Demokrat Minta Tak Benturkan Anas-SBY, Tanya ke Abraham Samad

Demokrat tak mau tanggapi bebasnya Anas Urbaningrum

Jakarta, IDN Times -- Partai Demokrat enggan menanggapi Anas Urbaningrum yang disebut-sebut punya skenario besar terkait partai politik di bawah kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menilai tidak tepat mengkaitkan Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dengan Anas Urbaningrum. Dia menilai tidak ada permasalahan antara SBY dan Anas, atau Partai Demokrat dan Anas. 

"Seharusnya, Anas bertanya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menghukumnya kala itu," kata Herzaky di Jakarta, Rabu (12/4/2023). 

1. Demokrat sebut masalah Anas dengan Abraham Samad

Demokrat Minta Tak Benturkan Anas-SBY, Tanya ke Abraham SamadMantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum (IDN Times/Santi Dewi)

Herzaky mengatakan, masalah Anas sebenarnya dengan eks Ketua KPK Abraham Samad, eks Wakil Ketua KPK Bambang Widjajanto, dan Penyidik KPK Novel Baswedan. 

"Pertama tidak tepat sebenarnya kalau mengkaitkan atau membenturkan Mas Anas dengan Mas AHY atau dengan Demokrat, enggak ada hubungan. Kedua mengkaitkan dengan Pak SBY, enggak tepat itu, karena yang menghukum beliau itu KPK. Jadi enggak tepat ditanyakan ke Demokrat. Tanyakan lebih tepat ke Abraham samad, Bang BW, Novel," kata Herzaky.

Baca Juga: Anas Dinilai Akan Sampaikan Unek-Unek dan Berdamai dengan SBY

2. Partai Demokrat justru rugi dengan kasus Anas

Demokrat Minta Tak Benturkan Anas-SBY, Tanya ke Abraham SamadWidodo S. Jusuf/ANTARA FOTO

Herzaky juga menegaskan, dengan kasus Anas, Partai Demokrat pun mengalami kerugian selama dua kali Pemilu. Sehingga menurutnya tidak tepat jika skenario Anas dikaitkan dengan Partai Demokrat maupun SBY.

"Kami kan sudah melewati masa itu, itu sudah terjadi. Intinya kalau bicara Mas Anas tidak ada kaitan dengan AHY, dengan SBY, dengan Demokrat. Jadi janganlah dibentur-benturkan," ujarnya.

"Karena yang kami tahu yang ada permasalahan itu dengan KPK. Kami jelas dengan kasus yang terjadi dulu itu sangat dirugikan. Jadi tidak mungkin kami menjadi otak dari yang begitu," imbuh dia.

3. Anas singgung ada ‘skenario’ menyebabkan dirinya di penjara

Demokrat Minta Tak Benturkan Anas-SBY, Tanya ke Abraham SamadAnas Urbaningrum (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Sebelumnya, Anas Urbaningrum bebas dari penjara setelah menjalani masa hukuman selama lebih dari 9 tahun di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Kota Bandung. 

Anas menyampaikan kondisinya baik karena  doa keluarga, kolega hingga simpatisan yang terus memberikan dukungan.

"Saya ingin meminta maaf. Maaf kalau ada yang berpikir saya di tempat ini mati membusuk, kalau ada yang berpikir saya menjadi bangkai fisik dan sosial, saya minta maaf itu alhamdulillah tidak terjadi," kata Anas pasca bebas dari jeruji besi, Selasa (11/4/2023)

"Saya mohon maaf kalau ada yang berpikir saya lama disini, kalau ada yang berpikir dengan waktu (masa tahanan) yang lama itu bisa memisahkan saya dengan sahabat seperjuangan, (pikiran) itu seperti tidur di siang bolong," lanjutnya.

Setelahnya Anas menyampaikan bahwa ada skenario besar hingga dirinya harus menjalani hukuman penjara. Namun dia tak menjelaskan lebih lanjut apa maksud skenario besar tersebut. 

Baca Juga: Eks Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum Bebas dari Penjara Hari Ini

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya