Demokrat Usai PKS Dukung Anies: Setop Framing Koalisi Perubahan

Partai Demokrat akui siap deklarasi Koalisi Perubahan

Jakarta, IDN Times — Partai Demokrat memberikan apresiasi kepada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang telah mendeklarasikan dukungannya kepada Anies Baswesan sebagai bakal capres 2024.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengatakan, menghormati proses dan mekanisme di masing-masing parpol dalam mitra Koalisi Perubahan.

“Pertama, kami mengapresiasi langkah teman-teman PKS ini, dan menghormati proses dan mekanisme di internal masing-masing parpol mitra koalisi perubahan,” kata Herzaky dalam keterangan tertulis, Jumat (24/2/2023).

Baca Juga: Tiba di Markas Demokrat, Surya Paloh Dipayungi AHY

1. Demokrat tunggu deklarasi

Demokrat Usai PKS Dukung Anies: Setop Framing Koalisi PerubahanAnies Baswedan datangi kantor DPP Demokrat pada Jumat (7/10/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Bagi Partai Demokrat, kata Herzaky, tahap selanjutnya di tahun politik ini adalah deklarasi Koalisi Perubahan bersama-sama oleh tiga partai politik.

“Tentunya ini didahului oleh penandatanganan kesepahaman oleh ketiga ketua umum parpol anggota Koalisi Perubahan, mengenai komitmen bersama memperjuangkan perubahan dan perbaikan,” kata dia.

Partai Demokrat juga menyatakan dirinya telah siap untuk maju dalam Koalisi Perubahan bersama NasDem dan PKS.

“Untuk Deklarasi Bersama tiga parpol Koalisi Perubahan, Demokrat sudah siap. Tinggal menunggu kesepakatan bersama ketiga parpol mengenai timing yang tepat,” ucapnya.

2. Demokrat tegaskan dukung Anies

Demokrat Usai PKS Dukung Anies: Setop Framing Koalisi PerubahanKetua Umum Partai NasDem Surya Paloh deklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres 2024 (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Herzaky juga mengatakan, pihaknya secara tegas telah memberikan dukungan pada Anies. Hal itu sudah disampaikan oleh Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Januari lalu.

“Apalagi terkait urusan bakal cawapres, sudah final. Seperti yang disampaikan oleh Ketum kami, Mas AHY, dipercayakan sepenuhnya kepada bacapres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, untuk menentukannya,” tutur dia.

3. Demokrat minta framing Koalisi Perubahan belum siap hadapi Pemilu 2024 dihentikan

Demokrat Usai PKS Dukung Anies: Setop Framing Koalisi PerubahanKetum NasDem Surya Paloh merangkul Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (IDN Times/Melani Putri)

Herzaky kemudian meminta setiap pihak untuk menghentikan framing yang menyebut Koalisi Perubahan belum siap menghadapi Pemilu 2024.

“Tiga parpol berada dalam posisi setara. Saling menghormati. Lalu, setiap keputusan diambil berdasarkan konsensus bersama,” kata Herzaky.

“Jadi, tolong stop semua, disudahilah upaya-upaya framing atau membuat berita bohong deklarasi Koalisi Perubahan belum bisa dilakukan karena Demokrat belum deklarasi, Demokrat belum selesaikan mekanisme internal, ataupun Demokrat masih memaksakan cawapres tertentu. Itu hanya permainan propaganda yang mau menyudutkan Demokrat, dan berupaya memecah belah Koalisi Perubahan,” pungkasnya.

Baca Juga: Kenang Semasa di DKI, Anies: Bersama PKS Tentram, Penuh Toleransi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya