Begini 'Merahnya' Bulan Saat Gerhana Dinihari Tadi

Indah sekali, ya!

Jakarta, IDN Times - Gerhana bulan kembali terjadi pada Sabtu (27/7) dinihari. Tak seperti gerhana-gerhana sebelumnya, gerhana dinihari tadi sangat spesial. Sebab ini adalah gerhana terlama sepanjang abad ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gerhana dimulai pada pukul 00.13 WIB dan baru berakhir pada 04.13 WIB.

Selama empat jam tersebut bulan berwarna kemerahan. Hal ini karena bulan sepenuhnya berada dalam bayangan bumi. Fenomena alam ini dikenal sebagai

blood moon.

Seperti apa penampakan bulan saat gerhana dinihari hingga subuh tadi? Berikut foto-fotonya:

1. Detik-detik terjadinya gerhana bulan

Begini 'Merahnya' Bulan Saat Gerhana Dinihari TadiAntara Foto/Aprilio Akbar

Foto kombo fase Gerhana Bulan Total atau "Blood Moon" terlihat dari kawasan Pasar Baru, Jakarta, Sabtu (28/7) dini hari. Gerhana Bulan tersebut merupakan yang terlama pada abad ini dengan durasi sepanjang 103 menit dan seluruh proses gerhana sekitar 6,5 jam. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc/18.

Baca Juga: Mengapa Gerhana Nanti Malam Akan Jadi yang Terlama? Ini Penjelasannya

2. Bulan mulai berwarna merah

Begini 'Merahnya' Bulan Saat Gerhana Dinihari TadiAntara Foto/Aprilio Akbar

Foto kombo fase Gerhana Bulan Total atau "Blood Moon" terlihat dari kawasan Pasar Baru, Jakarta, Sabtu (28/7) dini hari. Gerhana Bulan tersebut merupakan yang terlama pada abad ini dengan durasi sepanjang 103 menit dan seluruh proses gerhana sekitar 4 jam.

3. Bulan kini sepenuhnya berwarna kemerahan

Begini 'Merahnya' Bulan Saat Gerhana Dinihari TadiAntara Foto/Aprilio Akbar

Gerhana bulan total atau "Blood Moon" terlihat dari kawasan Pasar Baru, Jakarta, Sabtu (28/7) dini hari. Gerhana Bulan tersebut merupakan yang terlama pada abad ini.

Baca Juga: 6 Fakta Gerhana Bulan Total Terlama yang Akan Tampak Pada 28 Juli 2018

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya