Comscore Tracker

Banjir di Kalimantan Selatan, Lebih Dari 20 Ribu Orang Terdampak

Banjir Kalimantan Selatan merendam 6.346 unit rumah warga

Jakarta, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyebutkan 21.990 jiwa terdampak dari bencana banjir di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan hingga Jumat (15/1/2021).

Banjir terjadi imbas hujan dengan intensitas tinggi yang menyebabkan air sungai di Kecamatan Pelaihari meluap pada Minggu (3/1/2021) kisaran pukul 10.30 WITA.

Data tersebut dihimpun oleh Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana per 15 Januari 2021 pukul 11.40 WIB.

1. Tinggi permukaan air mencapai 200 cm

Banjir di Kalimantan Selatan, Lebih Dari 20 Ribu Orang TerdampakIlustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Laut melaporkan ketinggian permukaan air di lokasi hingga saat ini mencapai hingga 200 sentimeter. Tepatnya kisaran 150-200 sentimeter.

"Dari ketinggian tersebut, air merendam 6.346 unit rumah," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam keterangan tertulis pada Jumat (15/1/2021).

BPBD masih terus melakukan pendataan lima titik pengungsian bagi masyarakat.

Baca Juga: Menjelang Puncak Musim Hujan, BNPB: Waspadai Bencana Hidrometeorologi

2. BPBD data keperluan masyarakat selama bencana

Banjir di Kalimantan Selatan, Lebih Dari 20 Ribu Orang TerdampakEvakuasi warga terdampak banjir di Kalimantan Selatan pada Jumat (15/1/2021) (Dok. BNPB)

Berdasarkan informasi dari BPBD Kabupaten Tanah Laut, akses jalan dari Palaihari ke Banjarmasin terputus imbas banjir yang menggenang. Hingga saat ini, tim gabungan terus bergotong rooyng menangani bencana.

BPBD Kabupaten Tanah Laut mendata kebutuhan mendesak masyarakat yang terdampak. Mulai dari sandang, pangan, terpal, matras, selimut hingga peralatan dasar kebencanaan.

3. BMKG sebut Kalimantan Selatan berpotensi alami hujan ringan dan sedang

Banjir di Kalimantan Selatan, Lebih Dari 20 Ribu Orang TerdampakIlustrasi Hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan hasil pantauannya di wilayah Kalimantan Selatan. Disebutkan BMKG, Kalimantan Selatan berpotensi alami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Oleh sebab itu, BNPB memberi imbauan pada masyarakat untuk tetap waspada dan siaga. Tidak hanya hari ini, namun sepanjang musim hujan yang diperkirakan akan berlangsung hingga Februari 2021 mendatang.

Baca Juga: Curah Hujan Tinggi, Banjir di Kalsel Makin Parah

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya