Polri: 13 Terduga Teroris Riau Jaringan Jemaah Islamiyah

Sebanyak 13 terduga teroris Riau ditangkap Densus 88

Jakarta, IDN Times - Polri menyatakan 13 terduga teroris yang ditangkap Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror di Riau merupakan jaringan Jemaah Islamiyah (JI). Namun, kepolisian belum menjelaskan detail keterlibatan 13 teroris tersebut dalam aksi bom Makassar.

“Jaringan teroris JI,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi, Selasa (15/6/2021).

Baca Juga: AS Imbau Warganya Tidak ke Indonesia karena COVID-19 dan Teroris

1. Densus tangkap 13 terduga teroris di Riau

Polri: 13 Terduga Teroris Riau Jaringan Jemaah IslamiyahIlustrasi Densus 88. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Sebagai informasi, Densus 88 Antiteror Polri kembali menangkap 13 terduga teroris di Riau. Penangkapan tersebut merupakan hasil pengembangan kasus bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar pada Maret lalu.

"Jumlah 13 orang di wilayah Provinsi Riau," ujar Ramadhan saat dihubungi, Senin, 14 Juni 2021.

2. Densus 88 telah menangkap 11 terduga teroris di Merauke

Polri: 13 Terduga Teroris Riau Jaringan Jemaah IslamiyahIlustrasi ISIS, Teroris (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, Densus 88 juga telah menangkap 11 terduga teroris jaringan Jemaah Ansharut Daulah (JAD) di Merauke, Papua. Mereka terlibat dalam aksi bom bunuh diri di Makassar.

“Beberapa barang bukti yang ditemukan ada senjata api, panah, kemudian juga ada beberapa cairan yang masih dalam pendalaman yang kita temukan di sana,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Argo Yuwono di Mabes Polri, Senin, 31 Mei 2021.

Dari temuan tersebut, penyidik Densus 88 langsung melakukan pemeriksaan terhadap cairan yang ditemukan tersebut. Sebab, belasan teroris ini diduga akan melakukan pengeboman di beberapa titik di Merauke.

“Masih kita dalami apakah cairan itu, apa isinya, cairan maupun ada beberapa peralatan lain bahan kimia yang ada di sana yang ditemukan,” ujar Argo.

3. Para terduga teroris merencanakan aksi teror di gereja hingga Satlantas Merauke

Polri: 13 Terduga Teroris Riau Jaringan Jemaah IslamiyahKedatangan 23 teroris di Bandara Soekarno-Hatta (IDN Times/Maya Aulia)

Argo mengatakan, 11 terduga teroris ini tergabung dalam telegram yang mengandung unsur radikal. Mereka juga telah melakukan sumpah setia atau baiat kepada ISIS.

“Yang bersangkutan itu merencanakan aksi teror di gereja, Polres, dan Satlantas Merauke. Sasarannya itu, melakukan aksi teror,” kata Argo.

Dari penangkapan tersebut, Densus 88 terus melakukan pengembangan kasus dan terus memburu teroris yang terlibat aksi bom bunuh diri di Gereja Katedral, Makassar.

“Tentunya dengan adanya hal tersebut dari penyidik Densus 88 saat ini sedang intensif memeriksa. Tentunya memeriksa itu tidak sekaligus selesai, tentunya masih ada teknis dan taktik dari Densus biar yang bersangkutan memberikan keterangan yang terus terang,” kata Argo.

Baca Juga: Densus 88 Tangkap 13 Terduga Teroris di Riau

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya