Mahasiswa Bubarkan Diri Meski Tak Bertemu Pimpinan DPR

Mahasiswa siap menggelar aksi lebih besar

Jakarta, IDN Times - Aksi Mahasiswa Menolak Perppu Cipta Kerja pada Senin (20/3/2023), berlangsung damai hingga membubarkan diri pukul 18.40 WIB. Deretan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi itu membubarkan diri secara tertib dan tidak mengganggu arus lalu lintas.

Sebelumnya, sejumlah mahasiswa menunaikan salat maghrib di depan Gedung DPR RI secara berjamaah.

Mahasiswa UPN Veteran Jakarta, Fadli Yudistira, mengatakan akan melakukian konsolidasi lanjutan dengan berbagai simpul mahasiswa dari berbagai daerah.

“Apabila besok disahkan, kami menyepakati akan mengadakan konsolidasi lagi dan membangun simpul-simpul kita di daerah untuk konsolidasi dan menggelar aksi yang lebih besar daripada ini,” kata Fadli di depan gedung DPR, Senin (20/3/2023).

Fadli juga menyampaikan akan menggelar aksi lebih besar jika DPR RI masih tidak memberikan respons terkait dengan penolakan Perppu Cipta Kerja.

“Kalau memang ternyata disahkan kita akan membangun konsolidasi yang lebih besar,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, aksi mahasiswa hari ini hanya mengajukan satu tuntutan yakni menolak pengesahan Perppu Cipta Kerja.

Gabungan mahasiswa terdiri dari BEM Universitas Indonesia, BEM UPN Veteran Jakarta, BEM Universitas Paramadina, BEM UNPAD, dan sederet aliansi mahasiswa lainnya.

Mereka tak berhasil menemui pimpinan DPR RI dalam aksi hari ini. Diketahui Ketua DPR RI Puan Maharani sedang mengunjungi Pondok Pesantren Darul Ulum Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Baca Juga: Ketentuan Libur Kerja 1 Hari di Perppu Cipta Kerja, Ini Bunyi Pasalnya

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya