Warga Mengeluh Tak Dapat Bansos, Ganjar Sebut Perlu Ada KTP Sakti

Ganjar sebut integrasi KTP sakti, penyaluran bansos tepat

Jakarta, IDN Times - Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, mendapat keluhan dari warga yang mengaku kurang mampu, tapi tak pernah dapat bantuan sosial (bansos). Keluhan itu disampaikan saat Ganjar berkunjung ke bantaran sungai Musi Palembang, Jumat (2/2/2024).

"Pak kami ini rakyat kecil, tapi tidak pernah tersentuh bantuan. Padahal kami butuh, karena penghasilan kami dari menarik kapal ini hanya sedikit," ujar salah seorang warga bernama Pendi (40).

Pendi mengatakan, pelaku wisata seperti perahu ketek di sekitar sungai Musi hanya bisa mengantongi Rp125 ribu sehari. Menurutnya, angka tersebut sulit didapat apabila sedang sepi wisatawan.

"Itu hanya habis buat beli solar, Pak, tidak cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Apalagi buat perawatan kapal, tidak bisa," kata dia.

Baca Juga: Isu Politisasi Bansos, Jokowi: Mekanismenya Sudah Disetujui DPR

1. Ganjar bicara KTP Sakti

Warga Mengeluh Tak Dapat Bansos, Ganjar Sebut Perlu Ada KTP SaktiGanjar Pranowo melanjutkan kampanyenya di Majalengka, Jawa Barat, pada Sabtu (23/12/2023) (IDN Times/Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Ganjar kemudian bicara mengenai KTP Sakti, salah satu programnya bersama Mahfud MD.

Menurutnya, KTP Sakti itu akan mengintegrasikan data penduduk, mulai dari nama hingga status ekonominya.

"Maka kenapa kami ingin membuat KTP Sakti, tujuannya untuk itu. Kalau mereka kita data, maka kelompok seperti Pak Pendi ini bisa diketahui dan bisa mendapatkan bantuan," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Bagi Bansos Depan Istana, JK: Memalukan! Itu Tugas Camat

2. Ganjar sebut bantuan sosial bisa tepat sasaran dengan KTP Sakti

Warga Mengeluh Tak Dapat Bansos, Ganjar Sebut Perlu Ada KTP SaktiGanjar Pranowo dalam acara Debat Ketiga Capres yang diadakan oleh KPU di Istora Senayan pada Minggu (7/1/2024). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini mengatakan, apabila data kependudukan sudah terintegrasi, maka ia menjamin penyaluran bantuan sosial lebih tepat sasaran.

"Sehingga kalau masyarakat butuh bantuan bisa segera disalurkan secara tepat sesuai apa yang mereka butuhkan," kata dia.

Baca Juga: Kampus Soroti Demokrasi, Ganjar: Para Intelektual Ingatkan Kita

3. Ganjar dorong pelaku usaha perahu ketek untuk buat koperasi

Warga Mengeluh Tak Dapat Bansos, Ganjar Sebut Perlu Ada KTP SaktiGanjar Pranowo hadir dalam acara Hajatan Rakyat Ganjar di Lapangan Tegallega Bandung, Minggu (21/1/2024) (IDN Times/Istimewa)

Ganjar kemudian mendorong pelaku usaha perahu ketek untuk membuat koperasi. Apabila hal itu bisa dilakukan, mereka bisa kuat dan lebih mudah mendapat bantuan dari pemerintah.

"Saya usul kelompok seperti ini buatlah koperasi. Agar mereka dapat pendampingan dan bantuan dari pemerintah, misalnya ketersediaan pasokan solar, kredit bunga ringan atau program lainnya," imbuhnya.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Basah Kuyup, Ganjar Melebur dengan Pendukungnya di Tuban

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya