Times/Imam Faishal)

Ririn mengatakan, penghargaan diberikan kepada Gilang berupa sertifikat piagam dan uang saku. 

"Penghargaan berupa selembar kertas sertifikat piagam, uang saku dan ucapan terima kasih kami," jelasnya.

Meski begitu, Ririn mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan apa yang dilakukan Gilang untuk melawan pelaku begal yang membawa senjata tajam. 

"Kami juga tidak menganjurkan seperti itu, karena situasi kan bisa melihat di lapangan seperti apa, mungkin Gilang merasa dia mampu dan dekat dengan warga yang bisa menolonginya. Intinya kami tidak menganjurkan seperti itu," ungkap Ririn. 

Baca Juga: Polisi Tangkap Dua Pelaku Begal yang Duel dengan Mahasiswa di Bekasi

3. Mahasiswa duel dengan komplotan begal

Mahasiswa Duel Lawan Begal di Bekasi Dapat Penghargaan dari PolisiGilang menunjukkan luka di lengan dan telapak tangannya. (IDN Times/Imam Faishal)

Sebelumnya, seorang mahasiswa yang menjadi korban begal, Gilang Ramadhan dibegal sekitar pukul 02.00 WIB. Saat itu ia sedang mengantarkan temannya bernama Fathan melewati lokasi kejadian. 

Gilang berduel dengan komplotan begal untuk mempertahankan kendaraan milik pamannya yang ia pinjam. Saat itu, Gilang harus menghadapi komplotan begal dengan tangan kosong. Sementara para begal membawa dua senjata tajam jenis celurit. 

Saat salah satu begal mengayunkan celurit, Gilang berhasil menangkapnya menggunakan tangan kosong dan berhasil merampas celurit itu. 

Satu pelaku berhasil ditangkap Gilang, sementara yang lainnya berhasil melarikan diri beserta motor milik paman Gilang. 

"Nah, yang pelaku yang ketangkep sama saya, dia niatnya mau nolongin temennya, terus dia turun bawa celurit duellah sama saya, dan saya alhamdulillahnya bisa ngambil (celurit)," kata Gilang kepada wartawan, Senin, 13 November 2023. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya