Isu Duet Prabowo-Ganjar Dinilai sebagai Politik Belah Bambu

Isu ini muncul diduga karena tak suka lihat KIM solid

Jakarta, IDN Times - Wacana peleburan koalisi Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo santer terdengat, usai ada kabar Pilpres 2024 kemungkinan dua poros.

Wakil Koordinator Rumah Besar Relawan Prabowo 08, Haris Rusly Moti, mengungkapkan, ada tiga tafsir di balik mencuatnya isu koalisi tersebut.

"Pertama, ada upaya melakukan 'belah bambu' terhadap Koalisi Indonesia Maju (KIM). Banyak pihak yang gagal memprediksi, mereka pikir dukungan ke Pak Prabowo melemah pasca-hengkangnya PKB, tetapi malah bertambah kuat dengan bergabungnya Partai Demokrat," ujar Haris, di Jakarta, Selasa (26/9/2023).

"Ini semakin menyolidkan koalisi partai politik (parpol) pendukung Pak Prabowo," sambungnya.

Baca Juga: Ada Usulan Ganjar Jadi Cawapres Prabowo, Ganjarian: Jangan Halusinasi!

1. Disebut ada pihak yang berniat memecah belah KIM

Isu Duet Prabowo-Ganjar Dinilai sebagai Politik Belah BambuBacapres Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto menghadiri acara Public Lecture Golkar Institute bertajuk "Menjawab Tantangan Kepemimpinan Masa Depan Menuju Indonesia Emas 2045" di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis (31/8/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Haris menyebut, opini tersebut mungkin saja diciptakan untuk tujuan memecah belah komitmen dari koalisi parpol yang mendukung Prabowo sebagai bakal calon presiden (capres).

Opini yang berkembang yakni Prabowo akan ditempatkan menjadi calon wakil presiden (cawapres) dan Ganjar Pranowo sebagai capresnya. Padahal, kata Haris, seluruh parpol yang tergabung dalam KIM berkomitmen untuk mengusung Prabowo sebagai capres dan bukan cawapres siapapun.

"Jika benar ada niat buruk seperti itu, dipastikan tidak akan terwujud. Saat ini partai yang tergabung dalam KIM justru makin solid, dan kuat mengusung Pak Prabowo sebagai Presiden RI kedelapan di Pilpres 2024 dalam satu putaran," kata dia.

"Ratusan komunitas relawan yang telah mendaftar dan mendklarasikan mendukung Pak Prabowo makin solid dan bertekad memenangkan beliau," sambung Haris.

2. Koalisi pendukung Prabowo makin solid, elektabilitas meningkat tajam

Isu Duet Prabowo-Ganjar Dinilai sebagai Politik Belah BambuHaris Rusly Moti (IDN Times/Rachma Syifa Faiza Rachel)

Haris melanjutkan, alasan kedua yakni adanya kepanikan di kubu pendukung capres tertentu yang tidak ikhlas menyaksikan makin kuat dan solidnya KIM. Hal ini juga didasari meningkatnya elektabilitas Prabowo setelah KIM tampil solid, serta kuat dengan visi kebangsaan dan kerakyatan.

"Tampaknya ada kepanikan dari pihak pendukung capres tertentu sehingga muncul reaksi operasi opini untuk menjatuhkan sosok Pak Prabowo bukan sebagai capres melainkan cawapres," sebutnya.

Saat ini, KIM juga berkomitmen menjaga kesinambungan pembangunan dan menyempurnakan yang sudah dicapai.

Baca Juga: Demokrat Gabung KIM, Peluang Yusril Cawapres Prabowo Makin Terbuka?

3. Memiliki kesamaan visi kebangsaan, satukan Prabowo dan Ganjar sebagai capres dan cawapres?

Isu Duet Prabowo-Ganjar Dinilai sebagai Politik Belah BambuPrabowo Subianto bersama Ganjar Pranowo (dok. Tim Prabowo)

Ketiga, kata Haris, pihaknya juga tetap berprasangka baik, mungkin saja ada niat baik untuk memperkuat dan mempersatukan elemen dan komponen yang mempunyai kesamaan visi kebangsaan, yaitu dengan mempersatukan sosok senior Prabowo sebagai capres, dengan sosok junior Ganjar Pranowo sebagai cawapres.

“Tentu patut diapresiasi jika benar ada niat baik dan mulia seperti itu," katanya.

 

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/O2_U9f1ZvTE

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya