Politikus PDIP Ajak Masyarakat Teladani Bung Karno

Bung Karno adalah sosok inspiratif dan berkarisma

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi III DPR, Agustiar Sabran, mengenang jasa Sukarno sebagai seorang pemimpin besar. Namanya menggema sampai ke pelosok dunia, bahkan ada beberapa tokoh yang memasan foto sosok yang karib disapa Bung Karno itu.

"Bung Karno tokoh besar bangsa yang dihormati dunia. Di Mesir, beberapa menteri memasang foto Bung Karno, sang pelopor Konferensi Tinggi Asia-Afrika. Banyak bayi di sana diberi nama belakang Sukarno," kata Agustiar dalam keterangan resminya, Sabtu (24/6/2023).

Baca Juga: Puan Puji Ganjar Sosok Paling Istimewa di Acara Bulan Bung Karno

1. Pemimpin yang menjadi penyambung lidah rakyat

Politikus PDIP Ajak Masyarakat Teladani Bung KarnoPresiden pertama RI Ir Sukarno. (Kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id)

Agustiar menyebut, ada kisah menarik Bung Karno dengan Uni Soviet. Ketika itu, dia pernah marah karena masjid di St. Petersbug dijadikan gudang senjata, sehingga umat Muslim di sana tidak bisa beribadah.

"Beberapa hari kemudian, mesjid itu dibuka untuk umum, tak lagi jadi gudang senjata. Itu bukti betapa Bung Karno disegani dan dihormati dunia, sekaligus menekankan bahwa Bung Karno penyambung lidah rakyat, bukan hanya Indonesia, melainkan dunia," ujar dia.

2. Jangan pikirkan kegagalan

Politikus PDIP Ajak Masyarakat Teladani Bung KarnoAnggota DPR, Agustiar Sabran di acara Bulan Bung Karno. (Dok. Istimewa)

Agustiar menyebut, Bung Karno lahir dari rakyat dan untuk rakyat. Oleh karena itu, politikus PDI Perjuangan (PDIP) itu mengajak seluruh masyarakat Indonesia meneladani sifat Bung Karno sebagai pemimpin besar dan sangat pro rakyat.

"Saya ingat betul perkataan Bung Karno, Hidup bukanlah tentang 'Aku Bisa Saja', namun tentang 'Aku Mencoba'. Jangan pikirkan tentang kegagalan, itu adalah pelajaran," ujar dia.

Baca Juga: Pidato Lengkap Presiden Jokowi di Puncak Peringatan Bulan Bung Karno

3. Bulan Bung Karno dihelat di SUGBK

Politikus PDIP Ajak Masyarakat Teladani Bung KarnoPuluhan ribu kader PDI Perjuangan sudah memadati area Stadion Utama Gelora Bung Karno dalam peringatan Bulan Bung Karno (IDN Times / Muhammad Ilman Nafi'an)

Penghormatan terhadap sosok Bung Karno ini hadir dalam acara Bulan Bung Karno (BBK) 2023, yang dihelat di Gelora Bung Karno, Sabtu (24/6/2023). Acara ini bertema “Kepalkan Tangan Persatuan untuk Indonesia Raya”.

"Perlu diingat bahwa acara di Gelora Bung Karno ini merupakan acara yang terbesar kedua setelah 14 Februari 1999 dalam puncak konsolidasi ketika memperkenalkan logo PDIP banteng bulat bersatu. Maka pada puncak peringatan Bulan Bung Karno semua harus mampu menunjukkan ketertiban sebagai satu rampak barisan," kata Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/dz4KrrKR5rI

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya