Yenny Wahid Bertemu Prabowo, PKB: Hanya Pendukung Bukan Kontestan

PKB singgung usaha penggembosan suara NU untuk Cak Imin

Jakarta, IDN Times - Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Yenny Wahid menemui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Rabu (6/9/2023). Merapatnya Yenny ke kubu Prabowo pun dinilai pengamat sebagai pemecah suara Nahdlatul Ulama (NU) untuk Cawapres Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Namun, Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan, pertemuan antara Prabowo dan Yenny bukan hal yang perlu ditakuti. Sebab, Yenny hanya seorang pendukung.

“Kalau Gus Imin kan langsung jadi kontestannya dalam perhelatan Pilpres ini. Kan kalau hanya menjadi follower, pendukung tidak membuat kebijakan, nanti publik akan bisa membedakan mana yang masuk kontestan mana yang pendukung saja,” kata Cucun di DPP PKB, Jakarta Pusat, Kamis (7/9/2023).

Baca Juga: Yenny Wahid Doakan Prabowo Subianto Jadi Presiden RI

1. PKB singgung usaha penggembosan suara NU untuk Cak Imin

Yenny Wahid Bertemu Prabowo, PKB: Hanya Pendukung Bukan KontestanYenny Wahid (IDN Times/Aryodamar)

Bagi Cucun, permasalahannya ada pada bagaimana cara meyakinkan masyarakat NU untuk menitipkan aspirasinya.

“Siapapun boleh melakukan strategi, menggembosi atau apa tapi nanti siapa yang bisa meyakinkan ke publik, bisa meyakinkan ke rakyat bahwa siapa yang menjadi representasi kami,” ujar Cucun.

“Misalkan dari keluarga besar yang dilahirkan sejak kecil ada di lingkungan kaum Nahdiyin bisa menentukan rakyat juga siapa yang bisa dipercaya, dititipkan aspirasinya itu. Kan bukan sebatas follower,” imbuhnya.

Baca Juga: Yenny Wahid Ingin Cawapres Prabowo Wakili Anak Muda, Siapa Dia?

2. Yenny Wahid membawa harapan sosok cawapres saat bertemu Prabowo

Yenny Wahid Bertemu Prabowo, PKB: Hanya Pendukung Bukan KontestanYenny Wahid menemui Prabowo Subianto (IDN Times/Aryodamar)

Dalam pertemuan dengan Prabowo, Yenny Wahid berharap Ketum Gerindra itu tidak mendapatkan tekanan dalam menentukan bakal calon wakil presiden yang mendampinginya.

Namun, ia berpendapat agar bakal calon wakil presiden Prabowo adalah sosok yang mewakili anak muda.

"Karena kita butuh itu, anak-anak muda terwakili suaranya," ujar Yenny.

Baca Juga: Prabowo: Sebelum Ada ASEAN, Kawasan Asia Tenggara Penuh Ketegangan

3. Prabowo mempertimbangkan Yenny sebagai cawapresnya

Yenny Wahid Bertemu Prabowo, PKB: Hanya Pendukung Bukan KontestanYenny Wahid, Sinta Wahid, Prabowo Subianto (IDN Times/Aryodamar)

Sementara itu, Prabowo Subianto, tidak menjawab ketika ditanya apakah Yenny Wahid, masuk daftar bakal calon wakil presiden yang mendampinginya dalam pilpres 2024.

Prabowo akan bermusyarah lebih dulu dengan anggota Koalisi Indonesia Maju yang berisi Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) sebelum menentukan siapa tokoh yang akan mendampinginya.  

"Adat kita, budaya kita adalah musyawarah. Jadi sama pentingnya dengan kawan-kawan dari tim saya dan kita akan terus musyawarah, kita akan cari yang terbaik dalam kondisi tertentu," ujar Prabowo di Jakarta Selatan, Rabu (6/9/2023).

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya