LSI Denny JA: Prabowo Jadi Strong Leader Ekonomi, Unggul dari Ganjar

Elektabilitas Prabowo di urutan pertama

Jakarta, IDN Times — Lembaga Survei LSI Denny JA menyebut bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto menjadi pemimpin terkuat atau strong leader di bidang ekonomi. Prabowo disebut sebagai sosok bakal capres yang paling dipercaya mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Survei LSI Denny JA digelar pada 3-14 Mei 2023 melibatkan 1.200 responden. Metode survei dilakukan dengan wawancara tatap muka. Margin of error survei ini 2,9 persen.

Baca Juga: Prabowo: Saya Ingin Menghadap Tuhan dengan Tersenyum

1. Prabowo dipercaya bisa menumbuhkan perekonomian

LSI Denny JA: Prabowo Jadi Strong Leader Ekonomi, Unggul dari GanjarANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa menyebutkan mayoritas responden, sebanyak 56,2 persen, percaya Prabowo Subianto bisa menumbuhkan perekonomian.

“Pak Ganjar untuk isu strong leader menumbuhkan perekonomian berada di nomor tiga dengan 18,7 persen, untuk Pak Anies di urutan kedua dengan 18,7 persen,” kata Ardian Sopa di Jakarta, Senin (29/5/2023).

Baca Juga: Dikukuhkan! Tim 7 Gardu Ganjar Lampung Siap Sosialisasi Ganjar Pranowo

2. Prabowo dinilai pemimpin paling tegas

LSI Denny JA: Prabowo Jadi Strong Leader Ekonomi, Unggul dari GanjarPresiden Jokowi tinjau panen raya padi di Kebumen, Jawa Tengah bareng Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kamis (9/3/2023) (dok. Sekretariat Presiden)

Tingginya elektabilitas Prabowo di mata responden, menurut Adian tak lepas dari kesan yang disampaikan Prabowo sebagai sosok yang tegas.

Di samping itu, Prabowo juga dinilai mampu membangkitkan perekonomian Indonesia karena dengan pembawaannya selama ini.

“Dibandingkan capres lain, Prabowo terkesan pemimpin paling tegas, paling diterima di spektrum politik yang lebih luas, sehingga mampu kuat memulai kebangkitan ekonomi yang sudah ada,” tuturnya.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Jogging di GBK, Diiringi 'Glory Glory Ganjar Presiden'

3. Ganjar kurang dipercaya karena dikenal sebagai petugas partai

LSI Denny JA: Prabowo Jadi Strong Leader Ekonomi, Unggul dari GanjarPolitikus PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Ardian juga membeberkan mengapa Ganjar Pranowo cenderung tidak dipercaya menumbuhkan perekonomian. Padahal, Ganjar Pranowo diusung dari PDIP yang diklaim sebagai ‘partai wong cilik’.

“Kita melihat bahwa istilah petugas partai melemahkan Ganjar di hadapan Prabowo yang pendiri dan ketua umum partai. Kemudian juga petugas partai tak mengesankan pengendali partai, apa lagi pengendali pemerintahan atau elite negara,” ucap Ardian.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya