36 Siswa SMKN 12 Jakarta Siap-Siap Daftar KTP-El Jelang Pemilu 2024

Ada 36 siswa memasuki usia 17 tahun sehingga rekam KTP-EL

Jakarta, IDN Times - Puluhan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 12 Jakarta beramai-ramai mengecek golongan darah, untuk mempersiapkan kebutuhan data dalam perekaman identitas Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El/e-KTP) pada Senin (27/2/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Kota Administrasi Jakarta Utara, berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Utara.

“Hari ini kita gelar pelayanan KTP Mobile di SMKN 12 Jakarta. Kegiatan ini kembali berkolaborasi dengan PMI Kota Jakarta Utara untuk mengecek golongan darah siswa, guna mempersiapkan kelengkapan data dalam perekaman KTP-El,” kata Kepala Suku Disdukcapil Kota Administrasi Jakarta Utara, Edward Idris, dalam keterangan tertulis, Selasa (28/2/2023).

1. Ada 36 siswa yang dapat merekam data KTP-El

36 Siswa SMKN 12 Jakarta Siap-Siap Daftar KTP-El Jelang Pemilu 2024https://rtpintar.com/blog/tips/perlu-tau-perbedaan-e-ktp-biasa-dengan-e-ktp-digital-2022/

Edward menyebut, ada 36 dari 82 siswa di antaranya sudah dapat merekam data KTP-El. Hal ini karena para siswa tersebut sudah memasuki usia 17 tahun.

“Siswa yang sudah mendekati usia 17 tahun sudah bisa merekam data, agar nantinya sudah masuk ke server dan bisa langsung cetak KTP-El,” jelasnya.

2. Kegiatan dilakukan untuk melayani verifikasi IKD siswa dan guru

36 Siswa SMKN 12 Jakarta Siap-Siap Daftar KTP-El Jelang Pemilu 2024ilustrasi KTP (IDN Times/Umi Kalsum)

Kegiatan ini, kata Edward, juga berguna untuk melayani verifikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) bagi siswa dan guru SMAN 12 Jakarta yang sudah mengantongi KTP-El. Pelayanan ini tercatat sudah melayani layanan verifikasi 72 pemohon.

“Kita juga membuka layanan verifikasi KTP-El sebagai alternatif identitas diri yang tidak harus berupa fisik, namun melalui aplikasi berbasis android IKD,” ujarnya.

3. Disdukcapil Kota Semarang juga mengebut proses perekaman data KTP-El

36 Siswa SMKN 12 Jakarta Siap-Siap Daftar KTP-El Jelang Pemilu 2024Ilustrasi e-KTP. (IDN Times/Reza Iqbal Ghifari)

Tak hanya di Jakarta, Disdukcapil Kota Semarang juga mengebut proses perekaman data KTP-El, terutama terhadap Generasi Z sebagai langkah untuk menyongsong kontestasi Pemilu 2024. 

"Setiap hari kerja kita tetap membuka layanan rekam data KTP-El di masing-masing kantor kecamatan. Tapi khusus akhir pekan yaitu Sabtu dan Minggu, kita lemburan untuk fokus penyelesaian rekam data KTP-El di satu kecamatan. Untuk proses yang akhir pekan kita mengerahkan 20 petugas bidang pelayanan KTP-El," kata Kepala Dispendukcapil Kota Semarang, Yudi Hardianto Wibowo, saat dikonfirmasi IDN Times, Selasa (21/2/2023).

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya