Hari Ini Capres-Cawapres Mulai Kampanye Pilpres 2024

Masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung selama 75 hari

Jakarta, IDN Times - Pilpres 2024 kini mulai memasuki masa kampanye, yang dimulai pada Selasa (28/11/2023) hingga 10 Februari 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) memberikan waktu 75 hari untuk pasangan capres-cawapres berkampanye.

Ketiga pasangan capres-cawapres pun telah menyiapkan sejumlah agenda acara untuk berkampanye ke masyarakat di berbagai daerah, mulai dari Aceh hingga Papua. Simak jadwal kampanye ketiga pasangan capres-cawapres berikut.

Baca Juga: Anies Mulai Kampanye Pemilu 2024 di Tanah Merah Jakut Besok

1. Anies kampanye di Jakarta, Cak Imin ke Jawa Timur

Hari Ini Capres-Cawapres Mulai Kampanye Pilpres 2024Anies - Cak Imin (instagram.com/cakiminow)

Pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Bawedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (AMIN).  Anies memilih akan berkampanye di Tanah Merah, Jakarta Utara, sedangkan Cak Imin akan berkampanye di Jawa Timur. 

Di Jawa Timur, Cak Imin akan berkunjung ke GOR Wringin Rejo, Mojokerto. Kemudian, berdialog dengan pedagang pasar dan kunjungan ke Jembatan Merah Plaza, Surabaya.

Cak Imin juga dijadwalkan akan bermain bola bersama masyarakat di Lapangan Bola Wedoro, Sidoarjo. Sorenya, dia berencana makan malam dan berdialog dengan pedagang kaki lima di Taman Bungkul, Surabaya.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Mulai Kampanye Pemilu 2024 di Jabodetabek Besok

2. Prabowo-Gibran akan fokus di wilayah Jabodetabek pada hari pertama kampanye

Hari Ini Capres-Cawapres Mulai Kampanye Pilpres 2024Bakal calon presiden dan wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, di Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (25/10/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman).

Sedangkan, pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan memulai kampanye di kawasan Jabodetabek. Namun, belum diketahui persisnya wilayah mana yang akan dikunjungi.

Prabowo akan berbagi tugas dengan Gibran saat berkampanye. Dia mengatakan, Gibran akan bergerak dari berbagai tempat.

Baca Juga: Kampanye Dimulai Besok, Bawaslu Ingatkan Capres Tertib

3. Ganjar-Mahfud akan kampanye di barat dan timur Indonesia

Hari Ini Capres-Cawapres Mulai Kampanye Pilpres 2024Pasangan Capres-Cawapres, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD resmi diumumkan pada Rabu (18/10/2023). (youtube.com/PDI Perjuangan)

Sementara, pasangan capres-cawapres nomor urut ketiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan menjalani kampanye perdana di wilayah barat dan timur Indonesia. Ganjar akan kampanye hari pertama di Merauke, Papua, dan Mahfud di Sabang, Aceh.

Mahfud menjelaskan alasan berkampanye di wilayah yang berbeda dengan Ganjar, karena sudah menjadi pembagian dan kesepakatan bersama. 

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) memberikan waktu kampanye 75 hari kepada tiga pasangan capres-cawapres, mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sedangkan, 11 Februari-13 Februari 2024 memasuki masa tenang, dan 14 Februari 2024 hari pencoblosan.

 

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/aRupccPgT88

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya