Anies Sampaikan ke Jokowi Agar Netral di Pilpres 2024

Ketiganya mengaku hanya membicarakan hal-hal ringan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengundang tiga calon presiden (capres) Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto makan siang di Istana Merdeka, Jakarta. Usai makan siang, Anies bersama Ganjar dan Prabowo menyampaikan pokok isi pembicaraan saat makan siang dengan Jokowi.

"Saya terima undangannya pekan lalu untuk diundang hari Minggu, tapi kami sampaikan hari Minggu kemarin ada komitmen dengan masyarakat di Jember, sehingga tidak bisa, lalu terima kasih berkenan dibuatnya hari Senin. Sehingga kita bisa ikut sama-sama hadir dan tadi kita ngobrol santai, banyak hal yang dibahas, banyak hal yang didiskusikan, tapi semuanya ringan-ringan, tidak ada sesuatu yang berat," ujar Anies di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (30/10/2023).

Dalam kesempatan itu, Anies mengaku menyampaikan kepada Presiden Jokowi agar bersikap netral pada Pilpres 2024. Anies mengatakan, hal itu sesuai dengan aspirasi masyarakat yang selama ini ditemuinya.

"Tadi kami sampaikan kepada beliau, bahwa kami sering bertemu dengan banyak orang-orang yang sayang pada presiden dan mereka yang sayang ini menitipkan pesan untuk Bapak Presiden bisa menjaga netralitas," ucap dia.

Selain itu, Jokowi juga disarankan memerintahkan aparatur sipil negara, TNI dan Polri untuk tetap netral pada Pemilu 2024.

"Tadi beliau sampaikan bahwa, beliau telah mengumpulkan pejabat gubernur, bupati bahkan akan mengumpulkan TNI, Polisi dan semua aparat-aparat untuk netral dan kami melihat itu adalah pesan penting yang bisa membuat pilpres kita besok berjalan dengan aman, damai, karena seluruh unsur penyelenggara menunjukkan sikap yang netral, yang profesional," kata dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, Jokowi merespons positif saran tersebut. Dalam kesempatan itu, Ganjar menyampaikan, kepala negara penting bersikap netral untuk menjaga demokrasi tetap aman.

"(Netralitas presiden) ya penting, demokrasi kalau tidak ada netralias menjadi sanga parsial, pasti menjadi berat sebelah," ujar Ganjar.

Sementara itu, Prabowo menyebut pertemuan itu bersifat santai. Jokowi meminta agar suasana Pemilu 2024 berjalan aman dan damai.

"Jadi beliau juga berharap suasana bagus dan kita juga berharap suasana baik," kata Prabowo.

Baca Juga: Ganjar Pastikan Hadiri Undangan Makan Siang Jokowi di Istana

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya