24 Parpol Bacakan Deklarasi Pemilu 2024, Janji Tak Main Politik Uang

Mereka juga berjanji tak akan sebarkan hoaks dan politisasi SARA

Jakarta, IDN Times - Perwakilan dari 24 partai politik peserta Pemilu 2024 membacakan deklarasi jelang dimulainya kampanye. Pembacaan deklarasi itu turut disaksikan oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan tiga pasangan capres dan cawapres. 

Pihak Bawaslu memberikan ketentuan perwakilan parpol yang membacakan deklarasi secara lantang melalui undian. Setelah melakukan pengundian, yang terpilih membacakan adalah Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Habib Aboe Bakar Alhabsy. Ia kemudian membacakan empat poin di dalam deklarasi itu. 

"Deklarasi kampanye damai, tertib dan taat hukum pemilu 2024. Kami peserta pemilu tahun 2024, mendeklarasikan diri, berkomitmen untuk, satu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, menghormati keberagamaan, serta mewujudkan suasana aman, tertib dan damai selama penyelenggaraan pemilu. Dua, melaksanakan kampanye pemilu dengan mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku antara lain tidak melibatkan pihak yang dilarang selama masa kampanye pemilu," ujar Aboe yang diikuti oleh perwakilan parpol peserta pemilu di Hotel Grand Sahid, Jakarta Selatan pada Senin (27/11/2023). 

Janji ketiga yang diucapkan oleh para politisi yaitu tidak melakukan politisasi SARA, menyebarkan hoaks, ujaran kebencian, penghasutan dan perbuatan politik uang selama penyelenggaran pemilu. "Keempat, tidak memanfaatkan tempat ibadah dalam melaksanakan kampanye. Jakarta, 27 November 2023," tutur mereka. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan perwakilan masing-masing parpol meneken prasasti deklarasi kampanye pemilu 2024 yang damai dan tertib. Prasasti serupa juga diteken oleh tiga capres dan cawapres yang ikut berlaga di pemilu 2024. Penandatanganan prasasti itu turut disaksikan oleh Ketua Bawaslu dan perwakilan komisioner KPU.

Baca Juga: Prabowo: Rakyat Indonesia Dambakan Pemilu Transparan Tanpa Kecurangan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya