Demokrat Bakal Umumkan Gabung KIM di Rapimnas, Prabowo: Insyaallah

Demokrat rapimnas pada Kamis (21/9/2023)

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto merespons singkat soal kabar Partai Demokrat yang bakal mengumumkan bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) dalam rapat pimpinan nasional (rapimnas) yang digelar pada Kamis (21/9/2023).

"Insyaallah," ujar Prabowo singkat di Pondok Pesantren Al Hamid, Jakarta Timur, Senin (18/9/2023).

Prabowo juga mengapresiasi bergabungnya Demokrat ke Koalisi Indonesia Maju.

"Bagus," ucap dia.

Saat ini, Koalisi Indonesia Maju diisi Gerindra, PBB, Golkar, PAN, dan Gelora.

Baca Juga: AHY Bakal Umumkan Arah Koalisi Demokrat Saat Rapimnas Kamis Pekan Ini

1. AHY bakal umumkan arah koalisi Demokrat saat rapimnas

Demokrat Bakal Umumkan Gabung KIM di Rapimnas, Prabowo: InsyaallahKetua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono hadir di acara Apel Siaga Perubahan (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan mengumumkan arah koalisi partainya di Pemilu 2024. Pengumuman itu bersamaan dengan Rapimnas Partai Demokrat.

Kendati demikian, Herzaky membenarkan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023).

“Benar hari ini ada pertemuan antara Bapak SBY dan Mas AHY dengan Bapak Prabowo,” kata dia.

Baca Juga: Waketum Gerindra: Marzuki Alie dan Jimly Asshidiqie Aktif di Gerindra 

2. Demokrat disebut mendukung Prabowo

Demokrat Bakal Umumkan Gabung KIM di Rapimnas, Prabowo: InsyaallahKetua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengunjungi kediaman Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat (Instagram/Prabowo)

Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi memastikan Partai Demokrat melabuhkan dukungannya ke Prabowo Subianto dan akan bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Pemilu 2024.

"Di dalam sambutannya Pak SBY menyatakan bahwa Partai Demokrat memberikan dukungan resmi kepada Prabowo sebagai capres di pemilu 2024," ujar Yoga.

Baca Juga: SBY Temui Prabowo di Hambalang: For You, Saya Siap Turun Gunung!

3. SBY akan turun gunung

Demokrat Bakal Umumkan Gabung KIM di Rapimnas, Prabowo: InsyaallahMenhan Prabowo Subianto menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri (PEPABRI) ke-64 di Wisma Elang Laut, Jakarta Pusat, Selasa (12/9/2023) (dok. Istimewa)

Lebih lanjut, Yoga menyebut SBY akan turun gunung untuk memenangkan teman satu angkatannya di Akademi Militer (Akmil) di Pemilu 2024.

Konfirmasi serupa juga disampaikan oleh anggota MTP Demokrat, Syarif Hasan. Ia juga memastikan Demokrat resmi mendukung Prabowo.

"Majelis Tinggi Partai Demokrat dukung Prabowo," kata Syarif.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya