Erick Thohir Bahas Chemistry Tiga Capres 2024: Semua Berhubungan Baik

hubungan baik dengan Megawati walau tak pernah bahas politik

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyampaikan tanggapan terkait naiknya grafik elektabilitas dirinya usai menjadi Ketua Inash Blok ASEAN Games, Presiden Klub Internazionnale Milan, dan Ketua Tim Sukses Presiden Joko Widodo "Jokowi" tahun 2019, serta Ketua PSSI.

Kenaikan elektabilitas ini terlihat dari hasil survei beberapa waktu terakhir, Erick Thohir masuk dalam jajaran calon wakil presiden (cawapres) yang diperhitungkan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Kalau soal apresiasi sejak awal saya bekerja yang menentukan masyarakat bukan sekadar gimik atau pencitraan. Memang salah ketika kita kerja tetapi tidak diberitahukan atau diberitakan, promosi itu nomor satu tapi harus dibarengi oleh backbone dan hasilnya," ujar Erick Thohir dalam acara Real Talk with Uni Lubis by IDN Times, Senin (18/9/2023).

1. Erick jelaskan chemistry dengan tiga capres 2024 berhubungan baik

Erick Thohir Bahas Chemistry Tiga Capres 2024: Semua Berhubungan BaikPresiden Jokowi bareng Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo blusukan di Pasar Grogolan Baru, Kota Pekalongan (IDN Times/Istimewa)

Erick melanjutkan, saat ini Partai Amanat Nasional (PAN) konsisten mendukung dirinya. Namun mengenai pencalonannya sebagai cawapres, dia menyatakan perlu waktu kedepannya karena koalisi mungkin dapat berubah.

"Saya masih perlu chemistry mengenai cawapres, karena hubungan ini penting. Saya juga perlu melihat target kedepannya dan kuasa Allah yang menentukan. Saat ini saya fokus terhadap apa yang saya kerjakan," ujar Erick.

Erick juga menjelaskan mengenai chemistry dirinya dengan ketiga calon presiden (capres) yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Dia menyebut, untuk kerjasama hubungan antara dirinya dengan ketiga capres tersebut baik.

"Kita bicara Pak Anies, itu pada tahun 2019 itu ada rapat terbatas dengan Pak Jokowi membahas mengenai Light Rail Transit (LRT), saya diminta konsolidasi dengan DKI Jakarta jadi saya ketemu dengan Pak Anies disitu pertemuannya bagus," jelas Erick Thohir.

"Sementara untuk Pak Prabowo, itu awalnya terkait pembongkaran kasus korupsi asabri. Saya, Kejaksaan Agung, dan Pak Prabowo membuka step-stepnya. Sedangkan untuk Pak Ganjar itu ketemu pada saat pembukaan visi teman presiden," sambungnya.

Baca Juga: Pengakuan Erick Tak Mudah Kerja dengan Jokowi: Sangat Kompleks!

2. Erick akui berhubungan baik dengan Megawati Soekarnoputri walau keduanya tak pernah singgung politik

Erick Thohir Bahas Chemistry Tiga Capres 2024: Semua Berhubungan BaikMegawati Soekarnoputri dalam acara Jeju Forum for Peace and Prosperity tahun 2022 di Korea Selatan (dok. PDIP)

Erick juga menambahkan, untuk Anies Baswedan dia tidak bisa membahas lebih lanjut karena sudah memiliki pasangan cawapres yakni Muhaimin Iskandar (Cak Imin), sedangkan untuk dua capres lainnya masih abu-abu.

Erick turut menyinggung persoalan kedekatan dirinya dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, hingga 16 Juli 2023, dia masih bertemu dengan Ibu Mega dan beberapa pakar kesehatan.

"Pada 16 atau 18 Juli saya masih bertemu Ibu Mega tetapi tidak berbicara mengenai politik melainkan Projek Sanur. Hubungan saya dengan Bu Mega itu profesional, saya sejak awal tidak pernah bicara politik dengan beliau. Beliau juga tidak pernah menanyakan," ucap Erick.

"Politik hari ini saya yakin ada perbedaan-perbedaan, tapi masih ada solusi kalau masing-masing pimpinan berkerjasama untuk kepentingan rakyat bukan pribadi," lanjutnya.

3. Prabowo Subianto belum tentukan cawapres, Erick: kalo tak terpilih saya masih punya dua kerjaan

Erick Thohir Bahas Chemistry Tiga Capres 2024: Semua Berhubungan BaikErick Thohir saat bincang-bincang bersama IDN Times di Kementerian BUMN, Jumat (15/9/2023). (IDN TImes/Tino).

Erick menyampaikan terkait namanya yang semakin kuat dipasangkan untuk menjadi cawapres Prabowo Subianto, masih ada kemungkinan nama-nama tokoh politik lainnya juga digadang-gadang mengisi posisi tersebut.

"Selama koalisi belum tetap, maka masih ada kemungkinan nama-nama tokoh politik lain disandingkan dengan Prabowo Subianto," ujar Erick.

Sementara itu, terkait kemungkinan jika Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka dipilih menjadi cawapres Prabowo Subianto, Erick Thohir tidak ambil pusing.

"Saya masih ada dua kerjaan yaitu Ketua BUMN dan Ketua PSSi," tutupnya.

Baca Juga: Pengakuan Erick Thohir: Filosofi Sepak Bola Indonesia Belum Terbentuk

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya