Duet Ganjar-Erick Dinilai Berpotensi Menang di Pilpres 2024

Elektabilitas Ganjar-Erick dinilai baik

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Amanat (PAN), Zulkifli Hasan, mendorong agar Ganjar Pranowo dan Erick Thohir bisa berduet menjadi capres-cawapres di Pilpres 2024. Ketua Umum Forum Relawan Demokrasi (Foreder), Aidil Fitri, mengatakan pasangan Ganjar dan Erick berpotensi menang bila dipasangkan di Pilpres 2024.

"Kami sudah sejak tahun 2021 lalu sudah mendorong dan menilai duet Ganjar-Erick layak untuk Pilpres 2024. Duet tersebut potensial untuk menang dan sinyalnya mulai terasa," ujar Aidil, Senin (27/2/2023).

Baca Juga: Jokowi: Rakornas PAN di Jateng untuk Dekati Ganjar

1. Alasan Ganjar-Erick berpotensi menang

Duet Ganjar-Erick Dinilai Berpotensi Menang di Pilpres 2024ilustrasi Erick Thohir (IDN Times/Aditya Pratama)

Aidil menerangkan, alasan Ganjar-Erick berpotensi menang karena elektabilitas keduanya baik. Menurutnya, elektabilitas Ganjar juga konsisten berada di papan atas dari sejumlah survei yang ada.

"Dari berbagai hasil survei lembaga-lembaga survei kredibel, elektabilitas Ganjar selalu berada di posisi teratas sebagai capres 2024 dan Erick Thohir masuk tiga besar tokoh dengan elektabilitas tertinggi sebagai cawapres. Hal ini berarti, duet keduanya akan saling menopang elektabilitas," ucap dia.

"Begitu juga dengan Menteri BUMN Erick Thohir, kinerjanya sangat bagus, melakukan berbagai gebrakan di BUMN sehingga BUMN semakin sehat, mandiri, profesional, transparan dan menguntungkan," sambungnya.

Aidil menilai, Jokowi juga akan memberi restu bila Ganjar-Erick  berpasangan di Pilpres 2024. Sebab, Jokowi ingin Presiden 2024 bisa melanjutkan program kerjanya.

"Arahan dukungan Presiden Jokowi akan menentukan faktor kemenangan di Pilpres 2024. Apalagi saat ini para pendukung setia Jokowi masih menunggu ke maha arah dukungan Jokowi. Erick Thohir adalah salah satu menteri andalan Jokowi dan Ganjar adalah tokoh yang seringkali di-endorse oleh Jokowi," kata dia.

Baca Juga: Ganjar, Erick Thohir Masuk Kriteria Capres PAN, Diumumkan Zulhas di Semarang

2. Yakin PDIP akan dukung Ganjar

Duet Ganjar-Erick Dinilai Berpotensi Menang di Pilpres 2024Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (IDN Times/Ilman)

Lebih lanjut, Aidil meyakini, PDI Perjuangan pada akhirnya akan memilih Ganjar sebagai capresnya. Kemudian, pasangan Ganjar-Erick juga memiliki kekuatan logistik yang baik.

"Terakhir terkait dukungan parpol untuk duet Ganjar-Erick. Kami yakin duet ini akan didukung PDIP, PAN dan partai-partai lainnya. Apalagi PDIP sudah menegaskan akan mengusung kader sendiri sebagai capres 2024 dan kami yakin itu adalah Ganjar Pranowo. Sementara Erick Thohir sudah sangat akrab dengan PAN. Koalisi PDIP dan PAN sudah cukup memenuhi syarat presidential threshold atau ambang batas pencalonan presiden," ujar dia.

Baca Juga: Pantun Zulhas di Rakornas PAN, Ganjar-Erick Bersama Indonesia Jaya

3. Pantun Zulhas di Rakornas PAN, Ganjar-Erick bersama Indonesia Jaya

Duet Ganjar-Erick Dinilai Berpotensi Menang di Pilpres 2024Ketum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas, duduk di kursi deretan depan bersama Presiden Jokowi, Sekjen, Mensesneg Pratikno dan tamu undangan lainnya. (IDN Times/Dok Tim Media PAN)

Sebelumnya, Nama Ganjar Pranowo dan Erick Thohir disebut Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan pada pada Rapat Koordinasi Nasional Pemenangan Pemilu PAN di Semarang, Minggu, (26/2/2023).

Pada pantun yang dibacakan di akhir sambutannya, Zul Hasan menyebutkan pasangan Ganjar - Erick bakal membuat Indonesia tambah jaya.

Rakornas PAN yang dilangsungkan di Hotel Padma Semarang dihadiri oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir dan sejumlah tokoh-tokoh politik nasional.

Di akhir pidatonya Zulhas membacakan pantun yang menyiratkan nama Capres dan Cawapres yang kemungkinan bakal didukung oleh PAN di Pilpres 2024.

“Izinkan saya mengakhiri pidato pada Rakornas PAN. Jalan-jalan ke Simpanglima, jangan lupa beli lumpia. Kalau Pak Ganjar dan Pak Erick sudah bersama, InsyaAllah Indonesia tambah jaya,” kata Zulhas, sapaan akrab Ketua Umum PAN yang disambut tepuk tangan meriah dari ribuan kader yang menghadiri rakornas.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya