Jokowi Disebut Bertemu Sandiaga Uno Sebelum Putuskan Siap Cawe-cawe 

Jokowi bertemu Sandiaga sebelum sikap cawe-cawe

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo disebut-sebut bertemu dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno sebelum menyatakan sikapnya 'siap cawe-cawe' demi kepentingan Indonesia. 

Hal itu disampaikan oleh co-Founder Total Politik, Arie Putra, saat pertemuan antarjurnalis dan konten kreator bersama Jokowi pada Senin (29/5/2023).

Setelah pertemuan dengan para pemimpin redaksi (pemred) dari media massa itu, Jokowi lalu mengeluarkan pernyataan 'siap cawe-cawe' demi kepentingan negara. 

Baca Juga: Panas Dingin Hubungan Jokowi Surya Paloh hingga Tak Undang Cawe-cawe

1. Sandiaga Uno bertemu Jokowi

Jokowi Disebut Bertemu Sandiaga Uno Sebelum Putuskan Siap Cawe-cawe Sandiaga Uno (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

Menurut penuturan Arie, Sandiaga terlihat keluar dari ruangan Jokowi sekitar pukul 04.15 WIB. Sandiaga kemudian bertemu jurnalis yang ada di ruang tunggu.

"Kemungkinan ketemu Presiden lah kalau di Istana. Kalau ketemu menteri kan bisa saja di kantor menterinya," ujar Arie. 

Baca Juga: Istana Jelaskan soal Jokowi Cawe-cawe demi Kepentingan Bangsa

2. Sandiaga sebut mau numpang salat

Jokowi Disebut Bertemu Sandiaga Uno Sebelum Putuskan Siap Cawe-cawe Twitter/@sandiuno

Kepada awak media di ruang tunggu itu, Sandiaga mengaku mau menumpang salat. Dia juga sempat mengobrol singkat dengan beberapa pemred media massa. 

"Masuk tuh, Mas Sandi, ngomongnya mau numpang salat. Ngobrol-ngobrol lagi, terus kami (media) disuruh masuk ke dalam (ruangan Jokowi) dan bertemu protokolnya," ujar Arie. 

Baca Juga: Jokowi Cawe-Cawe di 2024, Gerindra: Itu Hak Politik!

3. Jokowi gelar pertemuan dengan pemred dan bahas cawe-cawe

Jokowi Disebut Bertemu Sandiaga Uno Sebelum Putuskan Siap Cawe-cawe Presiden Jokowi bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (dok. Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Pemred TvOne, Karni Ilyas, menyampaikan, dalam pertemuan itu Jokowi menegaskan tentang cawe-cawe politiknya tidak melanggar undang-undang.

"Ya, dia (Jokowi) bilang cawe-cawe gak melanggar undang-undang," ujar Karni Ilyas di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Diketahui, Jokowi dianggap cawe-cawe dengan enam ketua umum parpol di Istana Kepresidenan Jakarta pada 2 Mei 2023.

Kala itu, Jokowi bertemu dengan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri; Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto; Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto; Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar; Ketua Umum, PAN Zulkifli Hasan; dan Plt Ketua Umum PPP, Mardiono.

Di depan para pemimpin redaksi dan konten kreator, Jokowi juga menyampaikan cawe-cawe politiknya bertujuan untuk negara, bukan urusan pribadi.

"Gak melanggar undang-undang dia bilang, jadi cawe-cawe itu demi negara, bukan pribadi," ucap dia.

 

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Cawe-Cawe Politik Jokowi Dianggap Berpotensi Ditiru Pejabat Daerah

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya