Kecewa Putusan MK, BEM SI: Oligarki Baru Mahkamah Keluarga Jokowi

Menilai MK lancarkan politik dinasti dan cederai reformasi

Jakarta, IDN Times - BEM Seluruh Indonesia (SI) Kerakyatan Indonesia menyatakan sikap kekecewaannya terhadap putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 90/PUU-XXI/ 2023 yang mengabulkan permohonan pemohon tentang batas usia calon presiden dan calon wakil presiden paling rendah 40 tahun atau pernah atau sedang menduduki jabatan yang dipilih melalui pemilu termasuk Pemilihan Kepala Daerah.

BEM SI merasa keputusan MK itu sangat inkonsisten dan bersifat politis sehingga mereka berharap MK mewujudkan hak independensi dan interval. 

"Kita sama-sama tahu mahasiswa dan seluruh aktivis Indonesia tahun 1998 telah tercederai demokrasi oleh Keluarga Cendana. Hari ini kita kembali menemukan fenomena yang sama, yaitu lahirnya oligarki baru, yaitu Mahkamah Keluarga Joko "Jokowi" Widodo . Sudah sepatutnya kita gaungkan sudah! Sudah cukup!" ujar Ketua BEM Universitas Indonesia, Melki Sedekhuang, di depan Gedung Mahkamah Konstitusi, Senin (16/10/2023).

Melki menyampaikan, MK sudah cukup melanggengkan kekuasaan Presiden Jokowi dan mencederai semangat reformasi.

"Cukup sudah Presiden Jokowi mengobok-obok konstitusi untuk melanggengkan kekuasaan putra mahkotanya. Hari ini kami merasa kecewa dan sedih melihat kondisi hukum demokrasi kita," ujarnya.

"Ini sangat erat dengan relasi keluarga dan kaitannya dengan politik dinasti," sambungnya.

Melki menyampaikan, BEM SI merasa putusan batasan usia seharusnya bukan menjadi ranah dedikatif di Mahkamah Konstitusi. Dia memperingatkan Presiden Jokowi, Indonesia adalah negara hukum.

"Jangan pakai hukum untuk melanggengkan kekuasaan dan jangan pakai kekuasaan untuk mengubah hukum seenaknya! Gelombang penolakan harus segera dinaikkan, seluruh elemen masyarakat harus melawan," sambungnya.'

"Silakan penuhi jalanan 20 Oktober 2023, cukup sudah penindasan, cukup sudah. Kita bergerak bersuara dan melawan," ucap Melki.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya