PPP Ungkap Pembahasan Pertemuan Anies dan Ganjar di Saudi saat Berhaji

Tak ada pembahasan politik dalam pertemuan itu

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan bertemu dengan bakal calon presiden dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo di Mina, Arab Saudi. Keduanya bertemu di sela proses ibadah haji.

Dalam pertemuan itu, turut terlihat Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa. Mereka berfoto bersama dengan para istri.

Dalam foto yang beredar, Anies, Ganjar dan Suharso nampak mengenakan kain ihram.

Baca Juga: Ganjar Pranowo dan Puan Maharani Berangkat Haji Bareng

1. PPP sebut pertemuan itu dilakukan sebelum jemaah haji bergerak ke Arafah untuk wukuf

PPP Ungkap Pembahasan Pertemuan Anies dan Ganjar di Saudi saat BerhajiKetua DPP PPP, Achmad Baidowi (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Achmad Baidowi membenarkan pertemuan itu. Dia mendapat informasi langsung dari Suharso.

"Itu sebenarnya tidak hanya enam orang pertemuannya, tetapi banyak, beliau (Suharso) mengirim foto yang banyak orang hadir juga, itu pertemuan terjadi di Hospital Guest atau pun di kita itu guest host ya kerajaan. Jadi diundang jamuan makan oleh Kerajaan Arab Saudi. Nah di situ persiapan untuk menuju Arafah. Tempatnya di hospital guest di Mina," ujar pria yang akrab disapa Awik, Selasa (27/6/2023).

Baca Juga: AHY Lepas Keluarga Anies Baswedan Tunaikan Haji, Sempat Bahas Koalisi?

2. Tak ada pembahasan politik

PPP Ungkap Pembahasan Pertemuan Anies dan Ganjar di Saudi saat BerhajiWasekjen PPP Achmad Baidowi (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Awik menerangkan, pertemuan itu tidak ada membahas soal politik. Menurutnya, pertemuan itu sebatas momen ketika sedang berhaji.

"Pertemuan itu karena mereka ada disitu, oleh Pak Harso diajak untuk ngobrol-ngobrol lah ya ketemu foto-foto, kan momen itu belum tentu datang setiap tahun karena orang berhaji belum tentu setiap tahun. Jadi tidak ada momen politik di situ hanya sebatas pertemuan ketemu secara kebetulan di jamuan makan oleh Kerajaan Arab Saudi," ucap dia.

"Ya kita berhusnudzon saja, beliau-beliau ada di Makkah di Tanah Suci, di tanah yang mustajab mendoakan Indonesia ini lebih baik, adil, makmur, tentram, damai, dan sejahtera," lanjutnya.

3. Fokus ibadah

PPP Ungkap Pembahasan Pertemuan Anies dan Ganjar di Saudi saat BerhajiKetua DPP PPP, Achmad Baidowi (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Awik kembali menegaskan tak ada pembicaraan politik. Anies hingga Ganjar masing-masing fokus untuk melaksanakan wukuf di Arafah.

"Gak ada (bahas politik), di situ ibadah gak bakal bicara koalisi di situ itu. Ya fokusnya karena mau ke Arafah karena haji itu di Arafah, ya banyak berdoa lah. Soal ketemu masa gak ngobrol, ya ngobrol, tetapi kan saya yakin bicara soal politik lah. Itu semua murni niatnya untuk ibadah," imbuhnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya