Jokowi: Ternyata Strategi PAN 2024 Dekati Ganjar Pranowo

Jokowi hadir di Rakornas PAN di Semarang

Jakarta, IDN Times — Presiden Joko “Jokowi” Widodo menduga Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PAN yang diselenggarakan di Semarang, Jawa Tengah, adalah salah satu strategi untuk mendekati Ganjar Pranowo.

Jokowi mengaku awalnya sempat bingung mengapa PAN menggelar rakornas di Jateng. Dia menilai acara ini sebagai salah satu cara Zulkifli Hasan selaku Ketum PAN mendekati Ganjar Pranowo yang diisukan bakal maju dalam Pilpres 2024.

1. Jokowi singgung suara PAN di Jateng kecil

Jokowi: Ternyata Strategi PAN 2024 Dekati Ganjar PranowoSuasana Rakornas PAN di Semarang, Jateng, Minggu (26/2/2023). (Dok/YoutubePAN)

Jokowi mengatakan pada malam hari sebelum menghadiri Rakornas PAN, dia sempat melihat data suara PAN di setiap daerah. Menurut data milik Jokowi itu, Jateng bukan menjadi basis suara PAN karena berada di urutan 29.

“Dulu Jateng ini selalu dapat 8 (basis suara urutan ke-8) tapi kok di 2019 tidak mendapatkan sama sekali,” ujar Jokowi, Minggu (26/2/2023).

Baca Juga: PAN Segera Umumkan Capres di Rakornas Semarang

2. Dugaan Jokowi Rakornas PAN di Jateng untuk dekati Ganjar

Jokowi: Ternyata Strategi PAN 2024 Dekati Ganjar PranowoKetua Umum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas saat berpidato dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PAN, Selasa (31/8/2021). (dok. PAN)

Jokowi berasumsi kegiatan Rakornas di Jateng ini sebagai upaya mendekati Ganjar Pranowo yang merupakan Gubernur Jateng.

“Tadi malam saya bertanya-tanya, ini kenapa ya kok Rakornas pemenangan PAN di Jateng? Jawabannya saya sudah punya sekarang. Oh, ini strateginya. Mendekati Pak Ganjar,” ujar Jokowi.

3. Jokowi sebut perlu kerja sama dalam politik

Jokowi: Ternyata Strategi PAN 2024 Dekati Ganjar PranowoGanjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil. (instagram.com/ganjar_pranowo)

Kader PDIP itu kemudian mengatakan memang perlu kerja sama dalam politik agar bisa memenangkan suara. Dia juga berpesan agar kerja sama itu tidak memecah belah masyarakat.

“Sehingg asekali lagi kerja sama itu penting, koalisi itu penting, jangan salah memilih koalisi. Yan gpaling pnting perkuat kerja sama kebangsaan kita sheingag persatuan kita tetap terjaga kesatuan kita,” ujarnya.

Baca Juga: Zulhas Sebut Ganjar Identik Dengan Ciri-Ciri Capres yang Disebutkan Jokowi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya