Ketum PDRI Farid Okbah Ditangkap Densus 88, Waketum MUI Kaget

Waketum MUI minta Densus 88 menjelaskan soal penangkapan itu

Jakarta, IDN Times -  Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap Ketua Umum Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI), Farid Okbah, dan anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ahmad Zain An-Najah. Wakil Ketua MUI Anwar Abbas mengaku kaget mengetahui kabar penangkapan tersebut.

"Penangkapan Farid Okbah oleh Densus 88 bagi saya pribadi benar-benar sangat mencengangkan dan mengagetkan, karena kalau yang bersangkutan itu ditangkap oleh Densus 88 tentu itu pasti terkait dengan masalah terorisme," ujar Anwar dalam keterangannya, Selasa (16/11/2021).

Dia pun meminta kepada Polri untuk menjelaskan secara lengkap terkait penangkapan tersebut. Sebab, Anwar mengaku masih tak percaya hal itu.

"Pertanyaan saya tindakan apa yang telah dilakukan oleh Farid Okbah yang terkait dengan terorisme, sebab sepanjang pengetahuan saya yang bersangkutan adalah seorang ulama yang anti dengan tindak kekerasan, tapi kok dia ditangkap oleh Densus 88?" ucapnya.

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Ketua Partai Dakwah Rakyat Indonesia Farid Okbah

1. Kata Anwar Abbas soal anggota Komisi Fatwa MUI yang turut ditangkap

Ketum PDRI Farid Okbah Ditangkap Densus 88, Waketum MUI KagetIlustrasi gedung MUI Pusat di Jakarta (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Meski demikian, Anwar Abbas enggan berkomentar terkait Ahmad Zain An-Najah yang turut ditangkap Densus 88 Antiteror Polri. Dia mengaku tak kenal secara pribadi.

"Saya tidak terlalu kenal dengan yang bersangkutan (Ahmad Zain), sehingga saya tidak bisa berkomentar," katanya.

Baca Juga: Densus 88 Juga Tangkap Tukang Servis Komputer di Gresik

2. Densus tangkap Ketum PDRI hari ini

Ketum PDRI Farid Okbah Ditangkap Densus 88, Waketum MUI KagetIlustrasi

Farid Okbah ditangkap Densus 88 Antiteror Polri hari ini. Penangkapan itu dibenarkan oleh Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

Namun Dedi belum menjelaskan secara detail kronologi penangkapan.

“Betul (Farid Okbah ditangkap), nanti rilisnya nunggu dari Densus,” kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (16/11/2021).

Secara terpisah, Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan juga membenarkan penangkapan itu. Selain Farid Okbah, Densus 88 juga menangkap Ahmad Zain An-Najah.

"Ya, benar (Ahmad Zain juga ditangkap bersama Farid Okbah)," ujar Ramadhan saat dikonfirmasi.

3. Farid Okbah salah satu pendiri organisasi Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI)

Ketum PDRI Farid Okbah Ditangkap Densus 88, Waketum MUI KagetKetua Umum Partai Dakwah Rakyat Indonesia, Farid Okbah. (partaidakwah.id/)

Dalam situs resmi Partai Dakwah Rakyat Indonesia, Farid Okbah tercantum sebagai ketua umum. Selain itu, ada Ketua Majelis Syura, Cholil Ridwan, Sekretaris Jenderal Yunasdi, dan Ketua Mahkamah Partai Maisyasyak Johan.

“Terlaksananya ajaran dan hukum Islam di dalam kehidupan orang seorang, masyarakat dan Negara Republik Indonesia menuju keridhaan Allah SWT, sehingga terwujud masyarakat Indonesia yang berdaulat, adil dan makmur sebagaimana yang dimaksud dalam Pembukaan UUD 1945,” demikian kutipan tujuan partai dalam website Partaidakwah.id.

Farid Okbah merupakan salah satu tokoh pendiri organisasi Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI). Farid juga menjabat sebagai ketua Dewan Pengurus Yayasan Alislam.

Yayasan ini bermula dari kegiatan pengelolaan dakwah melalui dunia maya yaitu di situs www.alislam.or.id, yang mengudara kali pertama pada 12 Desember 1998. Pada 2005, Yayasan Alislam membangun sebuah Islamic Center di daerah Jati Melati, Pondok Melati, Bekasi.

Farid Okbah terkenal sebagai orang yang lantang menyuarakan bahwa syiah bukanlah Islam.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya