Ganjar Pranowo Buka Wacana Napi Koruptor Ditahan di Nusakambangan

Ganjar ingin hadirkan pemerintahan yang bersih

Jakarta, IDN Times - Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo berkampanye di Cirebon, Jawa Barat. Salah satu agendanya adalah bertemu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Dalam kesempatan itu, Ganjar membuka wacana agar narapidana (napi) koruptor dipenjara di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Mulanya, Ganjar bicara mengenai data Transparency International tahun 2022 yang menujukkan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia berada di urutan 110 dari 180 negara dengan skor 34.

“Kalau melihat kondisi ini, setuju tidak kalau Nusakambangan itu tempat terbaik yang kita pilihkan untuk pejabat yang korupsi? Setuju tidak?” ujar Ganjar di lokasi, dalam keterangannya, dikutip Jumat (8/12/2023).

“Nusakambangan itu satu pulau kecil di Kabupaten Cilacap yang langsung berhadapan dengan Samudra Hindia dan itu sangat terpencil. Ular cukup banyak di sana. Biasanya hari ini banyak penjahat-penjahat kakap ada di sana,” sambungnya.

Baca Juga: Siswa SMP SLB Samarinda Senang Bisa Bertemu Ganjar

1. Pemimpin negara harus turun tangan ketika masyarakat sudah jengah dengan korupsi

Ganjar Pranowo Buka Wacana Napi Koruptor Ditahan di NusakambanganGanjar Pranowo berkampanye di Cirebon (IDN Times/Istimewa)

Ganjar menegaskan, pemimpin negara harus turun tangan ketika masyarakat sudah jengah dengan maraknya kasus korupsi. Hal itu dilakukan agar masyarakat tidak kehilangan kepercayaan kepada pemimpinnya.

Selain itu, Ganjar juga mendorong agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diperkuat untuk menciptakan pemerintahan bebas dari korupsi.

“Penguatan KPK, membikin KPK makin independen, dan kita bawa pejabat yang koruptor ke Nusakambangan agar dia bisa memahami, mengerti untuk tidak melakukan,” kata dia.

Baca Juga: Di Titik Nol Nusantara, Ganjar: Proyek IKN Dilanjutkan

2. Ganjar ingin pemerintahan yang bersih

Ganjar Pranowo Buka Wacana Napi Koruptor Ditahan di NusakambanganGanjar Pranowo berkampanye di Cirebon (IDN Times/Istimewa)

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu bertekad untuk menghadirkan pemerintahan yang bersih. Caranya, kata dia, dengan memberikan hukuman berat kepada koruptor.

“Saya kira itu (menahan napi korupsi ke Nusakambangan) yang bisa kita dorong agar orang bisa taubat untuk tidak melakukan itu. Rakyat marah betul dan pasti situasi ekonomi akan memburuk kalau korupsi,” ucap dia.

Baca Juga: ISEAS: Gibran Jadi Cawapres, Lemahkan Ganjar Untungkan Anies 

3. Mahasiswa setuju

Ganjar Pranowo Buka Wacana Napi Koruptor Ditahan di NusakambanganGanjar Pranowo berkampanye di Cirebon (IDN Times/Istimewa)

Dalam kesempatan itu, salah seorang mahasiswi Fakultas Hukum UMC, mengaku setuju dengan wacana Ganjar akan memenjarakan koruptor di Nusakambangan.

“Setuju, ya, otomatis itu kan termasuk perlakuan tegas Pak Ganjar. Apalagi Pak Ganjar itu mencalonkan sebagai calon presiden, sebenarnya kalau untuk sikap tegas seperti itu masyarakat membutuhkan,” ujar Novita.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Anies Janji Berantas Mafia Daging, Bakal Gandeng Eks Pegawai KPK

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya