Ikut Fit and Proper Test Caleg PKB, Susno Duadji: Saya Warga NU

Mantan Kabareskrim ini ingin tingkatkan suara PKB di 2024

Jakarta, IDN Times - Mantan Kabareskrim Polri, Komjen (Purn), Susno Duadji, mengikuti fit and proper test atau ujian kelayakan dan kepatutan (UKK) di kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Susno mengatakan, dirinya memilih PKB sebagai kendaraan politiknya karena berasal dari keluarga Nadhlatul Ulama atau Nadhliyin.

"Saya itu memang warga Nahdliyin dari orang tua saya. Karena sebelumnya saya polisi jadi tidak boleh berorganisasi. Kenapa saya pilih PKB? Saya pilih PKB karena yang buat (mendirikan) adalah para tokoh-tokoh NU dengan tanda tangan ketua tokoh ilmu pada waktu itu, Gus Dur, kemudian pak Maruf Amin dan beberapa tokoh lainnya," ujar Susno.

Baca Juga: Cak Imin: PKB Harus Raih 18 Kursi DPRD Jabar untuk Bertarung di Pilgub

1. Susno sebut PKB adalah NU

Ikut Fit and Proper Test Caleg PKB, Susno Duadji: Saya Warga NUMantan Kabareskrim Polri Komjen (Purn) Susno Duadji ikuti UKK Bacaleg di DPP PKB (dok. PKB)

Dalam kesempatan itu, Susno Duadji menyebut PKB adalah NU. Oleh Karenanya, yang mengaku sebagai NU seharusnya masuk PKB.

"Jadi PKB ini pemiliknya adalah NU. Maka saya masuk ke partai yang memang turun temurun dari orang tua saya," ucap dia.

Lebih lanjut, Susno Duadji mengaku tak menargetkan terpilih sebagai anggota DPR RI pada 2024. Dia hanya ingin menaikkan suara PKB di pemilu 2024.

"Saya tidak ada target bahwa saya harus duduk sebagai anggota DPR RI. Saya punya tanggung jawab untuk menambah perolehan suara PKB di daerah pemilihan saya yang tadinya satu menjadi dua dan yang belum ada menjadi ada wakil. Siapapun yang jadi terserah, tak perlu harus saya," kata dia.

Baca Juga: Sambangi Kantor DPP PKB, Yusril Sopiri Sendiri Mobilnya Tanpa Patwal

2. Susno Duadji diuji oleh mantan Ketua KPU

Ikut Fit and Proper Test Caleg PKB, Susno Duadji: Saya Warga NUMantan Kabareskrim Polri Komjen (Purn) Susno Duadji ikuti UKK Bacaleg di DPP PKB (dok. PKB)

Dalam UKK itu, Susno Duadji diuji langsung oleh mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman dan Wasekjen DPP PKB sekaligus Anggota DPR RI Daniel Johan.

"Saya berterima kasih pada PKB karena berkesempatan untuk menjadi salah satu tim penguji. Saya sangat setuju ada proses seperti fit and proper test ini. Karena salah satu kritik diluar terhadap partai politik adalah proses kaderisasi yang kurang berjalan dengan baik," kata Arief.

Baca Juga: Saat Gen Z Bicara Manajemen Air Bersih di Panggung PKB 

3. UKK sebagai cara menyaring caleg terbaik

Ikut Fit and Proper Test Caleg PKB, Susno Duadji: Saya Warga NUMantan Kabareskrim Polri Komjen (Purn) Susno Duadji ikuti UKK Bacaleg di DPP PKB (dok. PKB)

Arief menilai, UKK merupakan cara untuk menyaring caleg terbaik. Hal itu dilakukan ketika terpilih sebagai anggota parlemen, bisa menyuarakan aspirasi masyarakat dengan tepat.

"Tentu ada kelanjutannya mungkin pendidikan kader. Saya pikir hasil-hasil terbaik dari partai politik tentu akan jauh memberi manfaat lebih baik buat masyarakat secara umum," ujar Arief.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya