PKB Jaring Bakal Caleg Pakai Penguji Eksternal

UKK bakal caleg libatkan sejumlah pihak eksternal PKB

Jakarta, IDN Times - DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melibatkan penguji eksternal dalam uji kelayakan dan kepatutan (UKK) bakal caleg DPR RI untuk Pemilu 2024. Salah satu pihak eksternal yang ikut menguji di antaranya Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden, Robikin Emhas.

Robikin mengatakan, pelibatan penguji eksternal merupakan cara yang baik, dan menunjukkan partai tersebut memiliki sikap terbuka dalam menguji bakal calegnya.

”Partai yang tidak alergi dengan tokoh-tokoh yang bahkan punya pandangan politik berbeda. Buktinya penguji eksternal itu dari berbagai latarbelakang, termasuk pandangan politiknya. Harapannya ini diperluas cakupannya dan partisipannya diperbanyak,” ujar Robikin, Jumat (3/3/2023).

Baca Juga: PKB Libatkan Penguji Eksternal Uji Kelayakan untuk Bacaleg DPR

1. Bakal caleg dari PKB diharapkan miliki kualitas yang baik

PKB Jaring Bakal Caleg Pakai Penguji EksternalDPP PKB menggelar uji kelayakan dan kepatutan (UKK) Bacaleg DPR RI tahap II (dok. PKB)

Dengan mengikuti UKK, Robikin berharap, bakal caleg dari PKB memiliki kualitas yang baik. Dia berharap, caleg yang nantinya terpilih juga bisa menjadi jembatan aspirasi masyarakat di daerah pilihnya.

"Harapannya tentu PKB mendapatkan caleg-caleg yang proper, berintegritas, dan punya basis akar rumput yang kuat, serta menjadi aspirator bagi masyarakat di dapilnya masing-masing,” kata dia.

"Saya melihat dari bacaleg yang mengikuti UKK memang sangat variatif. Ada yang sangat proper, sangat siap untuk bertarung memperebutkan kursi di dapilnya. Tapi juga punya komitmen yang jelas kalau nanti terpilih sebagai anggota DPR, apa yang akan dilakukan. Caleg seperti ini menurut saya sangat layak untuk dipilih masyarakat. Ada juga yang kualitasnya masih sangat standar. Tapi tidak ada yang di bawah standar,” sambung Robikin. 

Baca Juga: Kiai Jatim Sebut PKB Adalah NU, Minta Kompak di Pemilu 2024

2. Penguji eksternal yang terlibat UKK bakal caleg PKB di gelombang terakhir

PKB Jaring Bakal Caleg Pakai Penguji EksternalPKB libatkan penguji eksternal untuk UKK Bacaleg DPR RI PKB (dok. PKB)

Wakil Ketua Umum PKB, Azilul Fawaid, menerangkan penguji eksternal yang terlibat UKK adalah Profesor AS Hikam, dosen di Jurusan Hubungan Internasional President University.

Kemudian, Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) yang juga mantan Wakil Ketua DPD RI dan mantan anggota DPR RI dari Fraksi PPP, Akhmad Muqowam.

Ada juga Koordinator Instruktur Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU) KH Munim DZ, Anggota Dewan Penasihat Perkumpulan Pemilu untuk Demokrasi (Perludem) Titi Anggraeni, Staf Khusus Wakil Presiden Robikin Emhas, Direktur Padasuka TV Yusuf Mars, Direktur RMOL.id Teguh Santosa, dan Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) Dr. Alfitra Salam.

Jazilul menegaskan, PKB optimistis dapat meraih 100 kursi di DPR RI pada Pemilu 2024.

3. Sejumlah orang ikut UKK bakal caleg PKB

PKB Jaring Bakal Caleg Pakai Penguji EksternalWakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Total, ada 531 bakal caleg DPR RI yang mengikuti UKK di PKB, 2.177 bakal caleg DPRD Provnsi, 15.419 bakal caleg DPRD kabupaten/kota.

"Jadi, selain penguji internal, kami juga melibatkan penguji eksternal dari berbagai latar belakang profesi. Ada akademisi, jurnalis, politikus senior, staf khusus wapres dan juga berbagai background profesi lainnya. Kami ingin hasil dari UKK ini benar-benar menghasilkan balaceg yang terbaik dan punya integritas tinggi untuk kepentingan bangsa,” ucap Jazilul.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya